Follow Us

Ini Dia Fakta Menarik dari Lidah Kucing yang Berduri tapi Bermanfaat

Alvin Bahar - Minggu, 20 Mei 2018 | 19:15
Ini Dia Fakta Menarik dari Lidah Kucing yang Berduri tapi Bermanfaat

HAI-ONLINE.COM - Apakah kamu pernah dijilat kucing? Bagaimana rasanya?Lidah kucing itu rasanya kasar seperti amplas dan kering. Itu karena permukaan lidah kucing dilapisi dengan papilla (papillae), yaitu kulit yang kaku yang terbuat dari keratin.Selain papilla, kuku dan rambut pun terbuat dari keratin. Papilla berbentuk duri kecil yang melengkung ke belakang.Berikut ini adalah fungsi papilla!Mencengkeram Makanan

Kucing akan dengan mudah mengambil makanan yang ukurannya cukup besar. Ia tinggal menggigit makanan itu dengan giginya.Bagaimana bila makanan itu ukurannya kecil. Misalnya butiran-butiran dry food.Kucing akan mengambil makanan itu dengan lidahnya. Makanan yang sudah berada di atas lidah nggak akan lepas lagi karena dicengkeram oleh papilla.Dengan adanya papilla, kucing juga bisa memarut daging dari tulang mangsanya, sehingga daging mudah lepas.Menyisir Bulu Ketika kucing sedang makan, mungkin ada makanan yang menempel di bulunya yang ada di sekitar mulut atau di bagian badannya yang lain.Maka kita sering melihat kucing menjilati bulunya segera setelah makan.Sebenarnya kucing sedang menyisir bulunya dengan menggunakan papilla. Tujuannya untuk menjatuhkan sisa makanan dari bulunya.

Cek: 5 Fakta Film Captain Marvel yang Terungkap dari Foto SyutingnyaSelain untuk kesehatan, membersihkan sisa makanan itu bertujuan untuk menghilangkan jejak pada predator.Menyisir bulu pun dilakukan saat badannya kena kotoran. Misalnya saat kucing tercebur di got dan lain-lain.

Menyikat Kulit

Menjilati bulu kadang dilakukan untuk menyikat kulit.Dengan batuan air liur dan papilla, kulit mati, bakteri, dan kuman-kuman yang menempel di kulit kucing akan rontok.Menyikat kulit juga membantu kucing menyebarkan minyak tubuh dan meningkat peredaran darah pada kulit.Menahan AirKetika kucing sedang minum, kita melihat binatang itu mencelupkan lidahnya lalu menariknya ke dalam mulut. Hal itu dilakukan berkali-kali dengan sangat cepat.Menurut penelitian, saat akan minum, kucing akan mengkerutkan lidahnya.Kemudian ia akan melepaskan kerutan di dalam air, sehingga lidahnya seperti menampar air.Air yang terpercik akan masuk ke dalam mulut.Sebelum kucing menutup mulutnya, air akan ditahan oleh papilla sehingga air nggak keluar lagi.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Mengenal Fungsi Papilla, Lapisan pada Lidah Kucing yang Berbentuk Duri"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest