Follow Us

Pelajar Asal China Ini Dipenjara Setahun Karena Motret Pangkalan Laut AS

Agung Mustika - Senin, 11 Februari 2019 | 14:45
Seorang pelajar asal Tiongkok dijatuhi hukuman penjara karena memotret pangkalan laut AS
Miami Herald

Seorang pelajar asal Tiongkok dijatuhi hukuman penjara karena memotret pangkalan laut AS

HAI-Online.com - Zhao Qianli, mahasiswa Tiongkok yang ditangkap akhir tahun lalu karena mengambil foto pangkalan angkatan laut AS, mengaku bersalah pada hari Selasa dan dijatuhi hukuman penjara satu tahun.

Pelajar yang menempuh pendidikan di North University di China tersebut menjalani pengadilan Key West, Florida lewat sambungan telepon video bersama pengacaranya Selasa yang lalu.

Dilansir dari Miami Herald dan Nextshark.com, doi ngaku bersalah karena udah memotret fasilitas militer di daerah Key West.

Baca Juga : Begini Jadinya Kalau Para Musisi Terkenal Foto Bareng Diri Mereka Waktu Muda

Anehnya, Zhao mendapat hukuman satu tahun penjara dari hakim daerah K. Michael Moore yang mana itu jauh lebih tinggi daripada ketetapan hukum semestinya, sob.

Kalo mengacu pada Undang-Undang yang berlaku, Zhao boleh dipenjara selama 0-6 bulan. Namun pelajar usia 20 tahun itu dipenjara lebih lama dari aturan yang berlaku.

Zhao ditangkap pada September lalu setelah tertangkap basah memasuki Stasiun Udara Angkatan Laut dengan tingkat keamanan tertinggi saat melakukan tur setelah menyelesaikan program pertukaran musim panasnya di Amerika Serikat.

Zhao Qianli
Miami Herald

Zhao Qianli

Penyelidik nemuin beberapa gambar di kamera digital yang doi ambil saat berada di dalam pangkalan angkatan laut termasuk gedung-gedung pemerintah dan bidang antena Departemen Pertahanan.

Setelah Zhao ditangkap oleh otoritas federal, Zhao diinterogasi dan ngungkapin kalo dia tersesat setelah terpisah dari sesama wisatawan.

Menurut penuturannya, Zhao nggak menyadari bahwa tempat itu adalah pangkalan militer; Namun, Biro Investigasi Federal (FBI) nggak percaya dengan penjelasannya itu.

Saat persidangan, pihak FBI membantah pernyataan Zhao. Menurut mereka, foto-foto yang diambil oleh Zhao bukan semacam foto turis yang sedang wisata.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest