Bisnis Start-up Jasa "Sleep Call" Indonesia Berbuah Manis, Temani Ribuan Pelanggan Kesepian

Senin, 28 November 2022 | 10:53

Buka Jasa Sleep Call

HAI-Online.com- Sepi kerap berteman dengan malam, namun waktu malam tidak selalu sepi, bukan?

Yap, ada cara menyiasati kesepian terutama di malam hari sebelum seseorang terlelap, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa jasa teman ngobrol sebelum tidur alias jasa 'sleep call'.
Bisnis baru ini yang dijalani seorang cowok bernamaFahrija (20) dengan membawa brand jasa layanannyabernama "Sleep Call-mu".
"Platform-nya sendiri terbentuk dari bulan Maret, tapi mulai berjalannya pas di awal Juli sampai sekarang," kata Fahrija dikutip dari obrolannya denganKompas.compada beberapa waktu lalu.
Sudah hampir lima bulan, Fahrija menjalankan bisnisnya tersebut sehingga ia mencatat sudah lebih dari 1700-an orang memesan jasanya.

Baca Juga: Lautan Kenangan Sleep Shelter dalam EP Terbaru Bertajuk 'When You Come Around'

Sedikit cerita, awalnya Fahrija bekerja di sebuah pabrik di Cilegon, Banten, namun ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan fokus merintis bisnis Start-up nya ini.

Bukan tanpa sebab, Fahrija merintis bisnis jasasleep callkarena ia mengaku layanan bisnis teman mengobrol ini dibuat dan terinspirasi dari riset psikologi soal tingginya tingkat kesepian di Jepang.

Bisnis serupa sudah ada di negeri Sakura namun di Indonesia belum ada layanannya. karena itulah, Fahrija bersikukuh mencoba membuat jasasleep call.

"Awalnya dari TikTok ya. Waktu itu saya lihat riset dari Jepang. Di Jepang tingkat kesepiannya tinggi, mungkin karena faktor keinginan berkeluarga sedikit, dan di sana juga ada jasa-jasa serupa. Makanya saya coba buat versionline-nya di sini," jelas Fahrija.

Fahrija menyadari bahwa jasasleep callbukanlah bisnis baru. Banyak bisnis serupa yang telah berjalan di Indonesia.

Namun, ia tetap melihat jasasleep call sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, karena melihat riset tingginya tingkat orang kesepian terutama yang tinggal di perkotaan.

"Memang jasa yang saya buat ini bukan yang pertama kali ya, karena banyak kompetitor lain yang lebih dulu membuat (jasasleep call). Dan dari situ (saya melihat bisnis ini) berpeluang," ujar dia.

Benar saja, meski bisnis Fahrija bisa dibilang masih seumur jagung, akun Instagram @sleepcallmu_yang dikelolanya sudah memiliki lebih dari 7.500 pengikut.

Dalam tiga bulan pertama sejak dirintis, bisnis Fahrija sudah melayani sekitar 1.700 transaksi.

Selama tiga bulan itu ada 1.700 transaksi totalnya. Kemudian, total ada 500 orang yang kasih kami testimoni tanpa kami minta. Kami kan enggak pernah minta klien kasih testimoni habis order," kata Fahrija.

Baca Juga: Marak Tren Jasa Sewa Pacar, Dosen UM SUrabaya: Waspada Pencurian Data Pribadi!

Sesuai hasil riset yang dibacanya, Fahrija menuturkan, ada klien yang menggunakan jasasleep callkarena kesepian.

Sejumlah klien bahkan menceritakan keluh kesahnya dan meminta saran daritalent.

"Ada (klien) yang merasa dia nggak ada alasan buat hidup lagi, merasa sendirian, minta validasi alasan untuk hidup," tutur Fahrija.

JasaSleep Call-mu saat ini memiliki 44talent, yang terdiri dari 24 laki-laki dan 20 perempuan.

Jasa ini menyediakan berbagai layanan, mulai dari teman curhat, dongeng sebelum tidur,reminder, hingga pacar virtual.

Total ada delapan paketchattingdan teleponyang disediakan tarif beragam, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 300.000. Jasa ini tidak menyediakan layanan panggilan video (video call) untuk menjaga privasitalent.

Namun, melihatbisnisnya semakin berkembang, Fahrija melebarkan sayap pada bisnis serupa, yaknioffline date.

Bisnisoffline dateberbeda dengan bisnissleep callyang sudah dijalankannya lebih dulu.

Bersama temannya, Fahrija menjalankan bisnisoffline datedi kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan Malang. Mereka berencana memperluas bisnis tersebut di Jabodetabek.

Baca Juga: Jadi Pacar Ernest Prakasa di Cek Toko Sebelah 2, Laura Basuki Sempat Merasa Takut Sama Istri Ernest Asli

"Offline datebeda manajemen, beda akun Instagram, bedatalentjuga," ucap Fahrija.

"Itu (offline date) bukan saya sendiri. Ada admin pertamanya itutalentsaya sendiri. Itu sudah berjalan satu bulan," imbuh dia. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari liputan khusus "Berbagi Kisah lewatJasa Sleep Call". Anda bisa membaca artikel-artikel lainnyadi sini.

Editor : Al Sobry