7 Band Indonesia Buat Didengerin Kalo Lo Suka Misfits dan Hal-Hal Seram

Jumat, 12 Maret 2021 | 19:09
Los Angeles Times

Misfits

HAI-Online.com - Banyak band di Indonesia, terutama band-band arus samping, yang mengusung konsep yang antimainstream, seperti misalnya, atribut manggung hingga lagu-lagu bernuansa.

Kalo di Amerika Serikat sana, ada band Misfits yang lagu-lagunya berhasil menggaet fans dari kalangan pecinta film horor dan musik punk.

Buat lo yang suka style kaya gini pada sebuah band, Indonesia tampaknya bebearapa nama, nih.

Baca Juga: Kalo Suka Vincent and Desta Show, Lo Wajib Tau MTV Bujang yang Nggak Kalah Ancur. Begini Kegilaan Syutingnya

1. Kelelawar Malam

Sebagai band yang memainkan musik horror punk, letak ke-horroa-an band ini bukan pada kostumnya. Sebab, pakai kostum aja mereka pun nggak.

Sisi horor band yang eksis sejak 2007 ini mungkin lebih ke musik horror punk a la Misfits hingga sentuhan visual dalam promosi mereka. Cover CD sampai promo visual mereka aja umumnya kayak gini.

2. Kuburan

Mengedepankan pesona yang komikal, kuburan band konsisten dengan riasan wajah di masing-masing muka personilnya sejak album pertama mereka di tahun 2006.

Di sisi lain, Priya (vocal), Donny (gitar), Raka (gitar), Denny (bas), Dino (drum), dan Udhe (kibor) memang menamakan bandnya Kuburan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Rock Muda Indonesia Buat Lo Fans Sonic Youth dan Nirvana

dok. @bandkuburan

Aksi panggung Band Kuburan

Tapi faktanya mereka nyeremin sama sekali. Judul album populer mereka aja 'Booming!!!: be are the kill young pen think gun thank'.

3. Bvrtan

dok. Facebook Bvrtan

Bvrtan

Mungkin kalian bakalan tertawa kecil pas ngebaca judul lagu dari Brvtan, tapi setelah didengerin kita akan serasa dibawa ke kebun kegelapan meskipun jika diperhatiin liriknya juga sedikit lucu sih.

4. Sarasvati

@sarasvatimusik

Sarasvati

Nah, kalo lagu Bilur ini terinspirasi dari kisah nyata dari seorang wanita yang meninggal ketika mengandung 8 bulan dan arwahnya mendatangi sahabatnya untuk bercerita soal kepiluan hidupnya.

Cerita dari arwah inilah yang kemudian diangkat menjadi lirik Bilur, dan udah pasti bakal bikin bulu kuduk merinding ketika mendengar lagu dari Sarasvati ini.

Baca Juga: Cerita dan Rahasia Ariel NOAH Gonta-Ganti Personil Peterpan di Masa Gap Year Kuliah

5. Rabu

Musik horor kayaknya nggak harus selalu metal. Kayak band bernama Rabu. Band asal Yogyakarta ini menebar nuansa horor dari lirik dan musik, serta bentuk visualnya.

Contohnya, album debut mereka, Renjana dikemas dalam wadah sesajen. Kurang serem apa coba?

dok. Rabu (Facebook)

Album musik Rabu

6. Pelteras

Ketika mendengarkan lagu dari band yang dibentuk pada akhir tahun 2015 ini, kita akan disajikan musik dengan nuansa punk yang dicampur dengan pengaruh metal, apalagi suara sang vokalis, Techa Auerellia semakin membuat masuk ke dalam kegelapan.

7. Makam

Terbentuk sejak 1995 di Kota Solo, Makam adalah unit seram yang mengedepankan kombinasi unsur nada dasar metal dengan nada pentatonik khas Pulau Jawa.

Makam menjadi salah satu band yang memelopori gelombang JBM ini juga kerap memadukan instrumen etnik seperti gamelan dan kendang dalam setiap penampilannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Black Metal Indonesia dengan Pengaruh Kejawen

Digawangi oleh Kalabintalu di departemen vokal, Agyl dan Jomboth Androsarkas di gitar dan Julios Kamadath sebagai pemegang drum, Makam telah meluncurkan berbagai rilisan yang tergabung dalam banyak kompilasi metal, serta berhasil merilis album penuh pada 2001 silam dengan judul "Makabre Amuletha". (*

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya