Follow Us

Dari BMKG sampai ke Bank Indonesia, Siswa SMA ini Selalu Study Tour Ke Lembaga Negara Tiap Bulannya

Rizki Ramadan - Senin, 20 Februari 2017 | 11:30
Siswa SMA Taruna Bumi Khatulistiwa saat berkunjung ke BMKG
Rizki Ramadan

Siswa SMA Taruna Bumi Khatulistiwa saat berkunjung ke BMKG

Mimpi memang harus tinggi, pembekalan sejak dini perlu dilakukan, bakat dan minat yang terpendam di setiap anak harus dikembangkan. Menjadi penjelajah inspirasi yang selalu haus mencari informasi dan belajar lapangan secara langsung itu salah satu cara untuk membuka pola pikir kita tentang dunia kerja.

Nah, inilah yang dilakukan siswa-siswi SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, salah satu sekolah yang ada di Kalimantan Barat dengan pola pendidikan semi militer. Siswa di SMA Taruna nggak hanya belajar di lingkungan kampus saja, mereka juga melalang buana ke tempat-tempat penuh inspirasi.

Cara belajar di SMA Taruna dikemas menarik agar siswanya nggak cuma belajar teori untuk mengejar cita-citanya, namun diajak untuk mengenal, melihat, melakukan dan bertanya secara langsung kepada orang yang telah handal dalam bidangnya.

Berkunjung Ke Banyak Lembaga

Tempat yang dikunjungi belum lama ini adalah markas TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara, Air Traffic Control And Navigation (AIR-NAV), Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Perusahaan Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan Bank Indonesia. Itu adalah beberapa tempat yang baru-baru ini dikunjungi. Setelah para pemateri dari berbagai profesi datang ke kampus SMA Taruna, saatnya para siswa diajak langsung untuk merasakan dunia kerja seperti apa.

Kegiatan inspiring leadership baik di lingkungan kampus maupun berkunjung langsung ke tempatnya memang program sekolah dalam menjalankan kurikulum khusus yang ada di SMA Taruna yaitu kepemimpinan. Biasanya diadakan setiap bulan sekali.

Belajar Baca Cuaca sampai Mengatur Penerbangan

Siswa diajak langsung aktif dalam kegiatan tersebut, seperti ketika inspiring leadership di Markas Komando LANTAMAL XII selain mendapat materi dan melihat aktifitas para prajurit negeri ini, siswa juga diajak untuk berlayar di laut mengunakan kapal Kal.Sambas dan Kal.Lumukutan.

Ada kegiatan sosial juga ketika di Markas Komando LANTAMAL XII yaitu donor darah, selain itu siswa yang ingin melanjutkan pendidikan kedunia TNI terutama Angkatan Laut mengikuti pelatihan untuk pemantapan diri saat test nanti yang langsung dibina oleh TNI Angkatan Laut.

Nah, kalau di Stasiun BMKG region Kalimantan Barat siswa diajak untuk mengenal alat-alat yang digunakan untuk menganalisis cuaca. Wah.. seru yaa!

Nggak ketinggalan nih siswa juga diajak untuk melihat perkembangan curah hujan yang ada di Kalimantan Barat serta sistematika yang diperlukan untuk mengetahui perubahan cuaca yang terjadi di dalam wilayah pemantauan stasiun BMKG tersebut.

Lain lagi nih, guys.. ketika teman-teman dari SMA Taruna studi di AIR-NAV mereka diajak untuk melihat lebih dekat ke dalam ATC (Air Traffic Control) Bandara Supadio. Dari ATC, siswa dapat melihat secara langsung bagaimana seorang FD ( Flight Dispatcher ) mengatur jalannya penerbangan melalui radar dan instrumen-instrumen navigasi penerbangan lainnya. Untuk siswa kelas XII penutupan Inspiring Leadership nya baru saja dilaksankan tanggal 1 Februari 2017 kemarin di Bank Indonesia.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest