Follow Us

Wagelaseh, Ngaduk Nasi Matang Biar Nggak Basi Ternyata Ada Sainsnya Lho!

Dewi Rachmanita - Jumat, 07 September 2018 | 16:41
Mengaduk nasi setelah matang biar nggak basi ternyata ada penjelasan fisikanya

Mengaduk nasi setelah matang biar nggak basi ternyata ada penjelasan fisikanya

HAI-Online.com - Kalau selama ini nyokap selalu mengaduk nasi saat udah matang di rice cooker, itu bukan berarti tanpa ada tujuan loh. Katanya sih biar nasi nggak cepat basi. Ternyata nih, hal itu emang bisa dijelasin dari segi ilmu fisika.

Seorang warganet bernama Mikrajuddin Abdullah coba jelasin nih tentang mengaduk nasi setelah matang yang dimasak di rice cooker.

Katanya dalam posting-an di Facebook kalau nasi nggak diaduk bisa cepat basi karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi.

Buffalo Boys Masuk Nominasi Oscars, Film Ini Wakili Singapura Lho!

Nah, air bakal keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama. Akibatnya nih kalau nasi nggak diaduk air terperangkap lama di nasi dan bikin cepat basi. Sedangkan kalau nasi diaduk atau dihamburkan setelah matang, itu bikin ruang kosong antara butiran nasi yang memudahkan air buat menguap.

Alhasil nih air yang terperangkap di nasi berkurang dan bikin lebih tahan lama.

Just fyi, netizen yang beberin penjelasan ini bukan orang asal loh. Dia emang seorang profesor ahli fisika dari ITB. Dia juga selama ini beberapa kali coba menjelaskan fenomena sosial serupa di media sosialnya, misal bagaimana biar kopi nggak cepat dingin.

Wih mesti dipantau terus nih medsosnya! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest