5 Rekomendasi Band Thrash Metal Indonesia Terbaik dari Lintas Generasi

Selasa, 02 Maret 2021 | 11:15
Instagram / @headcrushersby

Headcrusher

HAI-Online.com -Turunan musik metal yang satu ini diyakini sebagai salah satu yang paling klasik. Bergulir sejak akhir era 70-an, musik thrash metal di Indonesia menjadi gerbong masukgelombang sub-genre metal lain yang masuk ke tanah air.

Dikomandoi oleh era Sucker Head ataupun Rotor yang kerap menggelar panggung mereka di Bilangan Pondok Indah,JakartaSelatan, thrash metal mulai mendapatkan porsi perhatian lebih dari para penggemar musik keras di Indonesia.

Baca Juga: Band Heavy Metal Trivium Bakal Manggung di Hammersonic 2020

Kalo kamu suka banget dengan musik metal yang identik dengan rambut gondrong dengan riff gitar yang sangat rumit dan berbobot.

Untuk itu, simak 5 rekomendasi band thrash metal asal Indonesia yang berasal dari lintas generasi berikut. Hajar!

Sucker Head

Discogs

Sucker Head

Sucker Head awalnya terbentuk oleh para mahasiswa yang menggemari Kreator da

Bandyangdipentili oleh almarhum Krishna J. Sadrach ini dikenal dengan musiknya yang terinfluence Kreator dan Sepultura.

Krishna sendiri mengakui kalo dia membentuk band ini gara-gara "terbakar" semangatnya setelah mendengarkan album Kreator yang berjudul "Extreme Aggression".

Baca Juga: Queen Rilis Mobile Game, Lo Bakal Ngerasain Momen-momen Legendaris Mereka

Sucker Head seringkali didapuk menjadithe godfather of Indonesian Thrash Metal, berkat jasanya yang memelopori subgenre musik ini di Indonesia.

Rotor
HAI

Rotor

Rotor terbentuk dari bentukan Irfan eks. Sucker Head yang merasa ingin mengeksplor kemampuan musiknya dengan cara yang lebih keras dan metal. Dibekali konsistensi dan keuletan, Rotor punsukses terpilih menjadi pembuka konser Metallica selama 2 hari di Lebak Bulus, Jakarta pada 1993. Amerika Serikat juga pernah menjadi jujukan mereka untuk melanglang buana dan mengadu nasib di sana.

Beberapa tahun ke belakang, debut album mereka, "Behind The 8th Ball", dirilis dalam format vinyl oleh Elevation Records.

Baca Juga: 5 Band Rock yang Sukses Diorbitin Basis Fall Out Boy Pete Wentz

Dan belum lama ini, sang pendiri sekaligus motor utama mereka, Irfan Sembiring, meninggal dunia dan membentuk sebuahlegacysejati bagi sejarah musik metal di Indonesia.

Metallic Ass

Dok. Metallic Ass

Metallic Ass

Jika melihat nama dari band ini, maka mungkin kamu akan langsung mengafiliasikan kalo mereka adalah bentuk parodi dari bandthrashmetal Metallica.

Namun jika mendengarkan musik yang mereka mainkan, Denizone (Bass & Vokal), Bable Sagala (Drum), & Danny Arifiyanto (Gitar) meleburkan komponen ekstrim dari musik thrash metal yang ciamik.

Metallica, Slayer, Anthrax, hingga D.R.I menjadi asupan utama bagi materi-materi yang dikaryakan oleh Metallic Ass. Demo dan album penuh berjudul "Thrash Metal 1983" pada 2009 dan 2011 lalu adalah bukti kecintaan mereka pada varian musik metal ini.

Mereka kemudian kembali merilisalbum penuh berjudul "Agriculture Thrash" 2015 lalu. Tak lama berselang single "Kedaulatan Metal" kembali dilepas pada 2018.

Baca Juga: Panduan Memahami Beda Musik Metal dengan Hardcore Versi Burgerkill

Headcrusher

Instagram / @headcrushersby

Headcrusher

Dalam bio media sosialnya, band ini menyebut dirinya sebagai band paling se-thrash se Surabaya. Memang nggak mengherankan, karena memang jarang sekali band di Surabaya yang memainkan musik seperti Headcrusher.

Diambil dari judul lagu Megadeth dengan judul "Head Crusher", Headcrusher terbentuk sejak tahun 2010 di Surabaya.

Memainkan elemen musik dengan riff tebal yang rumit, Headcrusher juga memasukkan unsurcrossover thrash macam D.R.I ataupun Municipal Waste pada musiknya.

Baca Juga: Peserta Termuda, Kirana Putri Pulang dari Panggung Indonesian Idol Special Season

Fakecivil

Instagram / @fakecivil

Fakecivil

Kiprah Fakecivildalamscenethrash lokal sebenarnya bukan nama baru, mereka sudah terbentuksemenjak petengahan 2008 oleh Lody Andrian, Dennis Destryawan, Paulus Tandiarto, dan Dimas Satrio di Kota Bekasi.

Sejak itu, Fakecivil telah banyak menghiasipanggung-panggung di ibu kota dengan membawakan lagu-lagu sendiri dan lagu cover heavy metalklasik.

Belasan tahun berselang, Fakecivil sukses menelurkan debut album perdana mereka "Resistensi Musik Bejat" pada Februari 2020 sebelum pandemi menyerang.

Itu dia fren, komplotan para pemuda gondrong yang sukses mendapuk namanya dan terpilih sebagai 5 rekomendasi band thrash metal Indonesia terbaik yang muncul di berbagai lintas generasi. Mana nih menurutmu yang paling gokil? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya