HAI-Online.com - Dalam balapan motor, ada teknik bernama cornering. Biasanya teknik ini dipakai pembalap MotoGP untuk menikung. Inget menikung di jalan ya, bukan menikung temen (halah!). Hehehe..
Dalam kecepatan tinggi, motor harus miring biar bisa menikung dengan baik, terutama motor MotoGP.
Jika nggak miring, motor bakal gagal menikung dan keluar dari jalur tikungan saat melaju dengan kecepatan cukup tinggi.
Kenapa sih motor harus miring agar bisa menikung? Nah, kita bahas pelan-pelan.
Proses menikung adalah sebuah gerak melingkar, jadi ada gaya sentripetal yang menarik motor ke dalam pusat tikungan/pusat lingkaran.
Dalam hal ini, gaya sentripetal MotoGP adalah gaya gesek antara ban dan aspal.
Dan ada juga gaya sentrifugal yang melawan gaya sentripetal.
Gaya sentrifugal itu yang bikin motor keluar dari jalur kalau nggak miring saat menikung.
Sedangkan gaya sentrifugal itu pusat tarikannya berada di titik berat alias centre of gravity dari motor.
Sederhananya, proses miring itu adalah cara untuk ngelawan gaya sentrifugal dengan mengubah titik berat motor.