Unik! 4 Video Musik Band Rock Ini Digarap dengan Konsep Animasi

Kamis, 21 Januari 2021 | 18:15
YouTube

Video musik Paranoid Android milik Radiohead

HAI-Online.com - Musik video merupakan visualisasi lagu yang mengiringi karya musik sehingga menjadi sebuah karya seni yang lengkap.

Sebagian band atau musisi membuat musik video yang menampilkan para anggotanya tengah bermain. Sebagian lainnya membuat film pendek berdasarkan lagu itu sendiri. Atau malah menggabungkan keduanya.

Namun belum banyakband atau musisi yang menggunakan animasi untuk video musik mereka--atau at least nggak sebanyak video musik non animasi.

Baca Juga: 6 Skater Profesional Yang Punya Band Rock, dari Indonesia pun Ada!

Selain karena proses produksi yang memakan waktu lebih lama, animasi bagi sebagian orang mungkin dinilai terlalu terkesan kekanak-kanakkan, apalagi buat band rock.

Meski begitu, sejumlah band rock mencoba berkesperimen dengan membuat musik video animasi. Hasilnya? Unik dan yang pasti memorable. Kalian bisa tanyakan pada temen otaku kalian.

Untuk itu, HAI merangkum 5 band rock yang menggunakan animasi untuk video musik mereka. Simak nih, guys!

1. Linkin Park - Breaking The Habit

Single kelima dalam album Meteora (2003) tersebut digarap oleh Kazoto Nakazawa, yang sebelumnya udah pernah bekerja sama dengan Quentin Tarantino untuk Kill Bill.

Baca Juga: Kena Gugatan, Band Tribut Pearl Jam Akhirnya Ubah Nama Jadi ‘Legal Jam’

2. Radiohead - Paranoid Android

Radiohead berkolaborasi dengan penulis serial animasi Robin Magnus Carlsson untuk membuat video musik khusus yang menampilkan karakter yang sangat disukai Thom Yorke dan Johnny Greenwood.

Carlsson menyulap kisah tentang Robin dalam melewati hari-harinya dan bertemu dengan semua jenis karakter bejat dan aneh. Sayangnya, beberapa adegan video tersebut kemudian disensor oleh MTV karena dianggap nggak sopan.

3. Pearl Jam - Do The Evolution

Video musik ini digarap oleh Todd McFarlane, kreator Spawn yang juga udah pernah ngerjain sejumlah desain cover dan video animasi buat musisi.

Saking epic-nya, 'Do the Evolution' yang diselesaikan dalam waktu 16 pekan dengan melibatkan hingga 100 artis komik ini pun sampai diganjar nominasi Grammy.

Baca Juga: 4 Band Indonesia Paling Berpengaruh yang Berasal dari Surabaya

4. Avenged Sevenfold - A Little Piece of Heaven

Lagu yang berkisah tentang sesorang kisah cinta yang gelap dari sepasang kekasih ini semakin mengena lewat video musik yang digarap oleh Rafa Alcantra.

Kalian yang saat itu nonton pasti sempat tergiang dengan adegan-adegan mengerikan yang muncul di 'A Little Piece of Heaven'. (*)

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Rock Indonesia Masa Kini Yang Bernuansa Jadul

Penulis: Hanif Pandu

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya