Follow Us

9 Bagian Tubuh Ini Udah Nggak Dibutuhin Manusia, Sebagian Udah Hilang!

Alvin Bahar - Selasa, 22 Januari 2019 | 13:00
Ilustrasi anatomi tubuh manusia.
iStockphoto

Ilustrasi anatomi tubuh manusia.

HAI-ONLINE.COM - Setiap makhluk hidup di muka bumi selalu berevolusi sebagai bentuk adaptasinya terhadap lingkungan. Nggak terkecuali manusia.

Dalam serangkaian evolusi itu, beberapa bagian tubuh manusia kemudian nggak lagi dibutuhkan. Padahal, sebelumnya, bagian-bagian itu sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Namun, kini, bahkan kalo bagian-bagian itu dihilangkan nggak akan memengaruhi kualitas hidup manusia.

Melansir dari Business Insider, Jumat (18/01/2018), antropolog evolusi dari Boston College, AS Dorsa Amir menyebut senggaknya ada 9 bagian tubuh yang kini kehilangan fungsi awalnya.

Meski kehilangan fungsi selama jutaan tahun, uniknya, 9 bagian tubuh itu nggak menghilang. Lalu, apa saja bagian-bagian tubuh itu?

Usus Buntu

Di masa lalu, usus buntu mungkin membantu orang mencerna tanaman yang kaya akan selulosa. Hal ini masih terlihat pada hewan-hewan vertebrata atau bertulang belakang.

Mereka masih mengandalkan usus buntu atau apendiks untuk mencerna tanaman.

"Ketika (manusia) mulai beraling ke pola makan yang lebih beragam dan banyak konsumsi daging, kita nggak lagi membutuhkan saluran usus yang sangat panjang dan rumit itu," ungkap Amir.

Walaupun nggak lagi mempunyai fungsi awal, bukti ilmiah menunjukkan bahwa usus buntu menyimpan beberapa bakteri usus yang berguna.

Sayangnya, menurut Amir, masih belum jelas apakah itu adalah fungsi awal atau bentuk adaptasi manusia.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular