Wawancara Eksklusif Mr. Jarwo: Album Solo Gue Nanti Bakal Naif Banget!

Rabu, 01 September 2021 | 07:05
Dok. Jarwo

Jarwo yang kini dikenal dengan nama Mr. Jarwo

HAI-ONLINE.COM - Beberapa bulan diterpa dengan polemik dan kabar yang kurang mengenakkan dengan band lamanya Naif, tak membuat seorang Fajar Endra Taruna menjadi kontra produktif.

Meski dengan sabar masih menunggu kejelasan kabar tentang band yang membesarkan namanya tersebut, rocker yang lebih dikenal dengan nama Jarwo - kini Mr. Jarwo - ini tetap menuangkan ide-ide kreatifnya lewat sebuah karya terbaru.

Karya single bertajuk 'Anti Rebahan' yang telah dirilis tepat di hari kemerdekaan RI ke 76 (17 Agustus) kemarin menjadi single pembuka untuk album solonya yang juga berjudul sama dengan lagu tersebut.

Baca Juga: Rilis Single Solonya, 'Anti Rebahan', Jarwo: Masih Ada Aroma NAIF Meski Gue yang Nyanyi

Album solo ini dibuat oleh Mr. Jarwo dengan mendaur ulang materi-materi yang dinilainya masih sangat terasa vibe Naif-nya.

Coba lo simak dulu video klip 'Anti Rebahan' di bawah:

Berbicara dengan HAI sore hari ini (31/08), Mr. Jarwo mengungkapkan kalo materi-materi yang ada dalam album ini emang merupakan bentuk tanggung jawab dari dirinya untuk para penggemar Naif yang penuh harap untuk kelanjutan dari Naif.

Baca Juga: Jarwo: Album 'Anti Rebahan' Memang Gue Persembahkan untuk Fans Naif

Simak percakapan lengkapnya di bawah:

Dengan lugas namun tangkas, Mr. Jarwo seraya berujar, "Sebenernya ya sejak gue ngeluarin statement beberapa bulan lalu, gue masih nungguin apa titik terangnya untuk band ini (Naif)," jelasnya.

Berisikan total 8 lagu, album solo yang akan hadir via rilisan fisik pada minggu pertama September 2021 ini seakan menjadi sebuahobat rindudari Mr. Jarwo untuk para penggemar Naif.

Meski nggak pernah begitu vokal dalam bercerita, Mr. Jarwo seperti lantang berujar kalo dirinya tidak sampai hati untuk membiarkan nama Naif dan penggemarnya hilang begitu saja.

"Faktor dan inspirasi utama tentu murni dari keinginan para penggemar aja sih. Banyak penggemar yang masih pengen Naif lanjut tentu saja. Namun ketimbang nunggu gonjang-ganjing yang nggak ada juntrungannya, mending gue buatin aja sendiri satu album sekalian rilisan baru yang masih Naif banget," tegasnya sekali lagi.

Baca Juga: Jarwo Klarifikasi 'Bubarnya' Naif: Belum Bubar, Berempat Belum Sepakat Semua!

"Semua materi di album ini gue buat dengen pendekatan yang sama dengan Naif lakukan sebelumya. Progresi lagu, tatanan suara, danpenulisan lirik gue buat semirip mungkin sama yang pernah gue lakukan bareng Naif, karena udah hafal juga polanya," ujarnya menjelaskan proses kreatif di lagu ini.

Melaluisingle solo terbarunya ini, Mr. Jarwo semakin menambah kesan "seniman sejati" yang dibangunnya melalui portofolio seniyang berlimpah.

Selain dikenal sebagai gitaris ulung, Mr. Jarwo juga cukuppiawai dalam merambah seni fotografi, videografi, dan juga desainer interior.

Berpikir serba kreatif adalah pedoman abadi dari hidup seorang Mr. Jarwo yang telah malang melintang di dunia kreatif sejak puluhan tahun silam.

Baca Juga: Bosen Daring? Berikut 5 Aktivitas D.I.Y yang Bisa Cegah Alami Cabin Fever

"Tentu kadang kita pernah mengalami momen yang sama sekali nggak kreatif. Tapi ketika mengalami momen tersebut, gue selalu berpikir kreatif untuk menjadi kreatif," jelasnya menguraikan sumber kekreatifannya.

Pesan ini secara nggak langsung juga tertuang dalam 'Anti Rebahan' yang menjadi tajuk single dan album solonya nanti.

Secara lugas dan sederhana, 'Anti Rebahan' mengajak para pendengar untuk tetap berproses dan produktif, sesuai dengan apa pun yang disenangi, tanpa berusaha untuk menjadi orang lain.

Terdengar klise dan sangat sederhana memang, tapiemang Mr.Jarwoadalah sosok yangjago bangetuntuk ngerubahhal sederhana menjadi barang mewah. Itulah peran dari seorang seniman sejati. Gimana fren, setuju nggak?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya