10 Destinasi di Tawangmangu yang Pas Banget untuk Segerin Otak

Minggu, 06 September 2020 | 14:11
kompas.com

Wisata alam di bawah kaki gunung Lawu paling afdol emang mampir ke Tawangmangu yang nyiimpen banyak banget wisata alam yang disajikan

HAI-Online.com -Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang berada di lereng barat Gunung Lawu, tepatnya dalam Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Berada di bawah kaki Gunung Lawu, bikin Tawangmangu punya udara yang sejuk dan menyegarkan. Tawangmangu juga menyimpan pesona wisata yang menawan.

Simak 10 tempat wisata di Kecamatan Tawangmangu yang bakalan bikin liburan makin seru dan berkesan:

Baca Juga: Pola Pikir Nggak Selalu Sama, Ini 5 Perbedaan Otak Cewek dan Cowok

1. Air Terjun Grojongan Sewu

kompas.com

Air terjun grojokan sewu di Tawangmangu, Jawa Tengah

Baca Juga: Estetik tapi Serem, Ini 5 Kota Hantu yang Cocok Buat Spot Fotografi

Air Terjun Grojongan Sewu merupakan salah satu tempat wisata favorit di Tawangmangu. Air terjun ini punya ketinggian sekitar 80 meter.Aliran air Grojogan Sewu selalu ada setiap waktu, sehingga nggak perlu khawatir saat berkunjung pada musim kemarau.

Air akan selalu ada. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melalui anak tangga yang disebut sebanyak 1.250 anak tangga.

Sembari jalan menyusuri tangga, pengunjung bakalan ngelewatin hutan yang asri dan ngelihat monyet-monyet.Tiket masuk Air Terjun Grojogan Sewu dibagi menjadi dua jenis, yaitu Rp 20.000 per orang bagi wisatawan domestik dan Rp 110.000 per orang bagi wisatawan internasional.

2. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

kompas.com

Wisata bukit Sekipan, Jawa Tengah

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu menjadi lokasi yang cocok untuk anak muda maupun keluarga dan terletak di Jalan Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu.

Tempat wisata ini menawarkan banyak wahana permainan, menarik dan sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable.Beberapa wahananya, antara lain miniatur ikon dunia, miniatur kapal Titanic, jembatan goyang, area hantu, rumah adat, mini coaster, studio foto, dan area outbond.

Wisata Bukit Sekipan juga menyediakan penginapan dengan berbagai tema, seperti small room, vila, cottage Jepang, dan titanic room.Pengunjung juga bakalan dikenai tiket masuk sebesar Rp 50.000, tapi itu nggak termasuk untuk tiket masuk wahana.

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu beroperasi pukul 08.00 WIB sampai 18.00 pada hari biasa. Pada hari libur, jam bukanya sampai pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: Ini Jam Khusus Sepeda Boleh Masuk Tol pada Minggu Pagi, Jangan Kesiangan Gowesnya!

3. Taman Wisata Balekambang

youtube.com

Taman Wisata Balekambang, Tawangmangu, Jawa Tengah

Taman Wisata Balekambang sangat cocok jadi spot foto yang instagramable dengan menawarkan suasana seperti keliling dunia.

Taman Wisata Balekambang punya banyak spot foto menarik dan instagramable seperti 3D art studio, landmark dunia, dan patung-patung raksasa.

Taman Wisata Balekambang juga menyediakan wahana permainan seperti waterboom dan outbond. Pengunjung akan dienai tiket masuk untuk berkunjung ke Taman Wisata Balekambang sebesar Rp 20.000 per orang.

Untuk menikmati wahana, dikenai biaya tambahan yang berkisar antara Rp 5.000-Rp 30.000.

4. The Lawu Park

The Lawu Park merupakan wisata alam yang menawarkan keindahan hutan pinus dan aktivitas wahana yang menarik.

Lokasinya ada di Bulakrejo, Godosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu. Aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di sini, antara lain camping, flying fox, ATV, 3D Cinema, serta jeep dan trail adventure.

Spot foto menarik juga menjadi salah satu daya tarik dari The Lawu Park dengan pemandangan dari pegunungan dan hutan pinus yang keren.

The Lawu Park menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti mushola, toilet, lahan parkir, restoran, sampai penginapan.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk Rp 20.000 per orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Biaya tiket masuk belum termasuk untuk memasuki wahana.

5. Air Terjun Jumog Putri

Air Terjun Jumog Putri merupakan air terjun kecil yang berada di tepi jalan tepatnya terletak di Dusun Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

Air terjun ini punya air jernih yang melewati bebatuan besar dan dikelilingi pohon-pohon hijau yang menambah kesan keasrian.Berada di samping jalan utama, Air Terjun Jumog Putri punya fasilitas seperti toilet, mushola, dan warung-warung yang menjual berbagai macam makanan.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000.6. Bukit Mongkrang

kompas.com

Bukit Mongkrang, Tawangmangu, Jawa Tengah

Bukit Mongkrang sangat cocok untuk pendaki pemula. Bukit ini ada di sebelah selatan Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Bukit ini juga menyuguhkan pemandangan indah, sehingga sangat cocok dijadikan spot foto menarik, terdapat hamparan padang ilalang yang diburu untuk mengambil foto.

Berniat untuk berkemah setelah lelah mendaki, pengunjung bisa mendirikan tenda, menikmati kesejukkan udara dan matahari terbit yang cantik di pagi hari.Pengunjung akan dikenai tarif tiket sebesar Rp 10.000 dan jika ingin berkemah akan dikenai biaya Rp 15.000.

7. Kedung Sriti

Kedung Sriti berupa air terjun yang masih sangat asri dan sejuk dengan pohon-pohon di sisi air terjun, dengan memiliki ketinggian sekitar 10 meter mengalirkan air jernis dengan deras.

Air terjun ini terletak di antara Dusun Pancot Kelurahan Kalisoro dan Dusun Plalar Desa Tengklik Kecamatan Tawangmangu.

Untuk menuju Kedung Sriti, pengunjung harus hati-hati karena menyusuri jalan setapak yang di sampingnya berupa jurang.

Air Terjun Kedung Sriti masih sangat asri, masih belom ada pengurus yang merawat. Pengunjung pun diimbau keras untuk nggak membuang sampah sembarangan dan menjaga keasrian dan kelestarian di Kedung Sriti.

Baca Juga: Ini Dia 4 Tren Liburan PSBB Transisi, Mulai dari Staycation sampe Transportasi Darat

8. Sakura Hills

Sakura Hills mengusung konsep wisata ala Negri Sakura dengan suasana Gunung Lawu. Lokasinya ada di Jalan Tawangmangu–Magetan, Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu.

Pengunjung disuguhkan dengan pemandangan indah pohon-pohon sakura dengan latar Gunung Lawu dan dilengkapi bangunan-bangunan khas Jepang yang ikonik, seperti taman Jepang, taman sakura, super camp, dan forest canopy.

Dengan keunikan tersebut, tempat ini cocok banget dijadikan spot foto yang instagramable ,seperti Gerbang Torii Path, Takeshi Castle, sampai Samurai Park.

Pengunjung juga bisa menaiki jeep untuk berkeliling di Sakura Hills dan merasakan bermalam di Sakura Hills yang hijau dan sejuk.

9. Rumah Atsiri Indonesia

kompas.com

Rumah Atsiri

Rumah Atsiri Indonesia merupakan hasil restorasi dari pabrik Citronella Indonesia Bulgaria yang berlokasi di Jalan Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu.

Pengunjung dapat menikmati Aromatic Garden yang penuh dengan berbagai jenis bunga penuh warna. Sementara itu, museum essential oil memberikan informasi sejarah dari minyaki atsiri.

Pengunjung juga bisa menikmati makanan khas atsiri, berbelanja di toko aromatik, dan mengikuti workshop.Penuh dengan koleksi bunga yang cantik dari berbagai jenis tanaman penghasil minyak atsiri, spot ini sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk Rp 50.000 per orang. Rumah Atsiri Indonesia dapat dikunjungi pukul 10.00 WIB-17.00 WIB.

Baca Juga: Satu Lagi, Wisata Ruang Angkasa Tawarkan Naik ke Stratosfer dengan Balon Hidrogen

10. Agrowisata Desa Nglurah

Agrowisata Desa Nglurah merupakan desa yang terkenal sebagai pusat tanaman hias dan obat-obatan. Lokasinya ada di Jalan Candi Menggung Nglurah, Nglurah, Kecamatan Tawangmangu.

Sepanjang desa ini, setiap rumah punya berbagai tanaman hias yang cantik, sehingga sekedar berjalan berkeliling desa akan sangat memanjakan mata.

Jika berkunjung ke Desa Nglurah, jangan lupa untuk membeli beberapa tanaman untuk oleh-oleh. Tanaman disini juga sudah dijual hingga ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "10 Tempat Wisata di Tawangmangu, Pas untuk Liburan Akhir Pekan"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya