Follow Us

7 Buku Soal Teknologi Wajib Baca Buat Lo Yang Mau Mulai Bisnis Baru!

HAI Internship - Kamis, 24 Mei 2018 | 14:48
Books Read Literature Book Pages Paper Text
https://www.maxpixel.net/

Books Read Literature Book Pages Paper Text

HAI-ONLINE.COM - Apa lo pernah denger kalo ketertarikan Mark Zuckerberg itu mencalonkan diri jadi presiden? Kalo ketik Elon di Google, siapa yang muncul pertama kali? Kalo denger Steve Jobs, apa yang lo pikirin pertama kali? Bagaimana dengan Bill Gates, orang terkaya di dunia?Dalam masa perkembangan IPTEK ini, setiap orang pasti punya mimpi jadi seorang ‘tech billionaire’ atau singkatnya, jadi orang kaya. Ada semacam ‘hollywoodisasi’ dalam hal kewirausahaan. Mungkin itu juga jadi hal yang mudah dalam memulai sebuah bisnis. Buka laptop, buat website, pilih template, promosiin di situs belanja online, mencari sebuah masalah yang mungkin ada, coba menyelesaikannya. Untuk beberapa kasus, banyak orang mencoba untuk mendapatkan uang sebelum gagasan yang ideal benar-benar terbentuk. Semua terasa mudah. Inilah yang mengarahkan orang-orang untuk salah kaprah dan memberikan gambaran yang salah mengenai bagaimana caranya membangun sebuah bisnis. Untuk membantu para calon pebisnis muda, HAI mau rekomendasiin beberapa buku yang membantu lo buat mengerti teknologi. Khususnya buat lo yang akan memulai bisnis baru. Ini dia 7 buku yang cocok dibaca buat lo yang akan memulai sebuah langkah untuk membangun usaha baru:

Cek: Rekomendasi 7 Buku Musik Indonesia Yang Asik Dibaca

THINKING IN SYSTEMS: A PRIMER BY DONELLA MEADOW

Buku ini menjelaskan kebutuhan lo untuk memahami sistem secara keseluruhan. Pemahaman sistem yang menyeluruh dan model yang beroperasi dalam sistem ini dijelaskan di dalam buku setiap saat diperlukan sebelum gangguan benar-benar terjadi. Seperti kata pepatah, "to disrupt a thing, you have to truly understand it."

THE SECOND MACHINE AGE BY ERIK BRYNJOLFSSON, ANDREW MCAFEE

Bicara soal robot dan manusia sudah jadi hal yang biasa. Buku ini berfokus pada dampak perubahan teknologi terhadap pekerjaan manusia. Dalam buku ini, kita perlu secara proaktif melakukan sesuatu untuk ‘membenahi’ kembali kondisi memburuknya kesenjangan pendapatan yang disebabkan oleh teknologi.

THE MASTER SWITCH BY TIM WU

Dalam buku ini, Tim Wu mendiskusikan dampak teknologi dan arus informasi pada TV, film, dan internet. Buku ini berisi perjalanan melalui kehidupan industri-industri sebagai sebuah siklus yang dilewati oleh teknologi sampai akhirnya teknologi ada dimana-mana. Baca juga buku terbaru Tim Wu “The Attention Merchants” untuk mempelajari lebih lanjut soal bagaimana kita mencapai titik ini di dalam kehidupan internet.

FUTURE SHOCK BY ALVIN TOFFLER

Salah satu kutipan dari buku ini yang bisa mewakili teknologi komunikasi masa sekarang adalah, “…but in almost every other communications medium we can trace a decreasing reliance on mass audiences. Everywhere the ‘market segmentation, process is at work."Ada lagi satu kutipan yang erat kaitannya dengan buku “The Second Machine Age” adalah, “there are discoverable limits to the amount of change that the human can absorb, and that by endlessly accelerating change without first determining these limits, we may submit masses of (hu)mans to demands they simply cannot tolerate.”Walaupun beberapa konteks mungkin sudah ketinggalan jaman, karena buku ini ditulis pada tahun 1970, tapi buku ini menggambarkan kecepatan perubahan dan informasi yang berlebihan dan masih berlaku sampai saat ini.

TECHNOPOLY BY NEIL POSTMAN

Buku ini menarik buat dibaca karena bisa buat lo melihat teknologi dari prespektif yang lain. Elemen-elemen dalam buku ini membuatnya jadi bacaan yang keren. Buku recommended ini berfokus pada kenggaksetaraan teknologi yang dibawa ke masyarakat.

WHAT TECHNOLOGY WANTS BY KEVIN KELLY

Kevin Kelly bisa dibilang jadi kebalikan dari Neil Postman. Karena dia adalah salah satu pendukung dari nilai ‘perubahan teknologi yang nggak bisa kita hindarkan dalam hidup kita.’ Kevin Kelly membagikan lebih banyak ekspektasi bahwa dirinya punya perubahan sistem teknologi di sekitar kita dalam buku terbarunya yang berjudul “The Inevitables.”

LIFE OF PI BY YANN MARTEL

Pasti familiar, kan sama buku ini? Buku ini mungkin kelihatan aneh untuk disertakan di sini. Beberapa buku memaksa pembaca untuk menghadapi siapa diri kita sebenarnya. Beberapa buku juga mengarahkan persepsi pembaca untuk melihat situasi yang lagi trend saat itu. Kita semua punya semacam ‘filter’, untuk melihat dunia dari ‘lensa’ yang kita miliki. Kita juga bisa menginterpretasi tentang sekarang dan masa depan kita melalui lensa ini. Hal ini penting kalo lo mau melihat tren teknologi dan membuat sebuah produk yang bisa jadi trending dan ‘tahan lama’ dalam kemampuannya dalam memecahkan masalah efesiensi manusia. Life Of Pi membuat kita berpikir dan membantu kita memahami tentang ‘lensa’ kita ini.

Penulis: Vianny Quininta

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest