Bosen Daring? Berikut 5 Aktivitas D.I.Y yang Bisa Cegah Alami Cabin Fever

Senin, 30 Agustus 2021 | 19:05
HAI

Ilustrasi bosan daring

HAI-ONLINE.COM -Pernah nggak sih kalian ini ngerasa kalo berinteraksi dengan sesama manusia ini sungguh menguras energi dan waktu sampai jadi lelah maksimal? Kalo merujuk ke istilah sekarang sihini dinamainmentally breakdown / mentally drained gitu, deh.

Berhubung kondisi dan dampak dari pandemi saat ini belum mereda, banyak pertemuan seperti sekolah, kelas, dan bahkan konser, dilakukan secara daring.

Alhasil, makin banyak deh individu yang kehilangan kemampuan kognitif untuk bersosialisasi dengan sesama-nya.

Baca Juga: Diskoria Ajak Kristo Immanuel untuk Rangkum Film-Film Keren Indonesia

Meski kita masih bisa ketemu secara virtual, nggak jarang kalo akhirnya hubungan antar manusia secara langsung jadi terkesan makin canggung. Belum lagi ditambah faktor mager yang biasanya juga jadi alasan terbesar.

Sebenernya sah dan normal aja kok kalo punya kecenderungan tersebut, terutama untuk menyimpan energi yang bisa lebih kita gunakan untuk hal yang positif. Bikin konten TikTok mungkin? Minjem istilah populer sekali lagi deh: Remember, love ourself is our priority, kan?

Namun dengan rutinitas yang bener-bener sama dan kalian ulang selama beberapa tahun di tempat yang sama; nggak semua orang kuat utnuk ngontrol dan betah dengan kondisi ini, terutama yang emang perlu diskusi kayak kalian para pelajar dan mahasiswa!

Untuk itu, para peneliti medis memunculkan sebuah urgensi dan kewaspadaan baru yang saat ini kita kenal dengan nama Cabin Fever.

Sebelum masuk ke solusi untuk mengatasi problem, kita harus mengenal lebih dulu masalahnya. Kalian ngerti nggak apa itu Cabin Fever? Simak dulu deh gejala-gejalanya di bawah:

Umumnya gejala Cabin Fever ini nggak terpaku pada rasa bosen aja. Tapi bayangin aja, rasa bosen itu harus tertahan dan kalian nggak bisa ngeluapinnya?

Maka, gejala-gejala mendasar seperti gelisah, demotivated, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi, pola tidur nggak teratur, lemah dan lesu, serta turunnya rasa percaya pada orang di sekitar adalah rentetan gejala yang mulai harus diwaspadai fren.

Beberapa orang mungkin akhirnya bisa menemukan “distraksi” yang tepat di dalam rumah, tapi perlu diingat kalo sebagian dari kita juga pasti mengalami kesulitan untuk menghadapi hal tersebut.

Baca Juga: Cegah Capek Akibat Keseringan Belajar Online dengan 4 Cara Ini

Kalo lihat gejala-gejala di atas? Kayaknya HAI kok yakin semua orang pernah ngalain ya? Untuk itu, simak deh 5 Aktivitas D.I.Y (do it yourself) ala HAI untuk atasi rasa bosan di rumah biar nggak kena Cabin Fever! Simak sampe abis fren!

Belajar Memainkan (Membuat) Instrumen Musik

Deden Noy/YouTube

Deden Noy dengan drum set DIY-nya

Kita semua tau lah kalo main musik dan kolaborasi antar musisi jadi salah satu langkah strategis untuk menumpahkan semua rasa nggak nyaman di tengah kebosanan lockdown.

Belum punya band? Nggak punya alat musik? Jangan khawatir, ajak orang di sekitar kalian buat ngemanfaatin barang nggak kepake di sekitar buat dijadikan alat musik.

Nggak usah jauh-jauh ambil contoh deh, lo pada inget kan sama Deden Noy? Yoi, drummer viral asal Bengkulu ini adalah salah satu contoh pemuda yang bisa keluar dari segala keterbatasan.

Nggak tanggung-tanggung, buah dari skill ngedrum dan drum-set D.I.Ynya, Deden sampe dinotice oleh Mike Portnoy dan dihadiahi drum set baru!

Tunggu apa lagi dah, segera mulai aktivitas musik kalian.

Karaoke Karo Koe

Wikimedia

Karaoke Setup

Baiklah, tinggalkan semua perkakas bekas kalo kalian emang kurang terampil untuk bikin alat musik sendiri.

Masih ingin mengasah kemampuan dan naluri myuzique? Tentu bernyanyi adalah jalan satu-satunya yang paling gampang.

Biar asik dan bisa ngajak orang lain, karaokean tentu adalah langkah yang tepat. Apalagi kalo karaoke karo koe (sama kamu).

Apa langkah yang bisa dilakukan kalo kalian nggak punya teknologi mutakhir buat karaokean?

Tenang, kalian hanya butuh berinvestasi di TV, mixer, microphone, koneksi internet, dan perkabelan untuk merangkai setup karaoke kalian sendiri di rumah. Lengkapnya check video di bawah deh:

Selain mudah, bikin set up begini berguna banget sehingga ke depannya kalian nggak perlu lagi repot-repot bayar mahal ke tempat karaokean hanya untuk mendengarkan suara sumbang dari kalian sendiri.

Membuat Mie Instan Sendiri

Wikimedia

Mie Instan

Emang cliché sih. Pun kalian juga pasti udah tahu kalo salah satu cara paling konvensional untuk makan gampang di rumah adalah dengan makan mie instant.

Bukan hanya jadi menu favorit semua kalangan, mie instan juga gampang bikinnya dan rasanya aman banget.

Nah, untuk mencari pengalaman lain sekaligus mendapatkan keringat; coba sekali-kali kalian bikin deh tuh mie instan sendiri.

Bukan berarti kalian beli mie instant jadi di warung terus ngerebus sendiri ya, melainkan kalian harus bikin mie instan from scratch.

Mulai dari adonan tepung hingga bumbunya kalian bisa coba bikin sendiri. Cobain deh, selain bisa menantang daya jelajah pikir, masak mie instan dari awal bisa melatih kalian untuk berproses dan bersabar.

Tenang aja, ini HAI udah nemuin video tutorial dan resepnya buat kalian jiplak ya. Jiplak-jiplak dah tuh kalo betah, dijamin anti bosan!

Memulai Bangun Peternakan Sendiri (Semut)

Wikimedia

Ilustrasi Ternak Semut

Siapa bilang bikin peternakan butuh modal dan lahan gede? Saat ini, mending kubur dalam-dalam imajinasimu lebih dahulu untuk memiliki lahan ratusan hektar dengan sapi dan kambing yang merumput dengan bahagia.

Bukannya melarang untuk bermimpi, tapi pepatah selalu bilang kalo mulailah sesuatu dengan hal paling kecil untuk menjadi hal yang besar.

Apa langkah yang bisa dimulai? Dengan memanfaatkan hewan sekitar seperti semut, kalian udah bisa bikin koloni sendiri yang sangat menguntungkan.

Selain bisa mengatasi rasa bosen lo di rumah, siapa tahu dengan memulai untuk ngebangun peternakan semut lo sendiri, itung-itung lo juga jadi belajar gimana caranya mengurus hewan ternak yang lebih gede di masa depan.

Tidak ada yang tidak mungkin, fren.

BikinPeta Destinasi Travelling di Masa Depan

Wikimedia

Ilustrasi Pemetaan Destinasi Wisata

Masa pandemi yang membuat kita nggak bisa kemana-mana bisa mengilhami kita untuk belajar lebih dalam tentang berbagai hal.

Buat yang suka traveling, inilah waktu yang tepat bagi kalian untuk berangan-angan danmemetakan destinasi wisata kalian di masa depan.

Apa yang kalian butuhkan untuk aktivitas ini? Tentu saja cuma peta, buku catetan/notes di handphone buat nulis, dan imajinasi yang tinggi. Gampang kan?

Baca Juga: Viral Video Naik Kereta Mewah Bandung-Jakarta Seharga Rp25 Juta, Ini Faktanya

Gimana fren? Cobain dulu 5 aktivitas D.I.Y di atas untuk atasi rasa bosen kalian yang ngedekem terus di rumah. Semoga berguna dan cocok dengan kegemaran lo semua ya. Kalo pun emang nggak cocok, .

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya