Rekomendasi Lagu Indie dari 3 Lagu Baru .Feast di Album Abdi Lara Insani!

Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:00
Press Photo

Simak rekomendasi lagu indie dari 3 lagu baru .Feast di album Abdi Lara Insani!

HAI-Online.com - Baru-baru ini grup band rock asal Jakarta, .Feast,menambahkan 3 lagu baru di mini albumAbdi Lara Insaniyang bisa jadi rekomendasi lagu indie.

Abdi Lara Insani merupakan album mini ketiga .Feast yang sempat dirilis pada tanggal 22 April 2022 lalu.

Band yang digawangiBaskara Putra, Adnan Satyanugraha Putra, Dicky Renanda Putra, Fadli Fikriawan Wibowo, dan Adrianus Aristo Haryo ini akhirnya semakin utuh menceritakan kisah tokoh Ali dalam rangkaian 11 trek di album Abdi Lara Insaniedisi lengkap.

Dalam proses pengerjaannya, .Feast mendapuk drummerAdrianus Aristo Haryo aka Ryo Bodat sebagai produser utama dan merilis album ini di bawah naungan label indie Sun Eater.

Eitssekadar mengingatkan, 11 trek lagu di album ini akan lebih asyik kalau lo dengerinnya berurutan sesuai dengan yang sudah disusun oleh .Feast.

Baca Juga: .Feast Akhirnya Rilis 3 Lagu Baru untuk EP Abdi Lara Insani: Kisah Ali Sudah Lengkap!

Dengan dengerin lagu secara berurutan, lo bakal ngikutin kisah Ali yang punya mimpi besar ingin ngubah Indonesia di Earth-03.

Penasaran dengan 3 lagu baru .Feast ini? Simak rekomendasi lagu indie dari 3 lagu baru .Feast di album Abdi Lara Insani!

1. Lagu Kritik Lagi

Rekomendasi lagu indie pertama yaitu 'Lagu Kritik Lagi' yang menjadi trek kelima setelah lagu 'Kuping Ini Makin Lalai' di albumAbdi Lara Insani.

Sebagai penulis lagu bernuansa dansa psikedelik dengan sentuhan sound 80an ini, vokalis Baskara bercerita tentang makna dari trek 'Lagu Kritik Lagi'.

"'Lagu Kritik Lagi', secara timeline, terjadi sebelum demo besar-besaran yang diceritakan di 'Gugatan Rakyat Semesta'. Dalam mental state ini, Ali sudah mulai lelah manuver politik yang harus Ia lakukan (dan diajarkan oleh mentor-mentornya) seperti dijelaskan di lagu 'Kuping Ini Makin Lalai'," ucap Baskara.

Baca Juga: Abdi Lara Insani, Kisah Sosok yang Dituangkan dalam Mini Album .Feast!

Lebih lanjut, Baskara bercerita kalau di fase ini tokoh Ali sudah memantapkan diri untuk memilih perubahan dengan cara pergerakan massa.

"Dan merasa mungkin satu-satunya jalan menuju perubahan adalah pergerakan massa dan penggunaan kekerasan, seperti dijelaskan di lagu 'Gugatan Rakyat Semesta'," imbuhnya.

2. Orang-orang yang Berubah (Interlude)

Lagu 'Orang-orang yang Berubah (Interlude)' jadi rekomendasi lagu indie kedua.

Lagu ini adalah trek instrumental yang menggambarkan perubahan situasi hati tokoh Ali.

"Sedangkan 'Orang-orang yang Berubah (Interlude)' adalah track instrumental, menggambarkan perubahan situasi hati yang akhirnya terjadi secara permanen dalam diri Ali yang mengubah Ia dari figur yang dicintai masyarakat menjadi seseorang yang ia sendiri benci," cerita Baskara.

Baca Juga: Kisah Ali dari .Feast Berlanjut di Lagu 'Gugatan Rakyat Semesta', Single Lama Dengan Rasa Baru

Hadir sebagai trek kedelapan, lagu ini adalahmomen transisidari rangkaian peristiwa di trek sebelumnya, 'Gugatan Rakyat Semesta' dan 'Jaya'.

"Terjadi setelah rasa gamang yang Ia miliki (di 'Jaya'), setelah berhasil menggulingkan rezim di 'Gugatan Rakyat Semesta'. Secara cerita mungkin bisa spesifik menggambarkan ini atau menggambarkan pelantikan Ali menjadi presiden. Lagu ini secara kisah berlanjut ke lagu 'Jangan Ikut Campur'," tambah Baskara.

3. Jangan Ikut Campur

Untuk rekomendasi lagu indie yang terakhir, datang dari lagu baru ketiga di album Abdi Lara Insani, 'Jangan Ikut Campur'.

Setelah menikmati trek instrumental 'Orang-orang yang Berubah (Interlude)', maka kisah Ali berlanjut di lagu ini.

Menurut Baskara, 'Jangan Ikut Campur' adalah pergolakan batin yang dirasakanAliyang berkaitan dengan trauma, luka, dan kebencian dalam dirinya.

Baca Juga: .Feast Lepas Single-nya yang Telah Terkubur Lama Berjudul 'Ali'

"Di titik ini, sebagai seorang pemimpin Ali sudah menggunakan kacamata kuda dan merasa yakin bahwa salah satu 'amanah'nya dalam menjadi pemimpin adalah menunaikan dendamnya," ucap Baskara.

Tokoh Ali diceritakan mulai menunjukkan sifat aslinya yang selama ini nggak diketahui sama masyarakat sebelumnya.

Hasilnya? Ali akhirnya menuntaskan dendamnya ke banyak pihak yang doi rasa punya andil dalam merusak keadaan danmengakui kalau jalan yang dipilihnya akanbikin efek domino dalam kehidupan bernegara.

Gimana sob, keren kan semua rangkaian cerita dalam albumAbdi Lara Insani?

Nah itu dia rekomendasi lagu indie dari 3 lagu baru .Feast di album ini.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya