Follow Us

Awas! 22 Aplikasi Android Ini Nyedot Baterai dan Kuota Internet Kalian

Ricky Nugraha - Rabu, 12 Desember 2018 | 15:00
Aplikasi Android
Androidpit

Aplikasi Android

HAI-online.com - Google kabarnya telah menghapus 22 aplikasi Android di Play Store yang diduga kena malware yang menyedot daya baterai dan kuota internet para penggunanya.

Hal ini diungkapkan oleh perusahaan anti-virus Sophos. Aplikasi-aplikasi tersebut diam-diam menampilkan iklan yang berkamuflase sebagai sebuah interface aplikasi lain.

Tampilan aplikasi tersebut juga nggak terlihat, karena panjang dan lebar jendela yang cuma 0 piksel, yang membuatnya nggak tampak di layar ponsel.

Aplikasi "tuyul" ini bahkan bisa menempel di browser smartphone, misal lewat tab baru Google Chrome yang kemudian disisipkan iklan terselubung oleh malware.

Jika aplikasi tersebut dibuka, malware akan menampilkan iklan di tab tersebut lalu otomatis akan diklik oleh ponsel secara berulang, bahkan apabila browser nggak dibuka.

Baca Juga : Instagram Sekarang Udah Punya Fitur Voice Message Nih di DM

Menurut Sophos, iklan fiktif ini telah menjangkiti sekitar 2 juta perangkat Android dari pengguna yang telah mengunduh deretan aplikasi tersebut.

Untuk saat ini, pengguna dapat mendeteksi keberadaan malware dengan melihat penggunaan kuota internet serta daya baterai. Jika kuota cepat habis walau nggak digunakan atau baterai yang borosnya nggak wajar, bisa jadi perangkat tersebut terserang malware.

Meski aplikasi-aplikasi Android tersebut sudah dihapus dari Play Store, pengguna yang sudah menginstal harus menguninstal sendiri secara manual. Karena malware bisa saja masih berfungsi meski sudah dihapus dari toko aplikasi.

Berikut daftar 22 aplikasi yang terinfeksi malware yang baru saja dihapus Google dari Play Store:

  1. Sparkle FlashLight
  2. Snake Attack
  3. Math Solver
  4. ShapeSorter
  5. Tak A Trip
  6. Magnifeye
  7. Join Up
  8. Zombie Killer
  9. Space Rocket
  10. Neon Pong
  11. Just Flashlight
  12. Table Soccer
  13. Cliff Diver
  14. Box Stack
  15. Jelly Slice
  16. AK Blackjack
  17. Color Tiles
  18. Animal Match
  19. Roulette Mania
  20. HexaFall
  21. HexaBlocks
  22. PairZap

Source : Kompas.com, Phone Arena

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest