Follow Us

Mengenal Alti Firmansyah, Ilustrator Indonesia Yang Menggambar Komik Marvel

Rizki Ramadan - Selasa, 20 Februari 2018 | 09:15
Alti Firmansyah, Ilustrator Indonesia Yang BIkin Komik untuk Marvel
Rizki Ramadan

Alti Firmansyah, Ilustrator Indonesia Yang BIkin Komik untuk Marvel

HAI-online.com - Pernah ngimpi nggak sih lo bisa ngeliat langsung gimana proses kerja di industri komik Marvel? Wah sekarang ini lo mesti meningkatkan lagi mimpi lo tuh. Jangan cuma mengunjungi doang, tetapi juga bekerja di sana. Well, salah satu illustrator Indonesia sudah membuktikannya, lho.

Dia adalah Alti Firmansyah, cewek lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB tahun 2001. Alti diajak untuk mengerjakan proyek X-Men ’92 dari Marvel Comics.

BACA JUGA: 7 Tokoh Dunia yang Pernah Muncul di Komik Marvel

Kerjanya Menantang

Bukan cuma petualangan para superheronya saja yang menantang di Marvel, tetapi juga pekerjaan para senimannya.

Alti cerita, awalnya, dia diminta untuk bikin gambar empat halaman. “Aku diberi lima skrip berbeda dan diminta untuk mengerjakan empat halaman dari salah satu komik yang aku pilih dan aku rasa paling cocok dengan gayaku,” cerita Alti.

Ia lolos tahap tersebut dan dipilih untuk mengerjakan komik Star Lord & Kitty Pryde pada 2015 lalu dan proyek X-Men ’92 di 2016. Wah, keren, yah.

Nah, tantangan yang ia hadapi saat menggambar adalah ketika bikin latar ruangan atau gedung-gedung. Jadi dia perlu ngulik lebih tuh.

“Tantangan paling utama adalah dalam penggambaran background ruangan atau gedung-gedung, karena aku enggak punya dasar arsitektur dan taste di seputar bidang mesin mekanik. Jadi enggak jarang aku harus menggambar sambil membuka referensi-referensi objek tersebut,” jelasnya.

Untungnya, pihak Marvel sangat membantu banget sehingga bisa mempermudah Alti dalam bekerja. Mereka membantu dalam menjelaskan jalan cerita secara keseluruah dan menyediakan banyak referensi penting.

“Mereka sangat komunikatif dan responsif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaanku,” kata Alti.

Halaman Selanjutnya

Ilustrator Cewek Itu Hebat.
1 2

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest