Najwa Shihab: Passion Bukan Wangsit, Ini 7 Tips Menang Ikutan Kompetisi Bintang SMA 2020 dari Para Experts

Selasa, 08 September 2020 | 15:44
Narasi

Najwa Shihab

HAI-Online.com- "Pemenang adalah bintang yang bisa bersinar terang, bukan cuma untuk dirinya tapi orang lain juga," kutipan super ini rupanya disepakati oleh para juri di kompetisi pencarian bakat, Pocari Sweat Bintang SMA 2020, guys!
Jadi, menurut mereka, untuk jadi pemenang, kalian yang masih di usia SMA nggak perlu takut menunjukkan bakat, apalagi nunggu sampai usia dewasa lewat.
Hajar aja, kalo bukan unjuk kemampuan sekarang, kapan lagi?
Baca Juga: Kejar Mimpi Saat Pandemi, Yuk Ikutan Audisi untuk Jadi Bintang SMA 2020
Nah, biar makin siap menemukan bakat kamu itu apa, terus nggak menunda-nunda kesuksesan di usia SMA, berikut ini HAI kasih 7 tips menang ikutan Bintang SMA 2020 langsung dari ahlinya.
1.Passion itu bukan wangsit, jangan ditunggu-tunggu terus!
Ketua juri Pocari Sweat Bintang SMA 2020, Najwa Shihab, memberikan sedikit masukan buat pelajar di Indonesia, gimana sih menemukan passion diri dan mengasahnya menjadi bakat atau talenta hingga mampu berprestasi."Passion itu bukan wangsit yang datang secara tiba-tiba melalui mimpi. Usai bangun tidur, tidak bisakita ujug-ujug mengatakan 'itu passion kita'," ucap Najwa Shihab, dalam acara Virtual, Kamis (3/9/2020) lalu.
Founder Narasi tv ini menjelaskan, bagaimana passion itu dimulai dari ketertarikan pada hal kecil yang terus menerus dirawat hingga menjadi besar."Boleh kita punya banyak mimpi atau keinginan, namun passion yang terus dirawat dan semakin besar akan menjadi sebuah bakat yang bisa dilihat oleh semua orang," katanya.
Baca Juga: 5 Rock Star dengan Hobi Antimainstream: Beternak Lebah Hingga Keranjingan Roller Coaster
Pocariid

Temukan bakatmu

2.Kenali diri sendiri dulu
Soal passion, Gading Martin yang menjai dalah satu jurin Bintang SMA 2020 juga ikut memberikan sarannya, biar bakat peserta bisa dilirik oleh juri lainnya.
"Kenali diri dulu, untuk tahu bakat kita itu apa kamu harus latihan menggali lebih dalam, siapa kamu, suka apa, jati diri kamu bakal terlihat," katanya.
3.Tunjukin 100 persen kamu
Kalo sudah tahu bakat diri, sebaiknya ikutin juga saran dan tips dari penyanyi Kunto Aji untuk mempersembahkan kemampuan diri secara total, biar para juri makin tertarik dengan yang kamu miliki.
"This is your time,saatnya, keluarin 100 persen bakat kamu. Itu bikin kita jadi percaya diri, dan bikin juri melirik apa yang kamu punya," terangnya lagim
4.Pedein, kamu itu punya sesuatu yang besar
Ada banyak orang yang punya bakat namun di hati kecil mereka seperti bilang, "ah, ini mah bukan bakat, cuma gitu doang".
Nah, menurut Gading Marten, mengecilkan kemampuan diri bisa menjadi masalah yang seringnya menghambat kesuksesan seseorang.
"Jangan kecilkan kemampuan diri, justru sekecil apapun bakat kamu kalo dilatih serius akan jadi sesuatu yang besar," katanya.
Baca Juga: Bakat Main Game Jangan Dipendam, Siapa Tahu Lo Bisa Jadi Atlet E-Sports
5.Bebasin bakatmu
Bakat itu nggak harus seragam, kamu bisa memilih apa saja yang jadi minat kamu sekarang. Bebaskan bakatmu, dan juga mimpiz-mimpi kamu.
"Mimpi itu harus besar, jangan pikirin urusan sensor, bakat itu bervariasi, carilah! Selagi muda harus mencoba berbagai macam hal. Mengetes, melihat mana sih bakat yang betul-betul bisa ditekuni sampai jadi passion," tamnah Najw lagi.
6.Jangan takut kalah
Sudah mencari cara untuk bisa menunjukkan bakat kamu, tapi kenyataannya malah belum dapat perhatian juri alias gagal nih. Kamu jadi sedih dan kecewa.
Besok, besok nggak mau deh tunjukin bakat ke.orang lain, takut kalah. Nah, yang seperti ini Najwa Shihab punya tips biar kamu lebih asik dan kompetitif lagi.
"Jangan pernah takut kalah. Kalo gagal di bangku SMA, itu adalah gagal yang menyenangkan. Karena pada masa ini, kita belum diharuskan berhasil," ucap Nana santai tapi tegas.
7.Lewati batas diri
Buat yang udah mencba dan pernah gagal menunjukkan kemampuan diri pada orang lain, teruslah mencoba untuk lebih baik lagi.
Lewati batas kemampuan diri, kamu hari ini harus lebih baik dari hari kemarin
"Ada banyak waktu untuk berbagai kemungkinan. Kalah akan memberikan pengalaman. Kalian punya waktu untuk belajar,” ujar Najwa lagi. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya