Follow Us

Salut, Bu Risma Bakal Bangun SMA Gratis Buat Anak-anak Kurang Mampu

Alvin Bahar - Selasa, 22 Januari 2019 | 15:00
Mochamad Supriyadi bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini beserta 9 anak lainnya yang berangkat

Mochamad Supriyadi bersama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini beserta 9 anak lainnya yang berangkat

HAI-ONLINE.COM - Bu Risma dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun SMA swasta gratis untuk menampung siswa miskin, anak- anak putus sekolah, hingga anak-anak yang terancam putus sekolah. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, kualitas SMA swasta yang akan dibangun ini hampir sama dengan SMK yang memiliki banyak pelatihan. ”SMA swasta ini, kualitasnya seperti SMK. Nanti kita banyak pelatihan-pelatihan, sehingga kalo mereka sudah selesai sekolah di situ, maka mereka siap bekerja," kata Bu Risma di Balai Kota Surabaya, Rabu (16/1/2019). Selain itu, mereka juga akan diberikan sertifikat-sertifikat pelatihan yang jadi tanda bahwa siswa itu sudah menguasai keterampilan tersebut. Melalui cara ini, kata Bu Risma, maka mereka akan lebih siap dan layak untuk bekerja usai lulus sekolah.

Baca Juga : 9 Bagian Tubuh Ini Udah Nggak Dibutuhin Manusia, Sebagian Udah Hilang!"Nanti fasilitasnya ada laboratorium-laboratorium, seperti ada bengkel, misalnya mereka juga fokus di bangunan, nanti ada laboratorium bangunan. Jadi, yang kita perkuat nanti justru laboratoriumnya," ujarnya. Kata Bu Risma, rencananya sekolah ini nanti akan menempati eks kantor Kelurahan Dukuh Pakis, karena lokasinya sangat luas dan merupakan bangunan dua lantai.

Dengan demikian, bangunan ini hanya tinggal difungsikan saja. "Regulasinya akan kita matangkan dulu supaya benar-benar siap untuk digunakan," jelasnya. Bu Risma juga menjelaskan bahwa untuk membangun sekolah swasta yang gratis ini, Pemkot Surabaya akan menggandeng BUMN, BUMD, dan pihak swasta. Tujuan utamanya untuk membantu anak-anak yang kurang mampu. "Nanti kita hanya bikin satu sekolah saja," ujarnya. Selain berbagai fasilitas itu, Bu Risma juga memastikan akan menyiapkan transportasi para siswa untuk pulang pergi ke sekolah tersebut.Harapannya, mereka nggak dibebani masalah transportasi sehingga mereka nyaman dan bisa fokus hanya untuk sekolah mempersiapkan masa depannya. "Jadi, ini muaranya hanya untuk kesejahteraan warga Surabaya," kata Bu Risma.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usai Tampung Anak Putus Sekolah, Risma Akan Bangun SMA Gratis", https://regional.kompas.com/read/2019/01/16/23380961/usai-tampung-anak-putus-sekolah-risma-akan-bangun-sma-gratis.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest