Follow Us

Kenapa Ya Susu Warnanya Putih? Pakar IPB Jelasin Penyebabnya

Dok Grid - Jumat, 08 September 2023 | 14:45
Ilustrasi segelas susu murni
Wikimedia

Ilustrasi segelas susu murni

HAI-Online.com - Kalian pernah nggak sih bertanya-tanya gitu kenapa ya susu kok warnanya putih, kenapa bukan warna lain? Hmmm... memang sih kalo dipikir-pikir susu itu kebanyakan berwarna putih, mungkin yang nggak berwarna putih itu yang udah diberi rasa lain seperti moka atau stroberi.

Nah, perlu kalian ketahui nih ternyata ada penjelasan ilmiahnya loh kenapa susu itu berwarna putih. Melansir Kompas.com, menurut Pakar Ilmu Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Eny Palupi, dari berbagai jurnal yang dibaca dan hasil studinya, kandungan susu sebanyak 87 persen adalah air.

"Sisanya adalah total padatan sekitar 13 persen berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh," ujar Eny di kanal YouTube IPB TV.

Berbagai sumber menyebutkan, warna putih pada susu disebabkan karena susu memantulkan semua panjang gelombang yang terlihat. Karena sifat pantulannya ini mengakibatkan susu nggak bisa menyerap warna apapun dan memantulkan warna.

Eny berpendapat, susu warnanya putih itu karena semua komponen menyatu dan membentuk komponen koloid, emulsi yang sangat baik. Jadi kalo kena cahaya, komponen itu bersifat memantulkan semua cahaya atau spektrum cahaya.

Baca Juga: Nggak Lama, Puasa Medsos 30 Menit Setiap Hari Bakal Mengurangi Kecemasan dan Kesendirian

"Semua spektrum cahaya, seperti di pelangi ya, mejikuhibiniu. Semua terpantulkan sehingga ketika terkena oleh mata menghasilkan warna putih," kata Eny.

Nah untuk susu yang warnanya putih kekuningan, ternyata juga ada penyebabnya. Warna pada susu murni ini tergantung kandungan lemak dan protein yang ada pada susu. Ternyata pakan ternak juga mempengaruhi warna susu. Kalo pakan ternaknya tinggi beta karoten, maka susu yang dihasilkan akan berwarna sedikit kekuningan.

Perlu kalian ketahui juga nih kandungan susu itu 87 persen adalah air dan mudah terserap oleh tubuh. Makanya karena mudah diserap tubuh, susu dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin agar menjaga tubuh tetap sehat juga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Susu Berwarna Putih? Ini Penjelasan Pakar IPB"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest