5 Inovasi The Beatles yang Mengubah Industri Musik Dunia

Senin, 01 Juli 2019 | 15:35
BBC

The Beatles

HAI-ONLINE.COM - Seperti Beethoven, The Beatles juga punya efek tersendiri terhadap industri musik Dunia yang nggak bisa dipungkiri lagi.

Apa yang udah mereka lakukan sepertinya memaksa orang-orang untuk bisa sepenuhnya dan permanen mengubah semua hal tentang cara industri ini bergerak.

Seperti informasi yang HAI dapat melalui Listverse, ini dia 5 inovasi The Beatles yang ternyata merubah industri musik Dunia.

Baca Juga: Lady Gaga dan Bradley Cooper Bisa

Music video

Walaupun yang menciptakan pertunjukan film-musik adalah para seniman jazz, namun The Beatles merupakan pelopor dalam penggabungan kedua ide tersebut ke dalam konsep yang sekarang kita kenal sebagai music video.

Dalam music video sendiri bakal menyuguhkan sebuah aksi akting musikal yang diiringi sebuah lagu, dan zaman sekarang hal ini pun bisa menjadi sebuah pertunjukan langsung atau pun nggak langsung.

Baca Juga: Udah Tahu Belum Lagu Indonesia Raya yang Asli? Ini Musik Videonya Lengkap dengan Lirik

Adanya gagasan The Beatles ini menjadi sebuah cara dalam meringankan jadwal mereka yang ketat banget saat itu.

Jadi daripada band harus membuat banyak penampilan publik di acara TV seluruh dunia, maka bereka menemukan inovasi untuk dapat mengirimkan music video penampilan mereka sendiri.

Music video pertama The Beatles sendiri merupakan sebuah singlenya pada tahun 1966 yaitu "Paperback Writer / Rain".

Album konsep

Dengan bimbingan oleh George Martin, The Beatles merilis album konsep industri pertama mereka "Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band". Gagasan dibalik itu adalah bahwa The Beatles memainkan bagian dari band lain dengan memberikan konser di taman, dan semya lagu di album adalah bagian dari perpaduan itu.

Mengadakan konser di stadium

Meskipun The Beatles sukses dalam konser awal mereka tahun 1963, 1964 dan 1965, namun mereka hanya melakukan penampilan di sebuah audiotorium, teater dan amfiteater yang dilakukan diantara 1.000 dan 10.000 orang.

Listverse

The Beatles

Saat manajer Brian Epstein memesan The Beatles untuk melakukan konsernya di Stadion Shea New York pada Agustus 1965, permintaan tersebut dianggap hampir nggak masuk akal untuk dipertimbangkan bagi mereka.

Tapi dengan pengumuman yang ada, tiket mampu terjual habis hanya dalam beberapa jam.

Baca Juga: Tiket Konser Mike Shinoda di Jakarta Siap Dijual Senin Depan. Harganya Mulai Rp 350 ribu!

Dari penampilan The Beatles itu lebih dari 55.000 orang mengamuk beserta para penggemar yang berteriak-teriak di Stadion Shea untuk konser rock yang diadakan di stadion pertama kalinya.

Dari penampilan itu, The Beatles hanya bermain selama 30 menit saja, karena sistem suara stadion yang sangat buruk untuk sebuah konser musik.

Lirik yang dicetak pada album

Listverse

Lyrics Printed On The Album

Album pop pertama yang menampilkan lirik yang dicetak aktual pada album ini merupakan rilisan epik The Beatles pada 1967.

Nggak ada tur

Keputusan untuk The Beatles mengakhiri tur adalah sebuah keputusan penting yang menakjubkan.

Baca Juga: Mike Shinoda Bakal Sambangi Jakarta di Tur Bulan September Nanti

thebeatles.com
thebeatles.com

The Beatles

Keputusan mereka didasarkan pada beberapa faktor, seperti kelelahan, ketidak mampuan untuk menampilkan lagu-lagu terbaru dalam format langsung, ketidak mampuan untuk mendengar diri mereka sendiri di atas panggung, fokus musik yang berkembang, masalah keamanan setelah ancaman kematian dan boikot, serta kebosanan.

Penulis: Nada Aprillia

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya