Follow Us

Jangan Ngedumel Mulu, Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Medsos Toxic

Dewi Rachmanita - Rabu, 21 November 2018 | 09:16
Instagram adalah media sosial paling buruk bagi kesehatan mental
bmedia4tech.com

Instagram adalah media sosial paling buruk bagi kesehatan mental

Hai-Online.com - Belakangan kayaknya mulai banyak orang yang jengah dengan media sosial. Beberapa malah milih quit dari Instagram atau media sosial (medsos) lain karena merasa toxic. Bikin punya rasa iri, insecure, dan sederet hal negatif lain buat diri.

Nggak jarang juga nih, medsos mungkin bikin kita jadi pengen pamer terus. Mau makan update, pergi ke mana update. Kadang suka cemburu lihat update-an teman dengan kehidupannya yang kayaknya asik. Padahal belum tentu loh kehidupan aslinya se asik itu bikin kita pengen jadi mereka.

Baca Juga : Hidup Normal ala Karin Novilda, Menjauhi Toxic Social Media!

Dilansir dari Kompas.com dari Pyschology Today, psikolog Mike Brooks, Ph.D bilang gawai sih emang mudahin kita komunikasi dengan teman dan keluarga. Namun, medsos juga bikin kita lebih mudah bandingin diri dengan orang lain dan memicu perundungan siber (cyber bullying). Ujung-ujungnya jadi kurang bersyukur dan selalu aja ngerasa kurang.

Biar hidup rasanya nggak sekedar update, likes, dan komentar sesama pengguna medsos aja, nih Hai kasih tahu beberapa cara ampuh biar bikin medsos anti-toxic.

1. Manfaatin fitur Mute dan Hide

Jengah sama berbagai masalah yang ada di media sosial, khususnya twitwar nggak berkesudahan? Tenang, nggak usah langsung emosi dan ngedumel. Lo bisa kok coba menggunakan fitur mute untuk kata kunci, bahkan kalimat tertentu di Twitter. Caranya tinggal atur di menu Notifications aja bro.

Selain itu, Twitter juga menghadirkan fitur Hide untuk akun yang follow. Jadi, ini opsi sih buat lo yang nggak mau block atau unfollow orang, tapi ogah liat tweet-tweet-nya.

Nggak cuma Twitter yang punya fitur Mute. Instagram pun demikian. Bedanya, di Instagram lo bisa nge-mute unggahan orang, baik feed maupun story. Fitur ini mirip-mirip sama Hide di Twitter, cuma lo tetap bisa kok liat post-nya di profil.

Sebenarnya sih ada juga fitur Hide di Instagram. Namun, itu bikin orang lain nggak bisa liat akun lo.

2. Follow akun berdampak positif

Jangan ngeluh melulu aja sob karena konten medsos yang hadir di linimasa lo negatif. Mungkin, lo mesti menyaring akun-akun yang diikuti. Banyak loh akun-akun yang bawa dampak positif. Daripada marah-marah mulu, ya mending follow akun asik yang "bener".

Editor : Al Sobry

PROMOTED CONTENT

Latest