Follow Us

Ratusan Laba-laba Hujani Wilayah Negara Brazil, Apa Penyebabnya?

Agung Mustika - Jumat, 18 Januari 2019 | 11:18
Hujan Laba-laba terjadi di Brazil. Apa penyebabnya?
National Geographic

Hujan Laba-laba terjadi di Brazil. Apa penyebabnya?

HAI-Online.com - Hujan air atau hujan es memang fenomena alam yang kerap terjadi. Tapi apa jadinya kalo hujan yang terjadi hujan laba-laba?

Dilansir dari laman Nationalgeographic.grid.id, sebuah video yang beredar di internet nunjukin gimana langit Brasil dipenuhi dengan ratusan laba-laba.

João Pedro Martinelli Fonseca (14), penduduk yang merekam 'hujan laba-laba' dari peternakan kakeknya ngungkapin kalo kaget dan takut saat melihatnya.

Video menunjukkan laba-laba berkumpul di udara Espírito Santo do Dourado, sekitar 250 kilometer dari timur laut São Paulo. Warga lokal menyebut fenomena itu dengan 'hujan laba-laba'.

Meskipun arachnida tampak jatuh dari langit, tapi sebenarnya mereka bergerak di atas jaring-jaring besar yang susah dilihat mata manusia.

Baca Juga : 10 Fakta Myterio, Supervillain di Film Spider-Man: Far From Home

Menurut para ahli, peristiwa ini kerap terjadi di wilayah yang panas dan lembap.

Laba-laba akan saling membantu untuk membuat 'jaring bersama' untuk sementara. Jaring tersebut dapat membentang hingga tiga atau empat meter.

Para peneliti mengatakan, nggak ada yang perlu dikhawatirkan dari fenomena hujan laba-laba ini.

Racun dari spesies parawixia bistriata tidak berbahaya dan jaring-jaring yang mereka buat sebenarnya membantu menangkap lalat dan nyamuk yang menjadi santapannya.

"Mereka tidak berbahaya dan tidak akan membuat manusia celaka. Racunnya juga aman," kata Cristina Anne Rheims, ahli biologi dari Butano Institute.

Laba-laba sendiri dapat terbang hingga ratusan kilometer menggunakan trik spesial yang disebut ballooning. Itu biasa terjadi kalo mereka pengen bermigrasi.

Meski perjalanan jarak jauh dapat dilakukan, tapi laba-laba biasanya bermigrasi beberapa meter atau kilometer doang.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular