Follow Us

Reza Rahadian Bocorin 4 Langkah Maksimalkan Hak Suara Anak Muda!

Dewi Rachmanita - Selasa, 19 Februari 2019 | 14:25
4 Langkah Maksimalkan Hak Suara Anak Muda
We The Youth

4 Langkah Maksimalkan Hak Suara Anak Muda

HAI-Online.com - Udah tahu kan sob kalau Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) bakal dilaksanain 17 April mendatang? Mungkin ada di antara lo yang baru tahun ini mulai ikutan nyoblos dan masih bingung soal hak suara yang dipunya?

Lo tau nggak sih kalau satu suara lo tuh berpengaruh besar loh terhadap negara ini. Suara lo pun sama kuatnya dengan jutaan suara orang lain.

Buat yang masih bingung, Reza Rahadian kasih lo saran nih lewat We The Youth terkait penentuan pilihan kandidat calon presiden dan wakil presiden.

Baca Juga : Kocak, Begini Jadinya Kalau Dua Anak Presiden 'Ribut' di Media Sosial

1. Kenali kandidat

Ini penting banget bro. Lo mesti tahu latar belakang kedua calon tersebut yang nanti bakal berpengaruh saat kepemimpinan negeri. Lo mesti aktif cek visi misi, strategi, dan program serta cara kerja yang ditawarkan.

2. Kenali tim sukses kandidat

Nggak cuma penting untuk kenal kandidat calon presiden dan wakil presiden, lo pun harus kenal tim sukses di baliknya. Coba kulik deh gimana mereka kerja dan strategi yang digunakan.

3. Baca berita terkini seputar Pilpres dan kandidat

Nah, cari deh info sebanyak-banyaknya soal Pilpres dan kandidatnya. Tapi, jangan sampai kemakan hoaks alias berita bohong. Coba cross check, verifikasi, dan jangan gampang percaya sama sebuah info yang nggak jelas sumbernya.

Baca Juga : Debat Capres Bahas Pencemaran Lingkungan, Ternyata Bukan Cuma Laut, Sungai Kita Tercemar Juga!

Dari sini, lo akan bisa bikin opini pribadi terhadap komunikasi dan sikap tiap kandidat selama masa kampanye. Apakah menebar semangat positif, pesimis, bohong, atau hal-hal lain yang berkaitan.

4. Jangan lewatkan debat kandidat

Lewat acara debat kandidat, lo akan semakin tahu nih bro tentang kualitas kedua pihak. Ini penting banget. Mereka bakal unjuk gigi dan saling melontarkan pemikirannya masing-masing terkait isu yang lagi dibahas. Tentu ini bisa semakin bikin lo kenal dengan kedua kandidat.

Jangan lupa segera tentukan pilihanmu ya. Kenali dengan cermat kedua kandidat. Yuk melek politik! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest