7 Rekomendasi Band Hardcore Punk Asal Depok Jebolan Scene 'DCHC'

Sabtu, 20 Februari 2021 | 15:25
HAI

Paper Gangster

HAI Online.com - Suka musik hardcore punk dan segala macam jenisnya? Tentu lo wajib kenal sama DCHC alias Depok City Hardcore, nih!

Yap! Depok menjadi salah satu kota yang melahirkan banyak band hardcore di Indonesia, dan tentunya melalui sebuah kolektif unik bernama DCHC.

Nah, buat lo yang mau mendalami skena musik hardcore lokal, lo bisa mulai ngulik dari band-band DCHC nih, sob!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Band Indie Rock Asal Medan, Segar dan Berbahaya!

HAI pun udah punya rekomendasi 7 band hardcore asal Depok buat lo.

1. Paper Gangster

Dibentuk pada tahun 1996, dedengkot hardcore ini lahir dari skena DCHC di Kota Depok, sebelum akhirnya menaklukan Jakarta dan kota-kota lain.

Mengalami perombakan formasi beberapa kali, Paper Gangster tercatat telah menelurkan tiga album titled pada tahun 2004, 2011, dan 2016.

2. Stride

Stride merupakan salah satu unit hardcore asal Depok yang berjasa menghidupi semangat musik undergroundIndonesia satu ini.

Meski absen menelurkan karya sejak 2018 lalu, lagu-lagu Stride selalu bisa jadi asupan lo yang doyan musik hardcore punk dengan distorsi nendangala The Exploited.

Baca Juga: Teka-Teki di Website Gojira, Kode Album Baru Bakal Rilis Tahun Ini?

3. A Thousand Punches

Veteran melodic hardcore Depok ini telah terbentuk sejak tahun 2005 lalum dan merilis debut album As They Felt The Fire pada 2007 di bawah Trueside Records.

ATP melanjutkannyadengan album kedua This Distance Is Completely Shattered pada 2012, dan Delusional Reflections di bawah naungan Armstetch Records pada 2018 lalu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Emo Asal Bandung yang Tumbuh dari Berbagai Generasi

4. Busuk

Lahir dari scene DCHC pada 2005, Busuk menjadi band metal ekstrim dengan roh punk dan diskografi panjang, terutama untuk rilisan kompilasi dengan sesama band lokal maupun internasional.

Kuartet pengusung crusty grindcore ini pun berhasil bangun dari hibernasi selama 6 tahun dengan album Worshipper di tahun 2020, dirilis oleh Lawles Jakarta Records.

5. Modern Guns

Tumbuh di scene DCHC (Depok City Hardcore), Modern Guns hadir dengan sound yang relatif lebih 'kalem' ala melodic hardcore.

Modern Guns telah mengantongi 3 album full length sejak terbentuk pada 2010 lalu, yakni Pure Love From The Black Heart(2014), The Place Where I Left You(2016) dan We Are Strangers After All (2019).

Baca Juga: One Direction Kembali Nongol di Media Sosial Jelang Anniversary Ke-10

6. Hurt 'Em

Hailing from Depok, Hurt ‘Em hadir sebagai nafas segar untuk skena musik hardcore punk.

Band yang terbentuk pada Juni 2015 ini mengusung genre grindcore dengan perpaduan riff-riff ala hardcore punk.

Di sisi lain, band yang merilis album pertamanya, Condolence,di bawah naungan Lawless Jakarta Records ini juga tampak memasukkan vibes melankolis yang unik, namun tetap terasa agresif.

7. Thinking Straight

Meksi udah bubar sejak 2016, Thinking Straight merupakan salah satu band hardcore DCHC yang patut diingat.

Mereka pun berhasil menelurkan album terakhir An Old Factoryyang menggebrak skena hardcore lokal pada tahun 2015 sebelum memutuskan buat bubaran.

Nah, sekarang lo udah tau kan apa aja rekomendasi band hardcore punk Depok? Menurut lo, mana yang paling keren? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya