Follow Us

Remaja yang Jual Ginjalnya Demi iPhone 4 Kini Divonis Gagal Ginjal

Dio Firdaus - Senin, 11 Februari 2019 | 20:30
Wang di rumah sakit
Teller Report

Wang di rumah sakit

HAI-online.com - Masih ingat nggak sob dengan berita tentang seorang remaja yang menjual ginjalnya untuk membeli iPhone 4 dan iPad?

Yap, berita itu sempat menjadi headline di berbagai kanal berita pada 2011 silam. Remaja berusia 17 tahun yang bernama Wang Shangkun itu menjual ginjalnya seharga 3200 dollar Amerika.

Saat itu Wang dengan pede-nya mengatakan "Kenapa aku butuh ginjal kedua? Satu sudah cukup" saat dirinya memutuskan untuk menjual ginjalnya.

Baca Juga : 7 Tahun Lalu Jual Ginjal Demi Beli iPhone 4, Kondisi Kesehatan Pria Ini Sekarang Makin Parah

Tapi sepertinya perkataan Wong 8 tahun lalu itu justru berbalik menyerangnya. Saat ini, Wang nggak hanya mengidap gagal organ tapi dirinya juga nggak bisa terlepas dari bantuan mesin untuk bertahan hidup dan sepertinya, dirinya akan terus seperti ini sepanjang hidupnya, sebagaimana HAI rangkum dari VICE.

Wang pertama kali melakukan kontak dengan penjual organ ilegal ketika dirinya sedang mencari cara untuk mendapatkan banyak uang.

Setelah itu dirinya menjalani operasi ilegal di provinsi Hunan Tengah untuk pengambilan ginjal kanannya dan dikirim ke penerima yang nggak dikenal.

Namun, karena praktik operasi yang nggak bersi, komplikasi penyakit pun muncul di ginjal yang tersisa. Kondisinya memburuk dan dia menderita kegagalan organ.

Dokter pun mengatakan kalau Wang membutuhkan transplantasi ginjal jika dirinya menginginkan salah satu organ terpenting dalam tubuhnya itu berfungsi kembali.

Tuh sob, jangan sampe deh ya jual ginjal untuk sesuatu yang gak kamu butuhin. Kalau memang kamu menginginkan sesuatu, ada baiknya kamu menabung atau mencari pekerjaan daripada menjual ginjal. (*)

Source : MASHABLE, vice.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest