Follow Us

Review Sebelum Iblis Menjemput: Teror di Sepanjang Film Bikin Capek!

HAI Internship - Sabtu, 18 Agustus 2018 | 18:10
Review Sebelum Iblis Menjemput: Teror di Sepanjang Film Bikin Capek!
Sky Media

HAI-Online.com - Kalo ngomongin film horor Indonesia, kayaknya akhir-akhir ini emang lagi bagus-bagusnya ya, sob?

Dimulai dari karya Joko Anwar yang gila keren banget, Pengabdi Setan, tahun ini beberapa sutradara berbakat Indonesia memutuskan untuk bikin film horor yang nggak kalah keren.

Salah satunya adalah Timo Tjahjanto yang mungkin kalian lebih kenal sebagai salah satu dari The Mo Brothers.

BACA JUGA: Vino G Bastian Berani Jadi Wiro Sableng dan Siap Dikritik Habis!

Kali ini, sutradara yang emang udah nggak asing di ranah film horor kembali merilis film horornya, berjudul Sebelum Iblis Menjemput.

Banyak yang bilang, film ini mirip banget sama Pengabdi Setan-nya Joko Anwar. Emang bener sih, ada beberapa elemen yang ngingetin sama film yang disebut-sebut sebagai film horor terbaik Indonesia. Misalnya, di tone yang coba dibawa sama film ini.

Film dibuka dengan alunan lagu jadul yang asik banget. Sempat bikin HAI lupa kalau ini film horor, hehehe. Lalu muncul sosok Lesmana (Ray Sahetapy) yang ternyata sedang nunggu seorang wanita, untuk membantu dia melakukan ritual pemanggilan iblis. Lesmana mau meraup kekayaan dengan cara bersekutu dengan iblis.

Dandanan si wanita yang ternyata adalah perantara iblis ini super vintage, hampir mirip dengan dandanan Ibu di Pengabdi Setan. Setelahnya, mereka menuju ke ruang bawah tanah, dan melakukan ritual pemanggilan iblis.

Ritual dimulai dengan menebarkan serbuk putih kayak tepung di lantai, membuat lambang pemujaan iblis. Lengkap dengan penggunaan kepala kambing mati. Kalau diliat-liat sih, gambar ini mirip kayak Sigil of Baphomet. Sebuah lambang resmi dari gereja iblis. Kemiripan ini yang sukses bikin HAI merasa merinding disko.

Pendekatan yang coba dilakukan sama sang sutradara Timo Tjahjanto dalam hal ritual ini menurut HAI jadi salah satu elemen yang beneran bikin penonton bisa merasa terikat sama film ini. Pasalnya, pengambilan referensi lambang ritual dari lambang gereja iblis yang beneran, bikin HAI merasa kalau hal ini bisa aja kejadian beneran.

Hutang Harta Dibayar Jiwa

Premis utama yang coba ditawarkan sama Sebelum Iblis Menjemput sebenernya klise aja, sob. Keluarga yang dikejar-kejar karena perjanjian dengan iblis. Tapi untungnya, eksekusi yang tepat dari Timo bisa bikin film ini beda dari yang lain.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest