Mau Jadi Kreator Sukses di TikTok? Cek Tips Jitu dari Tamara Dai yang Sudah Rasakan #SerunyadiTikTok!

Kamis, 03 Februari 2022 | 11:03
Dok. TikTok

Tamara Dai, salah satu kreator konten TikTok di bidang fashion.

HAI-Online.com –Saat ini, TikTok telah menjadi aplikasi yang digandrungi oleh masyarakat, baikkalangan muda maupun tua.

Selain menjadi platform untuk menikmati berbagai macam konten dan hiburan menarik,TikTokjuga menjadi wadah untuk mengekspresikan kreativitas para penggunanya.

Para kreator konten diTikTokterkenal dengan konten yang unik danfresh. Kategori konten yang dihadirkan pun bervariasi, mulai dari edukasi, musik, makanan, kesehatan, sampaifashiondanlifestyle.

Dalam rangka merayakan keragaman konten yang dihadirkan oleh para kreator dan komunitas diTikTok,aplikasi tersebutpun meluncurkan kampanye #SerunyadiTikTok.

Baca Juga: Tebakan Fans Ternyata Benar, Rex Orange County Rilis Single 'Keep It Up' Setelah Bocorkan Petunjuk di TikTok

Salah satu kreator kontenTikTokyang turut berpartisipasi dalam kampanye tersebut adalah Tamara Dai.

Tamara bisa dibilang merupakan salah satu kreatordengan konten yangunik atauout of the box. Melalui akunTikTok@tamaradai_,iamenyajikan konteninspired lookatauoutfityang terinspirasi dari lagu dan film populer.

Berkat konsistensi dan keunikan Tamara dalam menyajikan konten, enggak heran jika saat ini akunTikTokTamara berhasil menggaet 5,8 juta pengikut dan 93 jutalikes.

Lewat tagar#SerunyadiTikTok, Tamara ingin mengajak lebih banyak orang untuk memulai perjalanan mereka sebagai kreator konten dan berbagi keseruan dengan sesama di TikTok.

Baca Juga: Viral di TikTok dan Instagram Nationality Challenge, Begini Cara Bikinnya!

Tamara juga memberikan sedikit tips bagaimana kamu bisa merasakan keseruan sebagai kreator konten seperti Tamara di TikTok. Yuk, simak penjelasannya!

1. Konsistensi dan orisinalitas

Tamara bergabung diTikTokpada akhir 2020. Sebagai seorangsneakerheadatau pencinta sepatu sneakers, Tamara awalnya hanya mengunggah konten berupa koleksisneakersfavoritnya.

Namun, melihat respons positif dari para netizen, Tamara pun terdorong untuk membuat konten fashiondengan konsep baru.

Selain mencari inspirasi dari para kreator lain di bidangfashion, Tamara juga terus mengulik fitur-fitur yang tersedia diTikTokdemi menemukan konsep baru untuk kontennya.

Baca Juga: Cara Bikin Linktree buat Dipasang di Bio Medsos, Gampang Banget!

“Setelah menghabiskan banyak waktu untuk menjajal berbagai fitureditingyang tersedia diTikTok, aku pun mencoba untuk membawa konten fesyen ke tingkat berikutnya lewat permainan transisi yang apik,” kata Tamara dalam keterangan tertulis, Rabu (2/2/2022).

Melalui video transisi singkat, kata Tamara, ia menampilkan tiga atau empat klip denganoutfitberbeda yang terinspirasi dari berbagaigenremusik dan karakter di film-film populer.

TikTok

Konten inspired look menggunakan fitur transisi menjadi ciri khas Tamara.

Lagi-lagi, konten yang disajikan Tamara tersebut berhasil mendapat sambutan positif dari para netizen diTikTok. Hal itu dibuktikan dengan kolom komentar yang dibanjiri oleh ratusan komentar positif di setiap video yang diunggah.

Bahkan, enggak sedikit pengguna yang juga memberikan rekomendasi gaya dan inspirasifashionuntuk konten Tamara selanjutnya.

Baca Juga: Video Orang Nyoba Megang Pelangi Ini Viral di TikTok, Gimana Sih Penjelasan Ilmiahnya?

"Aku sangat kaget melihat apresiasi dari kreator lain hingga jumlahfollowersdanviews-ku meningkat secara pesat. Setelah mengulik lebih jauh, ternyata banyak juga audiens dari luar Indonesia yang menikmati karya ku," ujar Tamara.

Pencapaian Tamara sebagai salah satukreatortopdi TikTok pun enggak terlepas dari konsistensinya dalam menghadirkan karya yang orisinal dan sesuai dengan gaya pribadinya.

Tamara pun mengaku, untuk menemukan ide konten yang orisinal dan dapat menjadi ciri khasnya diTikTok, ia membutuhkan waktu yang tidak sebentar, yakni kurang lebih tiga bulan.

“Kreator juga harus mau untuk terus berinovasi dalam menghadirkan ragam konten yang kreatif, inspiratif, dan sesuai dengan kepribadian serta ciri khas kreator,” kata Tamara.

Baca Juga: Nusantara House of TikTok Bakal Rilis Lagu Original dan Kolaborasi dengan Musisi Tanah Air

2. Persiapan matang demi konten yang berkualitas

Tips selanjutnya adalahmelakukanpersiapan yang matangsebelum membuat konten. Menurut Tamara, seorang kreator konten juga harus totalitas dalam berkreasi dan mempersiapkan konten yang ingin diunggah.

“Untuk konten transisi, aku mempelajari tiap karakter kartun dan film agaroutfityang ditampilkan bisa benar-benarrelatedengan karakter tersebut. Setelah itu, akumix and matchbaju dan aksesoris agar terlihatstylishdanon messagedengan karakter yang aku perankan,” papar Tamara.

Ketika melakukanproses edit, Tamara juga mengaku ia selalu memastikan gerakanfashionwalkyang ia lakukan tepat dan penuh presisi. Dengan begitu, hasil transisi video terlihat mulus seolah tidak di-cut.

"Aku selalu serius dan totalitas ketika membuat konten diTikTok. Setiapoutfit, transisi, dansoundharus dipikirkan secara matang. Walau cukup menantang dan menguras waktu, tapi aku sangat menikmati tiap prosesnya," ungkap Tamara.

Baca Juga: Perusahaan Ini Bakal Bangun Studio Film di Luar Angkasa pada 2024

3. Berani untuk berkolaborasi

Kolaborasi bersama kreator konten dan pengguna TikTok juga dapat menjadi salah satu cara untuk terus mendapatkan inspirasi konten yang unik.

Tamara mengatakan, menurut pengalamannya, bertemu dengan kreatorTikTokdari berbagai kategori membuka kesempatan untuk saling bertukar ide dan tips dalam membuat konten.

“Ragam konten yang disajikan oleh para kreator lain juga membuat aku sadar pentingnya konsistensi dalam menghadirkan konten baru demi menjangkau audiens dan membuka kesempatan kolaborasi dengan kreator lain,” kata Tamara.

Beberapa waktu lalu, Tamara juga berhasil mengajak jurnalis sekaligus pembawa acara, Najwa Shihab, untuk berkolaborasi membuat konten transisifashion walkbersama diTikTok.

Baca Juga: Selena Gomez Bentuk Platform Kesehatan Mental 'Wondermind', Ini Berbagai Kontennya!

Menurut Tamara, keseruan-keseruan yang dirasakan selama menjadi kreatorTikTok, termasuk berkolaborasi dengan kreator lain, membuatnya ingin terus berkarya guna menghadirkan kontenfashionyang unik.

“Ke depan, aku juga ingin berkolaborasi dengan banyak kreator agar dapat terus menginspirasi para penikmatfashiondiTikTok,” kata Tamara.

Sementara itu, Head of Operations TikTok SEA, Angga Anugrah Putra mengatakan, berkat kreator berbakat seperti Tamara, konten terkaitlifestyledanfashiondiTikToksemakin banyak diminati.

Kontenfashionsendiri merupakan salah satu dari lima konten terfavorit diTikTok. Selain konteninspired lookseperti yang disajikan Tamara, ada pula kontenmix and match outfit, tips berpose saat foto, dan trenfashionterkini dari para kreator lain.

Ia pun mengapresiasi Tamara dan seluruh kreatorTikTokdi bidangfashionyang telah mengekspresikan kreativitas sekaligus menginspirasi masyarakat dengan cara yang menarik.

“Kami sangat senang melihat perkembangan para kreator kami, termasuk Tamara Dai yang menyajikan cara unik untuk menampilkan gayanya yang otentik. Kami berharap para kreator dapat saling menginspirasi dan sama-sama merasakan keseruan #SerunyadiTikTok," kata Angga.

Nah, buat kamu yang ingin melihat berbagai konten seru dan menarik diTikTok,followakun resmiTikTokOfficial Indonesia. Kamu juga bisa cari tagar #SerunyadiTikTok lewat aplikasi TikTok di ponselmu.

Editor : Sheila Respati