Terinspirasi Fluxcup, Berikut 5 Fakta Nyeleneh Lain di Album Terbaru Danilla 'Pop Seblay'

Selasa, 22 Februari 2022 | 15:10
Press Photo

Danilla, 2022

HAI-Online.com - Danilla baru saja merilis album terbarunya berjudul 'Pop Seblay' pada hari Selasa (22/02/22).

Menjadi album penuh ke-3 dari seorang Danilla Riyadi, 'Pop Seblay' diyakini adalah karya paling jujur yang pernah digarap olehnya.

Selain karena banyak mengungkapkan jokes internal dan menuangkan sisi paling apa adanya dari dirinya, nama 'Pop Seblay' juga menjadi banyak sumber pertanyaan yang hadir untuk album Danilla ini.

Menurut pengakuan Danilla, kataseblayini diakuinyaterinspirasilangsung oleh kreator video jenaka, Fluxcup, yang telah mempopulerkan kata ini sebelumnya.

Baca Juga: Jadi Masalah Serius di Indonesia, Putus Mata Rantai Penularan TBC dengan Cara Ini

"Fluxcup adalah inspirasi terbesarku untuk nama album ini. Kami sendiri nggak tahu apa itu arti kataseblaysebenarnya," ujar Danilla membuka percakapan di sesi dengar virtual hari Senin kemarin (21/02).

"Tapi kalo menurutku dan tim, definisiseblayadalahsituasi saat badan kita lagi di kondisi yang senyaman mungkin; seperti habis makan, rebahan, dan lainnya. Intinyagetting hightanpa ada substansi lah," tegas Danilla menjelaskan inspirasinya.

Baca Juga: Tunjukkan Rasa Patriotik Kepada Irlandia, Fontaines D.C Luapkan Pesan Politik Tegas di Single Baru 'I Love You'

FYI, kataseblayini sebelumnya populer lewat video dubbing kreasi Fluxcup berjudulMonyet Seblay yang hadir dalam tiga episode pada beberapa tahun silam.

Namun sayangnya, sejak artikel ini dibuat, HAI udah kesulitan untuk menemukan lagi jejak video tersebut di dunia maya.

Anyway, melalui inspirasi utama yang sudah dijelaskan di atas, sudah dapat ditebak kalo album 'Pop Seblay' merupakan sajian nyeleneh nan menarik yang dihadirkan oleh Danilla dan tim.

Tapi ternyata, fakta nyeleneh yang ada pada album ini nggak berhenti sampai situ doang. Setidaknya, HAI nemuin 5 fakta nyeleneh lain yang hinggap di album baru Danilla ini. Baca daftarnya di bawah.

Baca Juga: Adiknya Rossi Sebut Sirkuit Mandalika Punya Tikungan Terbaik di Dunia, tapi Perlu Dibersihkan!

1. Dibuka dengan Monolog "Seblay" oleh Fluxcup

Tentu nggak afdol kalo Danilla hanya meminjam kataseblaymilik Fluxcup tanpa menghadirkan suara khas dari kreator unik asal Bandung tersebut.

Pada nomor pembuka berjudul 'kudikan', Danilla mengajak Fluxcup untuk mengisi bahagian monologseblay di lagu ini lewat cerita sompral yang membangun lagu ini.

Nggak cuma Fluxcup, komedian danbroadcaster ulung Bobby Mandela alias Bob Ciaw juga dilimpahi tugas oleh Danilla untuk menimpali monologseblaydari Fluxcup sebelum disambut oleh alunan nada di lagu 'kudikan'.

2. Terdapat Aransemen Dangdut yang Paripurna di Nomor 'Kudikan'

Fakta nyeleneh ini masih melibatkan lagu pertama 'kudikan'. Lagu ini seakan menjadi pembuka sempurna untuk membuat para penggemar Danilla menjadi terbelalak kagum dan heran dalam satu waktu.

Selain munculnya voice over dari Fluxcup dan Bob Ciaw yang jenaka, pendengar akan memasuki rancaknya aransemen dangdut menjelang akhir lagu.

3. Melibatkan Seekor Kucing untuk Berkolaborasi pada Lagu 'Di Balik Selimut'

Twitter @danillajpr

Sosok Lupus Mutiara di pangkuan Danilla, kolaborator lagu 'Di Balik Selimut' saat melakukan sesi rekam di Studio Ruang Waktu

Kalo kalian ngeliat lagu nomor 7 di album ini, akan muncul trek berjudul 'Di Balik Selimut ft. Lupus Mutiara'.

Mungkin kalo nggak ditelisik lebih jauh, pendengar bakal mengira "Oh, ini mah penyanyi muda yang diajakin nyanyi sama Danilla."

Tapi tebakan klise ini salah besar. "Lupus Mutiara" adalah kucing penunggu studio Ruang Waktu sekaligus inspirasi dari Danilla untuk menulis lagu 'Di Balik Selimut' ini. Dengarkan merdunya suara Danilla bersama Lupus Mutiara di bawah. Meong.

4. Pilihan Tema Lagu dan Penulisan Lirik yangBerani: Kritik Terhadap Diri Sendiri

Sebelum merilis album 'Pop Seblay', Danilla telah berulangkali menegaskan pernyataan kalo para penggemar dan pendengarnya harus membuang jauh-jauh ekspektasi Danilla yang romantis dan lemah lembut.

Produknya, lagu seperti 'Bukan Otomata' yang digarap bersama seluruh tim membawa Danilla untuk mengirim pesan atas maraknya kasus kekerasan pada hewan dengan lirik tersirat.

Ada juga lagu 'Kiw' yang mungkin terdengarcringebagi banyak orang - termasuk Danilla. Pada lagu ini, Danilla berani untuk berbicara lugas tentang kisah romansa dengan diksi yang sederhana dan kerap didengar sehari-hari.

Pendekatan Danilla dalam album barunya ini diakuinya merupakan bentukself-deprecating jokesalias kritik terhadap dirinya sendiri atas problem internal yang selama ini sebenarnya nggak perlu-perlu banget oleh dirinya.

5. "Bercanda dengan Serius"

Melalui empat penjabaran di atas, Danilla pun merangkumnya dengan sebuah kalimat yang lugas.

"Album 'Pop Seblay' adalah sebuah sajian bercanda paling serius yang pernah dibuat oleh Danilla dan tim," paparnya saat menjelaskan pesan dari album ini di sesi dengar virtual (21/02).

Pernyataan dari Danilla tersebut tentu bisa langsung dikonsumsi langsung oleh telinga kalian di 12 lagu ciamik yang diramu oleh Danilla dan timnya.

Berulang kali, Danilla juga menegaskan kalo sisi tongkrongan dan apa adanya dari dirinya selama ini akan mudah terlihat pada album 'Pop Seblay'.

"Jadi buat pendengar yang berharap melihat sosok Danilla yang romantis dan penuh dengan diksiwas wes wos, album 'Pop Seblay' jauh dari deskripsi tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Lebih Jujur dan Menjadi Diri Sendiri di Album Terbaru 'Pop Seblay', Danilla: Selamat Tinggal Masa Lalu

Tapi jangan khawatir fren, buat para penggemar Danilla yang masih pengen mendengarkan versimasa lalu dari Danilla, album 'Pop Seblay' masih punya penawarnya.

Lagu kritik halus seperti '"S E N J A" Di Seberang Nusa' ataupun 'Dalam Nirvana' dan 'Maka Dari Itu' masih menawarkan nomor khas "senja"yang cocok untuk masuk dalam daftar putar "Kopikustik".

Selain itu, Danilla dan tim patut diapresiasi karena benar-benar berusaha untuk menawarkan transformasi utuh yang (agak) berani, baik dari musikalitas, tatanan, ataupun tema yang disampaikan.

Untuk itu, silanikmati betapa jenaka dan nyeleneh-nya Danilla secara penuh via her latest Fluxcup-infused full album, 'Pop Seblay'.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya