Follow Us

Sekolah Ini Nggak Punya Kursi di Kantin Supaya Para Siswa Rajin

- Rabu, 19 September 2018 | 16:30
Ilustrasi kantin sekolah (Wikimedia)

Ilustrasi kantin sekolah (Wikimedia)

HAI-ONLINE.COM - Siapa sangka, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan agar bisa menambah motivasi belajar siswa. Malah, ada yang nyeleneh juga.Salah satu cara unik yang dilakukan oleh sebuah sekolah di Shangqiu, Provinsi Henan, Tiongkok, adalah dengan menghilangkan kursi-kursi di kantin sekolah dengan harapan siswa akan bisa lebih cepat makan dan fokus belajar.Pihak sekolah mengatakan, dengan dihilangkannya kursi kantin, maka siswa nggak akan berlama-lama menghabiskan waktu di sana."Untuk selanjutnya, kami akan mendesain meja khusus untuk makan sembari berdiri. Rata-rata makan siang selama 10 menit itu cukup," ucap salah satu staf sekolah, yang dikutip dari Oddity Central (5/9).Para siswa mengaku kaget dengan tindakan sekolah ini, mereka harus menyesuaikan diri untuk makan sambil berdiri.

Baca Juga : 5 Orang Di Sekolah Yang Perlu Dideketin Kalau Mau 'Aman' Tindakan ini pun menuai kritik dari beberapa pihak. Pengguna media sosial beranggapan, adanya kursi di kantin nggak akan mengganggu prestasi siswa di sekolah.

Sedangkan dihilangkannya kursi dari sana, dinilai akan menimbulkan kebiasaan makan yang nggak sehat.Langkah ini diduga terinspirasi dari aturan yang disebut “pabrik gaokao”. Aturan tersebut sudah dilakukan oleh sejumlah sekolah menengah di Tiongkok agar siswanya dapat masuk perguruan tinggi prestisius Gaokao yang ujian masuknya sangat sulit.Meski begitu, siswa yang belajar dengan mengikuti aturan “pabrik gaokao” mengaku merasa lelah dengan kebijakan ini, bahkan dengan ada kursi di kantinnya. Wah, kalau diterapkan di Indonesia juga gimana ya?

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Hilangkan Kursi di Kantin, Cara Unik Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest