Inilah Album Dewa 19 yang Menurut Ari Lasso Jadi Lompatan Besar Skill Bermusik Ahmad Dhani

Jumat, 12 November 2021 | 17:57
YouTube/ Ari Lasso TV

Ari Lasso (Kiri) & Ahmad Dhani (Kanan)

HAI-Online.com – Ari Lasso menyebut salah satu album yang jadi lompatan terbesar bagi Ahmad Dhani. Menurut eks vokalis Dewa 19 tersebut, Ahmad Dhani benar-benar mengalami leap of skill saat mereka menggarap album ‘Terbaik Terbaik’ yang dirilis 26 tahun silam tersebut.

“Di album Terbaik Terbaik itu menurutku Dhani mengalami leap of skill, lompatan keahlian,” ungkap Ari Lasso, mengutip channel YouTube Video Legend.

Berbeda dari dua album sebelumnya di mana para personel Dewa 19 selalu meramu materi dulu sebelum mulai menggarap materi, Ari Lasso menyebut di album ini Ahmad Dhani udah bener-bener tahu apa yang dia mau.

“Karena di album sebelumnya dari album satu, dua, kita masih sering workshop sering ngobrol-ngobrol bicarain aransemen,” ujar Ari Lasso.

Baca Juga: Lagu 'Rahasia Perempuan' Awalnya Bermakna 'Jorok', Ari Lasso: Sebenernya Ada Lirik yang Dibuang

Jadi bisa dibilang, para personel Dewa 19 saat itu tinggal merealisasikan ide yang udah Dhani persiapkan.

“Tapi di album Terbaik Terbaik ini kita diundang ke Jakarta sama Dhani semuanya, musik dasarnya itu udah ada di kepala Dhani dan Dhani memastikan drummernya harus Rere,” kenangnya.

Di sisi lain, hal itu membuat Ari Lasso dan personel lainnya nggak bisa membayangkan bakal seperti apa hasil jadi album Terbaik Terbaik.

“Ada satu lagu yang bener-bener kita nggak tahu endingnya kayak bakal jadinya gimana itu ‘Hanya Satu’,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan proses penggarapan lagu tersebut yang dinilainya berbeda dari biasanya.

“Karena dari depan Andra cuma disuruh main gitu… Tengtengteng. Rere ternyata mengisinya dengan beberapa kali take, istilahnya ditambahin-ditambahin. Dubbing,” jelasnya.

Baca Juga: Dewa 19 Nggak Mentok di Satu Genre Aja, Ahmad Dhani: Karena Musikku Beragam!

Rere yang sampai harus dubbing berulang-ulang pun sampai membuat dirinya nggak tahu gambaran lagu jadinya.

“Jadi take pertama rere cuma brass sama kick misalkan. Yang kedua dia itu take hi-hat doang. Terus kemudian take berikutnya ada take yang cuma pakai tomtom-nya doang. Dan itu aku bener-bener kayak, ‘Lagunya bakal kayak apa nih si Dhani’,” ungkap Ari Lasso.

Namun setelah semua take selesai dan ia mendengar hasil jadinya, Ari Lasso menyebut lagu ‘Jalan Kita Masih Panjang’ merupakan lagu yang keren banget, bahkan untuk Dewa 19 sendiri!

“Ternyata semua udah direkam dan salah satu yang menurutku fenomenal itu ‘Jalan Kita Masih Panjang’. Karena kita nggak ngerti sama sekali endingnya bakal gimana. Ternyata jadinya di belakang tuh banyak aransemen yang nggak standar buat ukuran Dewa saat itu,” beber Ari Lasso.

Sebagai vokalis, ia juga merasa di lagu ini Ahmad Dhani bener-bener mengarahkan dirinya untuk bisa merealisasikan ide yang ada di kepalanya.

“Nyanyinya juga bener-bener diarahkan. Aku nggak ada bayangan nyanyi sama sekali kalau kayak Kamulah satu-satunya, Satu Sisi, itu nyaris ya, ya kayak begitu nyanyinya, ungkapnya.

Ia menambahkan, “Tapi kalau di Jalan Kita Masih Panjang itu Dhani bener-bener ngarahin, ‘Belakangnya begini, nadanya begini, karena memang nggak kebayang buat aku saat itu,” pungkas Ari Lasso.

Baca Juga: Inilah Lagu Dewa 19 yang Ahmad Dhani Ciptain Khusus untuk Ari Lasso di Album Bintang Lima

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya