Selama Pandemi Pola Tidur Kurang Nyenyak, Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Minggu, 06 September 2020 | 19:10
Shutter Stock

Ilustrasi tidur nyenyak tanpa beban pikiran dan stress

HAI-Online.com -Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, sayangnya ditengah pandemi gini banyak banget yang mengeluh nggak bisa tidur nyenyak dan menghabiskan waktu depan gadget.

Padahal tidur yang nyenyak dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, menjaga otak tetap sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Melisa, Fangirl BTS Nekat Bunuh Diri Karena Orangtuanya Benci K-Pop

Secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur yang berkualitas selama tujuh hingga sembilan jam.Terdapat banyak strategi yang bisa lo pake untuk meningkatkan kualitas tidur, termasuk pola makanan. Beberapa makanan dapat mempengaruhi kualitas tidur, sehingga dapat dikonsumsi untuk membantu mendapatkan tidur yang nyenyak. Apa saja?

1. AlmondMengonsumsi almond secara teratur telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terkena berbaga penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.Baca Juga: Terlalu Banyak Makan Daging, Ketahui 11 Kondisi yang Bakal Terjadi di Tubuhmu

Hal ini berkaitan dengan lemak nggak jenuh tunggal yang sehat, kaya serat, dan antioksidan. Antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari peradangan berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Tidur di Siang Bolong, Ngerasa Bahagia dan Bisa Sembuhin Gangguan Mental

Almond telah diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena memicu hormon melatonin.

Kacang jenis ini juga jadi sumber magnesiun yang sangat baik, menyediakan 19 persen kebutuhan harian tubuh dalam satu onsnya.Magnesiun dalam jumlah cukup membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi orang yang mengalami insomnia.

Peran magnesium diperkirakan terkait dengan kemampuannya untuk mengurangi peradangan, juga membantu mengurangi kadar hormon stres kortisol. Hormon stres kortisol dapat menganggu tidur seseorang.

Potensi efek almond yang berhubungan dengan tidur cukup menjanjikan, tapi penelitian manusia yang lebih luas diperlukan.2. Teh kamomil

tribunnews.com

Teh Kamomil

Teh kamomil adalah teh herbal yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Teh ini terkenal dengan flavonnya, yaitu golongan antioksidan yang mengurangi peradangan yang seringkali berujung pada penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Terdapat beberapa bukti kalo minum teh kamomil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan, mengurangi depresi, dan meningkatkan kesehatan kulit.Selain itu, teh ini mempunyai khasiat unik yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Secara spesifik, teh kamomil mengandung apigenin.

Antioksidan ini mengikat reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan rasa kantuk dan mengurangi insomnia.

Studi menunjukkan kalo orang yang mengonsumsi teh kamomil mempunyai gejala depresi yang lebih sedikit.

Baca Juga: Ini Jam Khusus Sepeda Boleh Masuk Tol pada Minggu Pagi, Jangan Kesiangan Gowesnya!3. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang rendah kalori dan bergizi tinggi. Satu buah kiwi mengandung 42 kalori dan sejumlah besar nutrisi, seperti vitamin D dan vitamin C.

Selain itu, juga terdapat kandungan folat dan kalium dan beberapa mineral. Kiwi juga baik bagi kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya jumlah serat dan antioksidan karotenoid.Menurut penelitian terkait potensi meningkatkan kualitas tidur, kiwi dapat menjadi salah satu makanan terbaik yang dapat dikonsumsi sebelum tidur.

Dalam studi selama empat minggu, 24 orang dewasa mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur setiap malam.

Di akhir penelitian, partisipan tertidur 42 persen lebih cepat dibandingkan saat mereka nggak makan apapun sebelum tidur.

Total waktu tidur juga meningkat sebesar 13 persen. Kiwi juga mengandung serotonin, yaitu zat kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur seseorang.4. Pisang

Kulit pisang mengandung tritofan, di mana buahnya merupakan sumber magnesium yang sederhana. Triptofan dan magnesium dapat membantu seseorang mendapatkan tidur malam yang nyenyak.5. Walnut atau kenari

Kacang kenari merupakan jenis kacang yang populer. Kacang ini kaya akan nutrisi, mengandung lebih dari 19 vitamin dan mineral.

Kacang kenari kaya akan magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga. Kacang kenari merupakan sumber lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 dan asam linoleat.

Kacang kenari juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, di mana dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi. beberapa peneliti mengklaim bahwa makan kenari meningkatkan kualitas tidur, karena kenari menjadi salah satu sumber melatonin terbaik.

Kandungan asam lemak pada kenari juga dapat membuat tidur lebih nyenyak.6. Oatmeal

The Picky Eater

Oatmeal

Oatmeal kaya akan karbohidrat dengan sedikit lebih banyak serat. Ini dapat menyebabkan kantuk saat dikonsumsi sebelum tidur. Selain itu, gandum juga dikenal sebagai sumber melatonin.7. Teh bunga markisa

Teh bunga markisa

Teh herbal ini secara tradisional dipakai untuk mengobati sejumlah penyakit kesehatan. Teh bunga markisa atau bunga passiflora merupakan sumber antioksidan flavonoid, yang dikenal berperan mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Terdapat beberapa bukti kalo teh ini meningkatkan produksi zat yang dapat menghambat stres. Sifat teh ini dapat meningkatkan rasa kantuk, sehingga kemungkinan bermanfaat meminumnya sebelum tidur.

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah teh ini mampu meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Bikin Netizen Ngamuk, Beredar Foto Tumpukan Botol Berisi Air Kencing di Gunung Cikuray

8. Susu

Produk susu, keju, dan yogurt tanpa rasa juga mempunyai sifat penambah tidur, karena mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi seperti triptofan.

Susu telah terbukti meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa dan lansia, terutama bila dipasangkan dengan olahraga ringan.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya