Follow Us

Weekend Ini Ada Record Store Day Jakarta, Yuk Rame-rame ke Pasar!

Alvin Bahar - Jumat, 21 April 2017 | 06:15
RSDJKT 2017
Alvin Bahar

RSDJKT 2017

Bagi sebagian orang, rilisan musik fisik berbentuk kaset pita, CD (compact disc), dan piringan hitam mungkin terkesan sangat usang. Jelas sih, semenjak kehadiran internet secara masif di Indonesia, sangat mudah untuk mendapatkan akses berbagai jenis musik secara digital dengan gratis. Akibatnya, beberapa perusahaan besar yang terlibat dalam industri tersebut banyak yang melakukan pengurangan jumlah toko dan pegawai, serta nggak sedikit pula yang memberhentikan secara total kegiatan usahanya.

Semenjak kehadiran internet pula, masyarakat lebih mudah mendapatkan akses terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di berbagai belahan dunia. Record Store Day mungkin merupakan salah satunya. Hari perayaan internasional bagi seluruh toko musik tersebut telah dimulai semenjak tahun 2007 di Amerika Serikat. Hingga saat ini, tepatnya pada setiap akhir minggu ke-3 di bulan April, Record Store Day diadakan di semakin banyak lokasi di seluruh dunia dengan inti kegiatan dan tujuan yang nggak berbeda: merilis musik fisik secara serempak demi mengapresiasi produktivitas para musisi dalam berkarya serta melestarikan budaya mengumpulkan rilisan fisik. Di Indonesia sendiri jumlah kolektor rilisan fisik semakin meningkat, hal tersebut ditandai dengan maraknya perayaan Record Store Day di berbagai lokasi.

Berangkat dari kesamaan visi dan misi, maka Record Store Day Jakarta 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 22-23 April secara kolektif oleh sebagian besar toko musik yang berlokasi di Blok M Square dan Pasar Santa, serta turut mengajak berbagai brand lainnya yang berkaitan dengan musik untuk meramaikan bazaar pada acara tersebut.

“Acara akan dilaksanakan dengan format yang nggak jauh berbeda di kedua lokasi yang juga merupakan lingkungan toko musik, sehingga kami bisa fokus menyiapkan acara di tempat masing-masing tanpa harus memikirkan untuk memindahkan barang dagangan. Kami juga berharap acara ini dapat menarik minat pengunjung untuk mengunjungi pasar modern dan berdampak positif bagi pedagang lainnya di lingkungan kami”, ujar Samson, selaku ketua penyelenggara.

Selain promosi menarik oleh para peserta bazaar, di kedua lokasi, akan dilakukan juga perilisan musik fisik dan pembagian CD kompilasi secara gratis sebagai inti dari Record Store Day Jakarta 2017.

“Sejak bulan lalu kami telah membuka pendaftaran secara terbuka bagi siapa saja yang ingin mendistribusikan rilisan musiknya yang berbentuk fisik di kedua lokasi acara. Bagi yang belum siap untuk itu, kami juga telah membuka pendaftaran bagi band yang telah memiliki single dalam bentuk digital untuk diikutsertakan dalam CD kompilasi yang nantinya akan dibagikan secara gratis kepada pengunjung yang melakukan pembelian rilisan fisik di official booth Record Store Day Jakarta 2017,” lanjut Samson, yang menururtnya hal tersebut dilakukan untuk mendukung produktivitas musisi tanah air dalam berkarya.

Nggak hanya itu, terdapat juga penampilan dari beberapa musisi yang turut merilis musiknya pada Record Store Day Jakarta 2017 seperti AlaskaQ, Ramayana Soul, Sound Solution, dan Dangerdope, serta penutupan acara oleh disc jockey pada acara yang diselenggarakan di Pasar Santa.

Bagi para penikmat dan pengapresiasi karya musik di Jakarta, informasi lebih lanjut mengenai peserta bazaar, promosi, dan rundown acara dapat diakses melalui Instagram dengan hashtag #RSDJakarta2017. Sikat!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest