Follow Us

Pete Shelley, Vokalis Band Punk Rock Buzzcocks Meninggal Dunia

Ricky Nugraha - Jumat, 07 Desember 2018 | 13:07
Pete Shelley
BBC

Pete Shelley

HAI-online.com - Pete Shelley, vokalis dari band punk rock asal Inggris, Buzzcocks, dikabarkan telah meninggal dunia pada hari ini (7/12/18) di usia 63 tahun.

Hal ini dikonfirmasi langsung lewat akun media sosial Buzzcocks yang menuliskan, "Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengkonfirmasi kabar kematian Pete Shelley, salah satu penulis lagu paling berpengaruh dan produktif di Inggris dan salah satu pendiri dari band punk Buzzcocks."

"Musik Pete telah menginspirasi berbagai generasi musisi sepanjang lima dekade karirnya baik dengan band maupun sebagai artis solo, ia mendapat penghargaan tertinggi oleh industri musik dan oleh para penggemarnya di seluruh dunia."

Menurut kabar yang diperoleh BBC dari manajemen band Buzzcocks, Pete Shelley diduga meninggal karena serangan jantung di tempat tinggalnya di Estonia pada Kamis waktu setempat.

Baca Juga : Dave Grohl Dituduh Halangi Perilisan Album Emo Band Bassist-nya Sendiri, Namun Begini Kebenarannya

Pete Shelley merupakan penulis lagu paling populer dari Buzzcocks, yaitu Ever Fallen in Love (With Someone You Shouldn’t’ve) yang dirilis pada tahun 1978, dua tahun setelah Buzzcocks terbentuk.

Pete Shelley yang punya nama lengkap Peter Campbell McNeish lahir di Leigh, dekat Wigan, pada tahun 1955 dan mulai membentuk Buzzcocks di Bolton pada tahun 1975 dengan Howard Devoto, yang kemudian membentuk band post-punk Magazine.

Buzzcocks pun menjadi bagian dari skena punk Inggris dan menjadi salah satu band yang berpengaruh sejak itu.

Kabar kematian Pete Shelley pun membuat para musisi lain seperti Tim Burgess (The Charlatans), Norman Blake (Teenage Fanclub), dan Tracey Thorn berkabung sambil memberi ucapan bela sungkawa lewat Twitter.

Rest in Peace, Pete Shelley.

Source : The Guardian

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest