Nggak cuma Mengukur Prestasi Para Musisi, Indonesian Music Awards 2021 Ikut Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Selasa, 07 Desember 2021 | 18:12

Mutia Ayu terima Piala mendianh Glenn Fredly di Indonesian Music Awards 2021

HAI-Online.com - Ajang penghargaan bagi musisi dan penikmat musik di Tanah Air, Indonesian Music Awards (IMA) 2021 telah sukses digelar pada Senin (6/12) malam.

Meski baru kali pertama digelar, acara penghargaan hasil kerjasama Melon Indonesia melalui layanan musik streaming, Langit Musik dan juga layanan ring back tone, Nada Sambung Pribadi (NSP) dengan salah satu tv swasta RCTI telah menarik perhatian, terlebih dalam tayangan malam puncaknya.

Deretan musisi berprestasi tampak antusias menghadiri acara yang disiarkan di platform live streaming RCTI+ itu, tak hanya mereka, sejumlah nama musisi dan artis musik papan atas yang tidak masuk dalam daftar nominasi pun turut menikmati Malam Puncak IMA 2021.

Bukan hanya itu, masyarakat penggemar musik juga dilibatkan dalam proses pemilihan lagu dan musisi favorit mereka di ajang tersebut. Lebih dari 12 juta voters diklaim mengikuti proses voting untuk mengukur ketenaran para nominator IMA.

Baca Juga: Ditanya Paparazzi Kapan Lagu Barunya Keluar, Begini Jawaban Rihanna: Musik Itu Kayak Fashion!

Mereka akhirnya dapat menikmati musisi dan lagu favoritnya tampil di berbagai kategori seperti Song of the Year, Collaboration of the Year, New Artist of the Year, Social Media Artist of the Year, Male Singer of the Year, Female Singer of the Year, Duo/Group/Band of the Year, Alternative Song of the Year, Throwback Hits of the Year, Songwriter/Composer of the Year, Album of the Year, dan Top Nada Sambung Pribadi.

Nama-nama populer di blantika musik bahkan di dunia hiburan digital turut menjadi daya tarik malam puncak IMA 2021.

Mereka antara lain: Rossa, Cinta Laura, Maia Estianty, Lyodra, Mahalini, Rizky Febian, Judika, Lesti, Marion Jola, Stevan Pasaribu, Budi Doremi, Inul Daratista, Krisdayanti, Fiersa Besari, Prinsa Mandagie, Anneth Delliecia, Ziva Magnolia, 3 Composers, Ariel Tatum, NOAH, Ungu dan masih banyak lagi.

Serta pemandu acara yakni Daniel Mananta dan Ayu Dewi sukses mengajak audiens larut dalam pesta bagi para penggemar musik Indonesia ini.

“Luar biasa sekali perayaan malam puncak IMA 2021. Semoga penonton dan penggemar musik Indonesia terhibur, semakin cinta dengan musik kita," ujar Dedi Suherman selaku CEO Melon Indonesia, kemarin.

Baca Juga: Jadi Masterpiece-nya, Ini Alasan Bebi Romeo Malah Jual Lagu ‘Aku Cinta Kau dan Dia' Cuma Rp750 ribu ke Ahmad Dhani

Ajang IMA 2022 disebutnya telah memberikan energi dan semangat bagi pihak penyelenggara, Melon Indonesia sebagai bagian dari anak perusahaan Telkom Indonesia melalui layanan Langit Musik dan NSP untuk terus bisa berkiprah mengukur prestasi para insan industri musik Indonesia.

IMA 2021 merupakan salah satu dari penghargaan bagi insan musik dengan basis pilihan penggemar melalui mekanisme voting, sehingga hasilnya sangat obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Mekanisme voting, kami buat transparan dan juga dilakukan audit oleh auditor independen sehingga nama pemenang yang tadi diumumkan pada malam puncak IMA 2021 dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya,” tutur Adib Hidayat, selaku VP Digital Music PT. Melon Indonesia.

Dia menerangkan, nama-nama nominator diperoleh dari data stream Langit Musik dalam kurun waktu satu tahun, periode Oktober 2020 - Oktober 2021.

Dari data tersebut, diperoleh 10 nama untuk tiap kategori. Selanjutnya 10 nama tersebut dikerucutkan menjadi 5 nominasi di tiap kategori lewat mekanisme validasi dan verifikasi bersama perwakilan AMDI (Asosiasi Music Director Indonesia) dan pengamat musik.

Baca Juga: Voice of Baceprot Tampil Apik di Hadapan 3000-an Penonton Trans Musicales Festival di Perancis

Buat yang belum menyimak malam puncak IMA 2021, berikut adalah nama-nama yang terpilih sebagai terfavorit di tiap kategori:

1. Kategori Song of The Year: Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti - Anneth Delliecia

2. Kategori Colaboration of The Year: Ungu & Lesti - Bismillah Cinta

3. Kategori New Artist of The Year: Mahalini

4. Kategori Social Media Artist of The Year: Lesti

5. Kategori Male Singer of The Year: Iwan Fals

6. Kategori Female Singer of The Year: Lesti

7. Kategori Duo/Grup/Band of The Year: Noah

8. Kategori Alternative Song of The Year: To The Bone - Pamungkas

9. Kategori Throwback Hits of The Year: Hampa - Ari Lasso

10. Kategori Songwriter/Composer of The Year: Bembi Noor, Mario Kacang, Tengku Shafick – Salah Benar (dibawakan oleh 3 Composers feat. Rizky Billar)

11. Kategori Album of The Year: Lyodra - Lyodra

12. Kategori Top Nada Sambung Pribadi: Kulepas Dengan Ikhlas - Lesti

Tak hanya itu, malam puncak IMA 2021 juga diisi dengan Life Achievement Award bagi insan musik Indonesia yang berpengaruh besar bagi kemajuan musik Indonesia.

Baca Juga: Debut Kep1er Ditunda Setelah Lakukan Kontak dengan Staf Positif COVID-19

Nama mendiang Glenn Fredly Deviano Latuihamallo dmterpilih sebagai tokoh musik Indonesia yang paling layak menerima penghargaan tersebut.

Piala penghargaan ini pun resmi diterima oleh sang Istri, Mutia Ayu dan juga kerabat dari mendiang Glenn Fredly.

“Di dunia musik Tanah Air, nama Glenn Fredly menjadi salah satu musisi handal yang sudah mewarnai belantara industri musik Indonesia. Sepanjang karirnya, Glenn banyak melahirkan karya-karya terbaik," ucap Dedi Suherman lagi.

Selain itu, pada gelaran perdana IMA 2021 ini juga dijadikan momentum untuk berbagi kasih kepada rekan-rekan crew serta para road manager panggung yang penghasilannya terkena dampak pembatasan kegiatan masyarakat selama masa pandemi.

Melalui program #MelonIndonesiaBerbagi memberikan donasi sebesar Rp. 150.000.000,- untuk mereka yang berprofesi sebagai crew dan road manager panggung yang dititipkan melalui organisasi Road Manager Indonesia (RMI) yang diwakilkan oleh Abdul Aziz dan Tommy Prasetyadi.

Serta untuk merespon dengan cepat perkembangan peristiwa belakangan ini, #MelonIndonesiaBerbagi juga memberikan donasinya sebesar Rp. 150.000.000 yang disalurkan Langit Musik melalui MNC Peduli untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12) lalu.

"Semoga seluruh saudara kita yang terdampak erupsi diberikan kekuatan, ketabahan menghadapi musibah serta selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa," sambut Dedi Suherman, secara simbolik menyerahkan donasi kepada Jessica Tanoesoedibjo selaku ketua MNC Peduli.

IMA 2021 yang rencananya akan digelar setiap tahun, diharapkan akan menjadi salah satu barometer kemajuan musik di tanah air. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya