Follow Us

Semua Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang PlayStation 5 Ada di Sini

HAI Internship - Jumat, 25 Mei 2018 | 16:10
Semua Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang PlayStation 5 Ada di Sini

HAI-ONLINE.COM - Udah 5 tahun berlalu sejak kemunculan PlayStation 4, siapa yang berharap akan lahirnya PlayStation 5? Tapi sayangnya, Sony sendiri belum mengkonfirmasi soal kehadiran PS5 ini. Cukup sulit buat nebak kapan akhirnya kita bisa melihat tampilan pertama PS5, mungkin beberapa tahun lagi, siapa yang tahu?Tapi tenang, jangan kehilangan harapan. Walaupun kita masih ragu nih soal kelahiran si PS5, kita tau PS5 bakal ada. President dan CEO Sony, Shawn Layden udah mengkonfirmasi kalo PS5 itu ada tapi mungkin tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat. Kabar yang lebih baik daripada nggak ada sama sekali, kan?Meskipun kita udah nggak sabar nunggu kabar soal PS5, kita nggak bisa menyalahkan Sony juga sih. Karena, PS4 Pro masih terbilang cukup baru di pasaran dan masih baru terhadap pesaingnya, Microsoft Xbox One X, yang baru keluar. Tapia da kabar burung juga nih. Kalo Microsoft udah memikirkan soal ‘the next Xbox’. Yang artinya, nggak menutup kemungkinan kalo Sony juga memikirkan hal yang sama soal ‘the next PS’Melihat generasi game console sekarang (mid-generation), sejujurnya kita belum melihat adanya urgensi untuk memulai sebuah generasi baru. Dan untuk PS5, apa yang kita harapkan dari calon generasi yang baru ini? Fitur yang lebih menarik? Lebih ekonomis dari segi manufaktur? Game lebih bervariasi? Belum ada jawaban pasti untuk itu semua. Tapi sekiranya ada beberapa hal yang bisa ‘diramalkan’KAPAN PLAYSTATION 5 DILUNCURKAN?Para analisis memprediksi kalo PS5 mungkin bakal keluar di tahun 2018, atau yang lebih memungkinkan keluar di tahun 2019 atau 2020. Dalam sebuah interview dengan Wall Street Journal, analisis Damian Thong (yang sebelumnya memprediksi PS4 Pro dan Slim) mensugesti kalo PS5 bakal muncul di tahun 2018 akhir. Walaupun terdengar cukup dekat sengan sekarang, prediksi ini dikuatkan oleh laporan dari SemiAccurate yang mengklaim kalo beberapa developer udah membagikan poin-poin untuk rencana yang rilis tahun 2018. Beberapa analisis lainnya berkata bahwa kita harus menunggu lebih lama. GamingBolt, Michael Pachter berkata, “kita akan melihat PS5 di tahun 2019 atau 2020. Tapi 2019lebih memungkinkan. Saya pikir Sony udah menyiapkan generasi game console berikutnya. Mereka mungkin sudah tahu apa yang harus mereka lakukan."

Cek:5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Bumi Manusia, Novel Pram yang Difilmkan

Baru-baru ini Pachter menegaskan kembali klaim ini, dengan mengatakan bahwa Sony kemungkinan besar akan merilis konsol baru pada tahun 2020. Dia menambahkan bahwa saat ini dia berpikir PS4 Pro akan menjadi model dasar PlayStation dan kemungkinannya akan terjadi penurunan harga. Laporan Kotaku, Jason Schreier belakangan ini juga mendukung pemikiran ini. Dia berbicara dengan beberapa pengembang tentang Dia berbicara dengan sejumlah pengembang tentang kemungkinan tanggal rilis. Dan sebagian besar percakapan mengarah ke tahun 2020.

RUMOR DAN BERITA

Kedatangan No E3 2018Yang sudah pasti kita tahu, PS5 nggak akan hadir di E3 2018 saat konfrensi Sony berlangsung. Shawn Layden mengatakan kalo nggak ada pengumuman soal hardware yang baru dari perusahaan. Melainkan perusahaan akan menawarkan game-game baru: Death Stranding, Spider-Man, The Last of Us 2, dan Ghost of Tsuhima. Analisa Teknologi Eurogamer Laporan terbaru dari Eurogamer telah berusaha untuk mempersempit kemungkinan tanggal rilis berdasarkan teknologi yang cukup maju. Hal yang paling penting yang perlu ditingkatkan adalah prosesor konsol dan memorinya, Eurogamer mengklaim kalo kita nggak akan melihat konsol baru yang dirilis sebelum akhir tahun 2019.Bahkan jika Sony berhasil mendorong dan mempercepat konsolnya keluar, biaya produksi akan membuat PS5 terlalu mahal, sehingga kemungkinan besar kita nggak akan melihat konsol dirilis hingga akhir tahun 2020. Pendapat Mantan Chief Sony, Andrew HouseMantan Chief Sony, Andrew House, bicara soal apa yang dapat terlihat pada konsol generasi berikutnya di konferensi GamesBeat baru-baru ini. Meskipun House menolak berkomentar secara khusus tentang PlayStation 5 itu sendiri, dia mengatakan kalo dia cukup yakin secara fisik, PS5 masih akan mirip dengan PS4. Tapi kebutuhan pasar yang terus berkembang, bagaimanapun juga Andrew House berpikir kalo streaming game akan menjadi sebuah bagian besar dari generasi konsol berikutnya. House juga berpikir kalo PS4 dan PS4 Pro masih memiliki umur panjang. Laporan SemiAccurateSemiAccurate (melalui ResetEra) mengklaim kalo mereka menerima beberapa informasi yang bocor. Mereka bilang kalo jumlah dev kit yang telah didistribusikan menunjukkan konsol dapat dirilis pada tahun 2018. Selain itu, SemiAccurate juga melaporkan kalo Sony akan menggunakan konsol ini untuk mendorong upaya VR-nya lebih jauh lagi.Meskipun SemiAcccurate memiliki track record yang layak dipertimbangkan dengan laporannya yang secara akurat melaporkan kemitraan Nvidia Nintendo untuk Switch dan spesifikasi PS4 pada tahun 2012, hal ini masih bisa dianggap sebagai spekulasi. Meskipun spesifikasi terdengar masuk akal, tapi tanggal rilis di 2018 agak sulit dipercaya. Terlepas dari berapa banyak perangkat pengembang yang telah didistribusikan Sony.Klaim Marcus Sellars Leaker ternama Marcus Sellars membuat beberapa klaim yang berani di Twitter baru-baru ini (Via GameRant), dia berkata kalo perangkat pengembangan PS5 sudah berada di tangan pengembang pihak ketiga. Dia juga mengklaim kalo Nintendo sedang merencanakan direct stream tanggal 8 Maret. Sellars telah akurat dengan klaimnya beberapa kali: baru-baru ini dia mengungkapkan kalo Metroid Prime 4 sedang dikembangkan oleh Bandai Namco.Namun, Sellars tidak memberikan bukti apa pun untuk mendukung klaimnya sehingga Sellars tidak dapat dianggap sebagai sesuatu yang lebih dari sekadar rumor saat ini. Bahkan jika development kit itu udah ada di tangan para pengembang, ini nggak berarti PS5 akan datang dalam waktu dekat.

PatenSesuatu yang sedikit mendukung klaim Sellars adalah hak paten yang baru-baru ini diperbarui untuk backward compatibilities yang telah diajukan oleh Sony. Awalnya diajukan pada tahun 2015, lalu paten diperbarui pada bulan Februari. Ini bukan jaminan kalo Sony benar-benar lagi bekerja pada teknologi untuk PS5. Tapi bukan tidak mungkin juga ini bisa untuk konsol generasi baru.Berita PlayStation Plus

Meskipun belum ada kata resmi dari Sony tentang pengembangan PlayStation 5, pengumuman baru-baru ini sehubungan dengan layanan PlayStation Plus telah memicu spekulasi. Sudah diumumkan kalo dari Maret 2019, PS Plus tidak akan lagi menawarkan game PS3 atau PSVita gratis dan malah akan fokus pada judul PS4. Hal ini menyebabkan beberapa orang bertanya-tanya apakah Sony mencoba untuk menghilangkan judul generasi yang lebih tua ini untuk mempersiapkan generasi baru. Ini, yang pasti, masih jadi spekulasi. Apa Sony benar-benar membuat jalan untuk PS5 atau apa Sony akan menawarkan kualitas yang lebih tinggi untuk permainan PS4. Masih nggak jelas dan kayaknya kita harus menunggu beberapa saat untuk mencari tahu apa rencana akhir PS Plus. TV SUDAH, AKANKAH KITA DAPET 4K GAMING?

PS4 Pro menawarkan petunjuk menggiurkan tentang bagaimana game 4K akan terlihat. Tetapi faktanya, dia masih belum melakukan grunt untuk melakukan native 4K secara konsisten. Teknik "kotak-kotak" untuk mengambil piksel tunggal dan menggunakan masing-masing untuk merender empat piksel dalam resolusi 4K itu pintar banget. Tapi, dapat melakukan keluaran 4K asli seringkali harus mengorbankan resolusi untuk menjaga kinerja tetap konsisten. Dukungan 4K asli, akan jadi kebutuhan dasar PlayStation 5.Selain visual 4K, jika pementasan terbaru di GDC 2018 adalah sesuatu yang harus dilakukan kita tentu dapat mengharapkan generasi berikutnya untuk menawarkan kemajuan visual yang luar biasa dalam hal model karakter.Selama GDC, ada gambaran sekilas tentang bagaimana permainan generasi berikutnya. Dengan menggunakan model teknologi andalannya, pencipta Unreal Engine menampilkan ‘masa depan’ dengan model karakter yang sangat realistis."Jujur, antara lima dan sepuluh tahun dari sekarang, saya tidak berpikir Anda akan bisa membedakan antara dunia nyata dan dunia maya," kata Epic CTO Kim Libreri kepada GamesIndustry.biz. EFEK VR Sony baru-baru ini menjadi produsen konsol pertama yang merangkul realitas virtual, berkat PlayStation VR. Hal ini tentu mengundang rasa penasaran tentang bagaimana PS5 dapat membawa VR ke level baru.Saat ini, PlayStation VR beroperasi pada resolusi yang lebih rendah daripada Oculus Rift dan HTC Vive. Menjalankan PlayStation VR pada PS4 Pro menghadirkan peningkatan frame rate, yang memang sangat berguna dalam hal pengalaman VR secara keseluruhan. Tapi sayangnya lagi, PS4 Pro nggak bisa mengatasi batasan resolusi yang ditetapkan oleh headset PlayStation VR. Sony mungkin akan ingin kembali ke pasar dengan teknologi PlayStation VR kedua yang lebih tinggi.Dan jika headset PlayStation VR 2 dapat dijual tanpa kotak hitam eksternal, headset ini harus jadi jauh lebih murah. Sebuah laporan terbaru dari SemiAcccurate yang mengklaim bahwa PS5 akan memiliki kemampuan virtual reality built-in pada tingkat silikon menunjukkan kalo ini memang mungkin akan terjadi.GIMANA BENTUK PS5?Tentu banyak yang menyarankan kalo konsol masa depan bisa mengambil bentuk yang sangat berbeda dengan yang sekarang. Berkat kemajuan dalam clouds computing yang membawa kemampuan untuk melakukan streaming permainan, sehingga menyingkirkan komponen yang membuat konsol begitu besar. Salah satu alasan untuk itu adalah bahwa dengan PS4, Sony baru saja berkomitmen untuk menggunakan apa yang pada dasarnya merupakan bagian dalam PC - tiga varian PlayStation pertama menggunakan komponen proprietary, di PS3, begitu esoterik sehingga konsol tersebut gagal. “Pengembang menginginkan kemampuan untuk membuat game terbaik menggunakan jumlah upaya minimum. Kami ingin fokus menjadi kreatif dan membuat semuanya berjalan dengan baik,” kata Chris Kingsley. “Jadi perangkat keras harus berbasis di sekitar perangkat keras konsol saat ini, yang didasarkan pada perangkat keras PC. Kami selalu menginginkan CPU dan GPU yang cepat, tapi RAM yang cepat juga sangat penting. nggak ada gunanya memiliki prosesor yang cepat jika mereka kekurangan data.” Kalo semua hal di atas dapat dicapai, apa PS5 masih memiliki hard disk?Presiden dan CEO Sony Computer Entertainment, Andrew House berbicara di peluncuran PS4 tentang memutuskan untuk memasang hard disk dan RAM 8GB di PS4, keduanya adalah "Billion-Dollars Decision". Fakta bahwa Sony sekarang telah membuat dukungan hard drive eksternal yang mungkin untuk PS4 dan PS4 Pro adalah langkah ke arah yang benar dan ini adalah sesuatu yang dapat dilakukan melalui PS5, yang tidak diragukan lagi harus berurusan dengan aset 4K yang lebih besar.Tampaknya pasti bahwa PlayStation sangat tertarik untuk mendengar apa yang dipikirkan oleh komunitasnya. Baru-baru ini sebuah kelompok yang disebut PlayStation Voice mengirimkan survei kepada anggota komunitas tertutup yang menanyakan apa harapan mereka terhadap PS5. Menurut PSU PlayStation Voice adalah komunitas yang dijalankan oleh lembaga wawasan konsumen pihak ketiga. Setelah informasi dikumpulkan, hal itu dikembalikan ke klien. Klien dalam hal ini mungkin adalah Sony PlayStation.

STREAMING GAMES

Sony sudah memiliki layanan streaming-game dalam bentuk PlayStation Now.Sudah pasti ada pengaturan biaya berlangganan yang tepat, mengingat bahwa PlayStation Now secara efektif memberikan backward compatibilities, sebuah "kemewahan" yang sebelumnya gratis untuk pemilik PlayStation 2s dan 3s.Namun masalah terbesar adalah kecepatan broadband. Bahkan TV 4K memerlukan minimal 25Mbps broadband untuk menyediakan streaming yang memuaskan, dan diragukan apakah streaming game 4K akan bekerja dengan baik pada kecepatan tersebut. Dalam pernyataan baru-baru ini, Philip Hammond mengumumkan investasi infrastruktur yang ditujukan untuk membawa broadband cepat dan data seluler 5G ke Inggris. Mungkin first mid-cycle upgrade, akan menjadi versi streaming yang memanfaatkan jaringan 5G yang sedang berkembang?CAKRAM OPTIK, ATAU NGGAK?Meningkatnya permainan unduhan, para pakar telah memprediksi bahwa konsol akan lenyap selama sekitar satu dekade dari sekarang. Namun, dugaan yang ada adalah kalo PS5 tidak akan menjadi sistem pertama yang berisiko merambah jalan itu. Setidaknya tidak sampai Microsoft melakukan hal yang sama.Survei terus menunjukkan bahwa gamer masih terikat dengan kemungkinan untuk membeli game pada disk fisik dan karena masalah ruang hard disk. Meskipun hanya generasi konsol saat ini yang masih harus menginstal seluruh isi cakram Blu-ray ke hard disk.Jika Sony masih mengharuskan gamer menginstal seluruh drive Blu-ray dari PS5, gamer akan mengharapkan beberapa terabyte penyimpanan sebagai kompensasi.Kingsley memberikan pandangannya tersebut, “Saya pikir mengantarkan film dan game melalui disk sedang menurun, karena kebanyakan orang menjadi digital; namun, beberapa orang menyukai cakram fisik, jadi siapa yang tahu apakah penurunan itu akan turun dan tetap ada tetapi pada level yang lebih rendah dari sekarang?”Angka unduhan telah meningkat selama setahun terakhir, tetapi EA CFO Blake Jorgensen mengatakan bahwa dia berpikir konsol dan disk drive akan terus bertahan.“Konsol dan disk drive mungkin tetap ada untuk jangka waktu yang lama. Saya pikir konsumen yang memutuskan apa cara termudah bagi mereka untuk membeli game. Dan itu mungkin berarti mereka tidak lagi memiliki toko di jalan sehingga mereka memutuskan untuk membelinya [secara digital] hal yang dianggap lebih mudah bagi mereka untuk melakukannya."JADI APA YANG BISA KITA HARAPKAN DARI PS5?Mengingat bahwa PlayStation 4 diluncurkan pada tahun 2013 dan konsol Sony sebelumnya tiba dalam interval enam tahun, akan mudah untuk memproyeksikan kalo sony akan meluncurkan PlayStation 5 pada tahun 2019. Jenis teknologi yang tersedia akan dengan mudah memungkinkan game 4K asli penuh tanpa membebani PS5 2020 mungkin adalah tahun di mana Sony merilis PS5 di dunia, sebagai konsol 4K asli pertama dengan VR nirkabel. Ya setidaknya sebelum Microsoft sampai sana duluan sih. GAME APA AJA YANG BAKAL ADA DI PS5 ?Kita mengharapkan game yang ada di PS4 bisa dimainkan di PS5 juga. Atau ada remaster seperti yang pernah ada waktu perpindahan dari PS3 ke PS4. Namun, yang pasti kita membayangkan akan ada beberapa game yang dikembangkan khusus untuk generasi konsol baru ini dengan kekuatan baru yang kemungkinan akan ditawarkan. Dan kayanya, ada peluang bagus bahwa Cyberpunk 2077 akan menjadi salah satu dari awal Judul PS5.

Penulis: Vianny Quininta

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest