Follow Us

Ternyata Mapel Pilihan di UN Nggak Mesti Sesuai Jurusan Kuliah. Ini Alasannya

Rizki Ramadan - Jumat, 03 Februari 2017 | 07:30
Kode Kode Menjawab Soal Ujian Nasional
Rizki Ramadan

Kode Kode Menjawab Soal Ujian Nasional

Sejak awal semester ini, obrolan anak-anak kelas XII tuh nggak jauh dari pelajaran yang bakal dipilihnya untuk di ujian nasional nanti. Kalau dari survei HAI, sih, di jurusan IPS. Mapel yang paling banyak dipilih adalah Ekonomi. Lalu disusul oleh Geografi dan Sosiologi.

Sementara di jurusan IPA, Biologi yang paling meraja.Setelahnya adalah Fisika dan yang paling sedikit dipilih adalah Kimia.

Nah, dalam memilih mapel ini. Pertimbangan mereka bermacam-macam. Ada yang menyesuaikan dengan kemampuannya, ada yang berdasarkan pilihan orangtuanya, dan banyak juga yang menyesuaikan dengan jurusan yang akan dipilihnya di perguruan tinggi nanti.

Emang banyak rumor yang beredar bahwa mapel pilihan kita di UN bakal ngaruh ke seleksi perguruan tinggi nanti. Rumor ini juga udah nyampe ke Kemendikbud sebagai pihak yang berwenang.

Pak Nizam, sebagai Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, memastikan bahwa mapel pilihan sesuai jurusan nggak mesti berhubngan dengan program studi yang dipilihnya untuk perguruan tinggi.

Pihak Kemendikbud udah diskusi juga dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengenai masalah mapel pilihan ini. Hasilnya, siswa bebas milih mapel di UN tanpa harus linear dengan pilihan kuliahnya.

“Mata pelajaran pilihan memberi kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan yang terbaik dari dirinya. Tidak dihubungkan dengan pilihannya di perguruan tinggi,” ujar Pak Nizam seperti tertulis di web Kemendikbud.

Kebijakan mengenai mata pelajaran pilhan dalam UN bertujuan untuk memberikan dorongan atau motivasi kepada siswa untuk menunjukkan yang terbaik dari bidang yang diminati. Karena itulah mata pelarjan pilihan ditetntukan oleh siswa sendiri, bukan oleh sekolah.

So, pilih aja mapel yang paling bisa kamu kuasai, bro!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest