Follow Us

Hari Lahir Pancasila Beda Dengan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Faktanya

Alvin Bahar - Kamis, 01 Juni 2017 | 04:33
Selamat Hari Lahir Pancasila!
Alvin Bahar

Selamat Hari Lahir Pancasila!

Hayo, siapa di sini yang kadang-kadang masih kebalik soal Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila? Tanggal 1 Juni kadang dibilang sebagai Hari Kesaktian Pancasila, begitu juga sebaliknya.

Padahal, nih, guys, kedua hari itu berbeda, loh. Hari Lahir Pancasila dirayakan tiap tanggal 1 Juni, sedangkan Hari Kesaktian Pancasila di tanggal 1 Oktober. Nah, apa bedanya?

Secara garis besar, Hari Lahir Pancasila adalah hari di mana Pancasila pertama kali diperdengarkan kepada umum. Saat itu, 1 Juni 1965 silam, Soekarno berpidato di hadapan BPUPKI mengusulkan nama dasar negara kita dengan nama Pancasila.

Baca Juga: Ini Dia 5 Lagu Rock Indonesia Tentang Garuda Pancasila

Sementara Hari Kesaktian Pancasila adalah hari di mana Pancasila dianggap sebagai dasar negara yang tak tergantikan. Nah, hari ini juga ada hubungannya dengan G30S/PKI.

Jadi, pada 30 September 1965 silam, ada sedikitnya enam jenderal dan satu kapten yang dibunuh oleh oknum PKI sebagai upaya kudeta. Namun, gejolak tersebut berhasil diredam militer Indonesia. Nah, pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Gimana, guys, udah tau perbedaannya?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest