Nggak Pake Aplikasi Belajar, Bahasa Inggris Kamu Bisa Lancar dan Mantap dengan 7 Alat Sederhana Ini!

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:55

Nggak Pake Aplikasi Belajar, Bahasa Inggris Kamu Bisa Lancar dan Mantap dengan 7 Alat Sederhana Ini!

HAI-Online.com- Viralnya bocah yang nggak bisa bahasa Inggris versus YouTuber OmeTV, Fiki Naki yang jagospiklima bahasa asing, Bahasa Inggris tentu salah satunya, sehingga sampe bikin cewek Kazakhtan minta dinikahi adalah dua kejadian yangsaat ini bikin banyak masyarakat Indonesia mulai belajar Bahasa Inggris dengan lebih sungguh-sungguh lagi.
Baca Juga: Bocah di Meme 'Nggak Bisa Bahasa Inggris' Ditemukan, Kini Sudah Dewasa
Bahasa internasional ini emang menjadi modal kita untuk membuka wawasan lebih luas lagi, berteman lebih jauh lagi dan tentu saja kalo sudah lancar bisa ikutan berkomentar secara global di media sosial.
Belajar Bahasa Inggris itu nggak sulit tapi nggak bisa dibilang mudah juga. Jadi, jangan menyerah dulu kamu bisa belajar dengan lebih baik lagi.
Yang penting kamu harus tahu, kamu itu nggak perlu mengetahui seluruh kosakata yang ada di kamus. Dalam Bahasa Inggris, cuma sekitar 300 kata yang harus dihafal meliputi 65 persen bacaan dan penulisan sehari-hari. Artinya, Bahasa Inggris nggak sesulit yang kamu kira.
Tentunya selain kosakata (vocabulary), kamu juga tetap harus mempelajari tatabahasa (grammar) dalam suatu aturan bahasa.Tapi, nggak perlu ribet dan pusing dulu asa.
Baca Juga: Ternyata ini Dayana yang Viral, Cewek Kazakhstan yang Ingin Ajak Nikah Fiki Naki
Ada cara mudah untuk belajar bahasa ini lho, nggak perlu sampe buka aplikasi tambahan, cukup pakai alat yang udah sering kamu gunakan, dan berlatih di sana.
1. Pake Musik
Mungkin secara nggak sadar kamu udah belajar Bahasa Inggris saat mendengarkan lagu-lagu barat. Jangan cuma didengerin, doang ah!

Coba putar lagi musiknya, pilih lagu Bahasa Inggris favorit kamu, lalu dengerin liriknya. Ambil pulpen atau keyboard di komputer dan mulai latih kemampuanlisteningkamu dengan menulis ulang liriknya.

Jika sudah selesai, bandingkan dengan mengecek lirik asli di google dengan tulisan yang kamu kerjakan tadi. Kamu bisa menilai kemampuan Bahasa Inggris kamu berada di level berapa?

Latihan selanjutnya, pelajari arti dari lirik tersebut dengan coba menerjemahkan untuk memperluas kata-kata Bahasa Inggris kamu semakin nambah lagi.

Baca Juga: Lady Gaga Bangga Bawakan Lagu Kebangsaannya di Upacara Pelantikan Joe Biden

2. Pake Buku Bocah

Untuk pemula, mulailah dengan membaca buku anak-anak berbahasa Inggris. Selain dipenuhi gambar menarik, buku anak-anak umumnya pakai kosa kata dan tatabahasa dasar yang digunakan sehari-hari.

Kalo sudah agak mahir, beranikan diri untuk mulai membuka halaman buku dewasaseperti novel fiksi atau buku non fiksi yang kamu sukai.

PIXABAY/MOHAMED_HASSAN

Ilustrasi menonton tayangan Netflix

3. Pake Film
Karena latihan Bahasa Inggris nggak cuma untuk bisa menulis lirik dan membaca buku bacaan saja, ini saatnya kamu untuk lebih sering menonton film berbahasa Inggris agar bisa membuat kamu ngomong Inggris lebih natural dan lancar lagi persis seperti para aktor yang diidolakan.

Nah, hal ini udah dipermudah dengan menggunakan YouTube atau Netflix.

Namun untuk belajar Inggris, sebaiknya kamu mulai menonton film dengan tidak menyalakan tombolsubtitle.Apa bakal ngerti jalan cerita filmnya? Santai, kamu bisa memastikan tombolpausevideo setiap kali ada kalimat yang membingungkan kok.

Siapkan catatan juga, apalagi untuk film panjang, kalo ada kata baru bisa disimpan untuk sewaktu-waktu butuh memakainya.

Ulangi terus cara ini setiap hari. Walau menjenuhkan, proses ini terbukti efektif loh.

pixabay

rekomendasi 5 podcast keren di Indonesia

4. Pakai Podcast

Karena menonton film berbahasa Inggris kadang suka masih salfok sama adegan-adegan seru di layar, kamu bisa mulai nih memfokuskan obrolan panjang dengan cara yang kekinian, yaitu mendengakan podcast berbahasa Inggris.

Bahan podcast udah semamin banyak dan kian populer di kalangan anak muda Indonesia. Kamu bisa dengerin banyak hal, cerita komedi, olahraga, sains, hingga sosial budaya.

Lagian dengerin podcast, bisa kamu lalukan selagi mengerjakan berbagai aktivitas lainnya.

Sekali-kali coba dengarkan podcast Bahasa Inggris yang serius, mana tahu materinya bisa dipakai untuk bidang pekerjaan yang kamu sukai nanti.

Kamu bisa akses podcast berbahasa Inggris dengan mudah melalui Spotifyatau Apple Podcast. Mulai cari aja dulu, terus dengerin deh!

Baca Juga: Zara Larsson Umumkan dan Ceritakan Detail Album Barunya Poster Girl

5. Pake Cermin

Cermin, cermin tak pernah berdusta. Yap, ngomong Bahasa Inggris sendirian di depan cermin itu nggak aneh kok, latihan ini udah sering disarankan oleh para ahli public speaking untuk meningkatkan percaya diri seseorang.

Lakukan metode ini minimal 3 kali per minggu selama 15 menit. Secara nggak sadar, bahasa Inggris kamu akanimprove!

6. Pake Medsos

Masih inget kejadian IG LIVE Zayn Malik disapa "Mamang" sapa Rizky Febian dan akhirnya mereka sapa-sapaan, deh? Nah, kamu juga bisa manfaatkan obrolan digital di medsos untuk saatnya menunjukkan diri kalo kamu ngerti obrolan bule. Kamu bisa berinteraksi tanpa cuma bilang oke, yes, no doang!

Kiram/HAI

Temen-temen dari SMAN 3 Jakarta ikut berjualan di PL Project

Baca Juga: Temen Baru Aja Putus? Jangan Bilang Hal Ini ke Sohib Lo Pas Lagi Patah Hati

7. Pake Temen

Udah latihan nulis, baca, nonton dan dengerin orang ngobrol pakai Bahasa Inggris, ini saatnya kamu chit chat langsung sama temen yang juga punya kemampuan Bahasa Inggris. Nggak punya temen, duh jangan sedih juga dong banyak temen maya lho di internet.

Banyak kok orang di dunia yang juga lagi belajar Bahasa Inggris, kamu bisa sama-sama menghubungi, kenalan dan ngobrol. Asal tetap hati-hati, jangan sampaikan informasi yang pribadi. Ngobrol sewajarnya aja ya!

Selamat belajar Bahasa Inggris lagi. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya