Mau Bikin Demo Lagu dari Kamar Sendiri, 5 Alat Ini Wajib Lo Siapin!

Rabu, 20 November 2019 | 20:45
Tribun Jogja/Yudha Kristiawan

Ilustrasi home recording.

HAI-ONLINE.COM - Ngeband adalah suatu pekerjaan yang sangat menyenangkan. Apalagi kalo lo mau diserousn atau dijadii profesi, tuh!

Namun, perjalanan menjadi band profesional itu nggak semulus yang lo bayangin sob!

Ada beberapa fase yang hisa dibilang sulit, tapi yakin bisa dihadapi, yaitu dari mulai patungan buat sesi workshop, manggung tanpa dibayar, sampe-sampe harus nyiapin dana buat rekaman.

Nah, soal rekaman ini. Lo bisa menyiasati proses bikin demo dengan cara rekaman di rumah sendiri.

Selain waktunya lebih fleksibel karena nggak terikat shift dan nggak perlu bayar sewa juga, rekaman di rumah juga memberi lo keleluasaan untuk ngeksplor musik lo itu mau digimanain.

Dan kalo dihitung-hitung, biaya rekaman satu shift itu bisa lo tabung dan beliin alat rekaman sendiri. Sehingga nantinya lo bisa bikin demo lagu di kamar.

Baca Juga: Mauricio Pochettino Dipecat, Tottenham Hotspur Langsung Dekati Jose Mourinho

Keuntungan dari punya alat rekaman di kamar adalah, saat ide muncul, lo nggak perlu booking studio lagi buat rekaman. Cukup pakai alat yang lo punya.

Terus, apa aja alat yang wajib lo punya?

1. Komputer atau Laptop Yang Terinstalasi Perangkat Lunak Buat Rekaman

Pinterest

Ilustrasi komputer rekaman

Kalo salah satu dari personil band lo punya laptop, lo bisa pake laptopnya buat rekaman. Kalo nggak ada, lo bisa pinjem. Dan pastikan laptop tersebut sudah terinstalasi perangkat lunak buat rekaman.

Di dalam perangkat lunak, biasanya ada Virtual Studio Technology (vst) yang lo bisa pakai dan kulik sendiri sesuai kebutuhan musik lo.

2. Soundcard

presounus.com

Ilustrasi soundcard

Ini bagian yang juga penting. Soundcard ini fungsinya buat ngubah suara instrumen yang lo mainin ke dalam bahasa komputer. Saat ini, banyak dijual soundcard-soundcard dengan harga terjangkau. Lo bisa beli dan pake tuh.

3. Mic Condenser

Pinterest

Ilustrasi mic condenser

Pastiin mic condenser lo ini lengkap dengan kabel jacknya. Nama kabelnya itu kabel XLR. Biasanya, lo ditawarin beli sepaket atau nggak pas lo beli mic condenser.

Baca Juga: Kunto Aji Bahas Isu Pemanasan Global, Kita Diajak Ubah Perilaku!

Nantinya, mic condenser ini dicolokin ke salah satu kanal yang ada di soundcard. Lo juga bisa pakai mic condenser ini buat ngambil rekaman buat gitar akustik, kalo di demo lagu lo pakai unsur gitar akustik.

Alat musik lainnya kayak pianika, flute, saxophone, teknik ngerekamnya bisa pakai mic condenser ini.

4. Speaker atau Headphone Flat

Wikipedia

Ilustrasi headphone

Lebih bagus kalo lo punya dua-duanya. Tapi, kalo emang belom cukup uang, lo bisa beli salah satu aja dulu.

Urgensinya ada pada jenis ruangan yang lo punya. Kalo ruangan yang lo punya bisa dipakai untuk berisik-berisikan, maka speaker monitor flat bisa jadi opsi.

Baca Juga: Kumpulan Ilustrasi Ini Tunjukin Perubahan Dunia 10 Tahun Terakhir, Gambarnya 'Nampar' Banget!

Tapi, kalo lo rekaman di kamar indekos yang nggak boleh terlalu berisik pas malem-malem, lo bisa pake headphone flat buat jadi monitor rekaman.

Inget, speaker atau headphone yang equalizer-nya flat ya, sob!

5. Alat Pribadi Lo

shironosov

Ilustrasi alat pribadi gitar

Lo gitarisnya? Ya seenggaknya lo bisa pakai gitar yang lo punya. Lengkap beserta pedal efek gitarnya. Atau lo bassistnya? Ya lo bisa pakai alat lo itu buat ngerekam bassnya. Kalau ngerasa perlu efek bass, itu bisa lo jadiin alternatif lain. Pastiin juga pemegang alat ini menyiapkan kabel jack buat input dari soundcard ke alat ya.

Nah, itu dia alat yang wajib lo punya biar bisa rekaman di rumah.

Kendala yang mungkin terjadi adalah lo nggak bisa ngerekam drum, karena set-nya perlu dikulik lagi.

Tapi jangan khawatir sob. Seperti dijelasin di poin satu, ada Virtual Studio Technology (vst) yang mana didalemnya itu, ada vst drum set jadi-jadian, yang kalo lo bisa maksimalin, lo tetep bisa ngisi unsur drum pake metode ‘digambar’.

Baca Juga: Galau Keluarga Lupain Ulang Tahunnya, Remaja Ini Dapat Hadiah Kue dari Polisi karena Nangis di Jalan

Selain vst yang tersedia di dalam perangkat lunak, lo juga bisa cari perangkat lunak lain yang nyediain vst drum, biar ‘rasa’ drum-nya lebih maksimal.

Proses menggambar ini juga perlu latihan yang nggak sebentar. Tapi kalo ditekuni, itu bakal memudahkan lo di fase berikutnya kalo lo udah mahir. Percaya deh!

Setelah tahap ini, baru lo belajar gimana caranya nyeimbangin suara. Proses itu dinamain mixing. Tapi itu nanti, lo belajar aja dulu ngerekam yang bener.

Namanya juga demo, sob. Jangan dulu ngejar sempurna. Tapi bukan berarti boleh acak-acakan juga.

Paling nggak, dengan memiliki 5 alat itu ditambah ketekunan lo belajar rekaman, lo bakal punya demo lagu yang kualitas sound-nya proporsional untuk ukuran demo.

Baca Juga: Jika Kamu Merasakan 7 Gejala Ini, Artinya Kamu Terlalu Banyak Minum Kopi

Nanti kalau demo lo dilirik produser, lo bakal auto dapet kesempatan rekaman yang lebih proporsional lagi. Di studio rekaman, dan didampingi teknisi-teknisi yang lebih jago lagi ngulik audio-nya.

Kalo udah sampe titik ini, lo deketin tuh mereka. Curi ilmu tentang audio, dan lo aplikasiin di kamar saat bikin rekaman sendiri.

Selain menambah ilmu, rekaman di rumah juga bakal melatih kepekaan lo sama karakter sound, sehingga nantinya saat band lo udah berumur, lo bakal nemuin karakter musik yang emang bener-bener lo banget.

Masih tetep pengen jadi anak band kan? Semangat, sob!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya