Follow Us

Setelah Liga Champions dan Europa League, UEFA Akan Buat Kompetisi Kasta Ketiga Klub Eropa

Bayu Galih Permana - Senin, 03 Desember 2018 | 18:30
UEFA
UEFA

UEFA

HAI-Online.com - Setelah sebelumnya hanya berupa rencana, UEFA memastikan akan menggelar kasta ketiga kompetisi klub Eropa, di bawah Liga Champions dan Europa League mulai tahun 2021 mendatang.

Dilansir dari Fox Sports, rencana soal kompetisi yang sementara disebut UEL2 ini akhirnya disetujui oleh executive committee dari UEFA pada hari Minggu kemarin (2/12), bersamaan dengan penyelenggaraan drawing kualifikasi Euro 2020.

Dalam UEL2, nantinya akan ada total 32 tim dari benua Eropa yang menjadi peserta dan kemudian dibagi ke dalam 8 grup, dengan masing-masing 4 kontestan pada tiap grupnya.

Nantinya, kompetisi kasta ketiga ini bakal mempertandingkan sebanyak 141 laga dalam waktu 15 pekan, dan sang juara berhak mendapatkan 1 tiket lolos ke Europa League pada musim selanjutnya.

Baca Juga : 24 Atlet Pelajar Terbaik Indonesia Dikirim ke Amerika Serikat

Dengan adanya UEL2, Europa League akan sedikit mengalami perubahan, salah satunya slot yang sebelumnya diisi hingga 48 tim akan dirampingkan menjadi 32 kontestan aja.

Selain itu, klub penghuni peringkat di fase grup Europa League nantinya akan turun kasta untuk menghadapi runner-up grup UEL2 guna memperebutkan babak 16 besar di kompetisi baru tersebut.

"UEL2 akan membuat kompetisi-kompetisi klub UEFA lebih inklusif daripada sebelum-sebelumnya. Ini berarti akan lebih banyak pertandingan, klub, dan juga asosiasi yang dihadirkan pada fase grup," terang Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Buat kalian yang udah nggak sabar, UEL2 sendiri baru akan dimulai pada musim 2012-2022 dan nantinya akan dimainkan pada Kamis malam, bersamaan dengan kompetisi Europa League.

Waduh bakalan makin sering begadang nih kayanya sob! (*)

Source : Sky Sports, UEFA

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest