5 Lagu Terbaik Children of Bodom Sepanjang Masa Pilihan Alexi Laiho

Selasa, 05 Januari 2021 | 11:00
Wikimedia

Alexi Laiho - Children of Bodom

HAI-ONLINE.COM-Penggemar musik keras di seluruh dunia terhenyak dengan berita duka dari Alexi Laiho, pentolan Children of Bodom yang meninggal dunia mendadak pada 4 Januari 2021 kemarin di usianya yang ke- 41.

Sejak terbentuk di tahun 1993, band asal Espoo, Finlandia ini sukses menjadi salah satu band metal yang memiliki dampak besar bagi skena metal internasional.

Baca Juga: Vokalis Children Of Bodom Meninggal Dunia Secara 'Mendadak' di Usia 41

Total sembilan album studio, ditambah beberapa album live, kompilasi, EP dan rilisan lain berhasil ditelurkan oleh mereka.

Band ini mengeksplorasi berbagai ramuan dari death metal, power metal, neo-klasik dan thrash, sehingga akan terus diingat sebagai salah satu band asal Finlandia yang paling menjual.

Dengan begitu banyak lagu dalam berbagai gaya musik yang dapat dipilih, seperti apa daftar 5 lagu terbaik mereka? Dilansir dari Louder, berikut adalah lagu-lagu terbaik dari Children of Bodom yang dipilih langsung oleh sang founder, Alm. Alexi Laiho.

DEADNIGHT WARRIOR (Something Wild, 1997)

Lagu ini merupakan track pertama dari album pertama mereka yang otomatis menjadi sangat berarti bagi band dan Alexi Laiho sendiri. Pengalaman pertama merekam album yang didanai dari kantong sendiri tanpa dukungan dari Label besar adalah sebuah pencapaian tersendiri.

Meskipun menurut Alexi lagu ini adalah salah satu yang paling dibenci oleh fans mereka, namun kesan yang dihadirkan dari lagu ini tentu sangat membekas. Selain itu, dirilisnya lagu ini juga menandai dikontraknya Children of Bodom oleh Spinefarm Records.

DOWNFALL (Hatebreeder, 1999)

Menurut Alexi, album “Hatebreeder” diproduksi secara jauh lebih matang dan professional dibandingkan “Something Wild”, serta menghabiskan waktu yang lebih lama dalam proses penggarapannya demi hasil yang maksimal.

“Downfall” merupakan single kedua dari album ini setelah „“Children of Bodom“ yang mana pada album ini juga menandai tour Eropa pertama Children of Bodom dan berhasil membentuk fanbase yang cukup besar.

“Downfall” sangatlah menyenangkan untuk dibawakan di atas panggung dengan energi dari fans dan band yang sangat menyatu.

HATE ME (Follow the Reaper, 2000)

“Lagu ini juga selalu berhasil saat dibawain live, dan lagu ini adalah single yang benar-benar meraih platinum di Finlandia, sangat membanggakan. Lagu ini wajib untuk masuk tiap setlist kami tiap manggung, karena sejak intro seluruh orang pasti akan berkumpul ke depan panggung, Keren!Ketika pertama kali rilis, vibe yang dihasilkan sangatlah berbeda dengan apa yang kami pernah rekam sebelumnya. Bagi saya, ini lebih merupakan lagu rock 'n' roll daripada death or black metal, dan itu memberi kami arah baru untuk masuk. “Hate Me” adalah lagu pertama kami yang menangkap vibe rock 'n' roll itu. " pungkas Alexi kepada Louder.

NEEDLED 24/7 (Hate Crew Deathroll, 2003)

“Saat album pertama direkam, kami sedang di usia 17⁄18an tahun, saat kami masih mencari identitas kami. Baru setelah Hate Crew Deathroll kami menemukan diri kami sendiri. Needled 24⁄7 sangatlah cepat dan berat, ngehe!.

Alexi menyeritakan kepada Louder kalo riff-riff dan vokal yang dihasilkan di lagu sangatlah catchy, suka atau nggak suka lo pasti akan nempel setelah dengerin lagu ini. “Lagu ini juga yang membuat album kami terkenal di Amerika, dan kami akhirnya melakukan tur Amerika dengan album ini. Jadi ini adalah lagu yang sangat penting bagi kami. ”, tegasnya.

LIVING DEAD BEAT (Are You Dead Yet ?, 2005)

Bisa dbilang album ini sangatlah sukses bagi Children of Bodom, di mana para penggemar tersebar dan mereka berhasil naik turun panggung ke seluruh Eropa, Amerika Serikat dan Jepang.

Bagaimanapun, “Are You Dead Yet?” adalah salah satu album terlaris dari Children of Bodom, dan Living Dead Beat merupakan salah satu lagu yang jarang absen untuk dibawakan secara live.

Penulis: Mohammad Farras Fauzi

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya