Follow Us

Terjangkit HIV Sewaktu Muda, Ini 7 Fakta Ngobrol Bareng ODHA Indonesia!

Al Sobry - Sabtu, 01 Desember 2018 | 18:43
Terjangkit HIV Sewaktu Muda, Ini 7 Fakta Ngobrol Bareng ODHA Indonesia!

Terjangkit HIV Sewaktu Muda, Ini 7 Fakta Ngobrol Bareng ODHA Indonesia!

HAI-Online.com – Apa yang kamu lakuin di Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember ini?

Mungkin lebih banyak yang diam di rumahnya ya? Atau malah diam-diam terus mencari informasi mengenai data terbaru soal HIV (virusnya) atau AIDS (penyakit/sekumpulan gejala yang timbul akibat rusaknya imun tubuh.red).

Nah, pada suatu siang (1/12/2018) yang agak-agak mendung, sebuah obrolan terjadi di antara anak muda yang ikut acara bertajuk “Ngobrol Bareng ODHA” bersama dengan Acep Gates. _Itu lho, youtuber pendatang baru yang berani ngaku ODHA.

Baca Juga : Ini Alasan Kita Perlu Bersahabat Dengan ODHA

Sebagai founder dari Red Survivor yang digagasnya, Acep merangkul temen-temen ODHA dan non ODHA untuk berdiskusi dan ngobrol santai mengenai HIV dan AIDS tepat di hari peringatannya.

Ternyata benar, fakta terbaru soal meningkatnya jumlah penderita HIV atau Orang Dengan HIV/AIDS yang disingkat ODHA di negeri ini kejadian, namun hal itu diimbangi juga dengan membaiknya pemahaman masyarakat Indonesia, terlebih anak muda untuk mengetahui HIV/AIDS.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyatakan, sebanyak 65,2 persen masyarakat Indonesia mampu menjawab 30 persen pertanyaan seputar HIV AIDS dengan benar. Namun sayangnya, gelombang pemahaman masyarakat soal HIV ini juga disusul bayang-bayang stigma dari sebagian masyarakat lainnya.

Nah, biar pahamnya nggak setengah-setengah, HAI ikutan nimbrung ‘Ngobrol bareng ODHA’ yang diikutin oleh sekitar 20 anak muda.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Perjuangan Ginan Koesmayadi Menghapus Stigma HIV/AIDS

Nggak sedikit yang membenarkan soal besarnya stigma masyarakat soal ODHA, baik di dunia nyata maupun di dunia maya (komentator julid.red).

Mereka jadi curhat banyak deh soal kehidupan yang dialami baik sebelum, saat maupun sesudah terjangkit penyakit mematikan tersebut.

Dari pengalaman teman-teman ODHA dan yang mendampingi ODHA, berikut fakta yang berhasil HAI rangkum untuk kita semua.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest