Sejumlah Fakta yang Nggak Banyak diketahui Tentang 5 Lagu Populer 1990-an

Sabtu, 13 Juli 2019 | 09:00

Radiohead

HAI-ONLINE.COM - Nggak bisa dipungkiri lagi kalo tahun 1990-an merupakan salah satu era di mana kehebatan dan kengerian dari musik terlihat.

Dari sekian banyak lagu yang populer di era itu, ada beberapa di antaranya yang memiliki fakta-fakta tersembunyi yang membuatnya semakin menarik, atau aneh.

Baca Juga: Keren! Seniman Ini Gambarkan Situs-situs Populer Sebagai Karakter Fantasi

Ini dia 5 deretan lagu populer di tahun 1990-an dengan fakta-fakta yang nggak banyak diketahui orang-orang.

1. 'I Don't Want To Miss A Thing' Aerosmith

Pada tahun 1998, tepat setelah 28 tahun Aerosmith membuat musik, akhirnya band ini debut di posisi nomor satu di US Billboard Hot 100 dengan lagu 'I Don't Want To Miss A Thing.'

Namun, di samping itu Aerosmith nyaris nggak pernah mencapai tempat nomor satu yang ia dambakan, karena ternyata lagu hit itu awalnya nggak ditulis untuk mereka.

'I Don't Want to Miss a Thing'pada awalnya ditulis oleh Diane Warren untuk Celine Dion.

2. 'November Rain' Guns N' Roses

Menjadi lagu terpanjang yang mencapai sepuluh besar di tangga lagu Billboard pada tahun 1992, 'November Rain' memiliki durasi selama sembilan menit.

Pembuatan video 'November Rain' sendiri memiliki biaya yang paling mahal dari video klip yang pernah dibuat, nggak heran soalnya pake pembangunan kapel di padang pasir.

Dengan total biaya mencapai $ 1,5 juta, ternyata faktanya rekaman konser dalam video musik itu nggak nyata juga seperti yang orang-orang yakini.

Baca Juga: Black Finit Rilis Video Musik Terbaru Berjudul 'Bukan Puisi'

Nyatanya itu merupakan teater di Los Angeles yang diisi oleh para extras, sementara aksi band bermain pun direkam.

3. 'Everybody Hurts' R.E.M

Dibentuk pada tahun 1980, R.E.M pun juga ikut menikmati kesuksesan besar di industri musik, dan menjual lebih dari 85 juta rekaman serta dilantik di Rock&Roll Hall of Fame.

Baca Juga: Rekaman Master Lebih dari 700 Musisi Lenyap Saat Kebakaran di Gudang Label Rekaman Universal Tahun 2008

Lagu 'Everybody Hurts' yang dirilis tahun 1992, dan dirilis ulang tahun 1993, berhasil memuncak dalam 30 besar Billboard Hot 100.

Lagu ini merupakan salah satu yang paling menyedihkan yang pernah ditulis. Karena menurut survey yang dilakukan tahun 2012, 'Everybody Hurts' sukses mengalahkan 'Candle In The Wind' untuk posisi teratas "Lagu Paling Menyedihkan Sepanjang Masa."

4. 'Creep' Radiohead

Lagu ‘Creep’ menjadi hit besar di puncak tangga lagu setahun setelah dirilisnya pada tahun 1992.

Seringkali para penggemar hanya meminta 'Creep' dimainkan saat konser.

Baca Juga: Radiohead Sengaja Rilis 18 Lagu yang Dicuri untuk Bikin Hacker Marah

Lagu itu sendiri terinspirasi oelh seorang gadis yang menjadi perhatian Thom Yorke yang muncul di salah satu pertunjukan mereka.

Lagu 'Creep' juga menjadi perhatian bagi seorang pembuhun Inggris yang dihukum.

Hal ini diketahui karena lelaki itu menulis sepucuk surat dari penjara yang menyatakan kalau dirinya merasa seperti orang aneh, dan bahwa suara-suara di kepalanya membujuknya untuk membunuh seorang lelaki.

5. 'I Want It That Way' Backstreet Boys

Lagu yang dirilis pada tahun 1999 ini pernah menyerbu puncak tangga lagu di 25 negara, dengan beberapa kritikus yang mengatakan bahwa lagu ini merupakan "lagu pop tahun ini."

Fakta yang ada tentang lagu ini yaitu, dilarangnya 'I Want It That Way' untuk masuk ke Cina setelah 12 tahun rilisnya karena gagal menjalani "proses penyaringan."

Baca Juga: Video Klip Lagu Cinta dari AIR (Afgan, Isyana, Rendy Pandugo) Udah Mengalir!

Juga diketahui bahwa catatan pembuka dari lagi itu terinspirasi oleh lagu hit besar 'Nothing Else Matters' oleh Metallica.

Penulis: Nada Aprillia

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Listverse

Baca Lainnya