Follow Us

Unik, Dokter di Kanada Bakal Menyembuhkan Pasien dengan Seni

Hai Online - Selasa, 06 November 2018 | 14:00
Menikmati Seni Uang dari Karya-Karya Para CreARTor Fest 2018
Sobry/HAI

Menikmati Seni Uang dari Karya-Karya Para CreARTor Fest 2018

HAI-ONLINE.COM - Beberapa studi telah membuktikan bahwa seni baik untuk kesehatan manusia. Nggak hanya kesehatan mental, tapi juga kesehatan fisik. Berangkat dari hal itu, dokter-dokter di Kanada akan segera meresepkan seni untuk membantu kesembuhan pasien. Pasien akan diberi akses masuk gratis ke museum lokal, Museum Seni Rupa Montreal (MMFA). Dengan melihat karya seni rupa, dokter-dokter di Kanada percaya hal tersebut akan memanjakan mata pasien dan membantu kesembuhan mereka. Dilansir Science Alert, Sabtu (3/11/2018), terobosan menggunakan karya seni sebagai pengobatan non-konvensional adalah yang pertama dilakukan di dunia.Tentu saja, resep seni nggak akan menggantikan pengobatan konvensional. "Resep" seni bertujuan untuk membantu perawatan pasien lebih baik lagi. Resep seni merupakan program yang dibuat Asosiasi Dokter Francophone di Kanada (MFdC). Mereka akan memberikan puluhan resep seni bagi pasien yang memiliki berbagai macam penyakit fisik maupun gangguan mental. Satu "resep" seni dapat digunakan untuk dua orang dewasa dan dua anak di bawah umur secara gratis.

Baca Juga : Seniman Ini Ilustrasikan Evolusi 10 Karakter Marvel dan DC dari Pertama Muncul Hingga Sekarang"Menawarkan tiket masuk gratis ke tempat yang aman dan ramah akan memberi (pasien) pengalaman santai, revitalisasi, waktu istirahat, dan kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan orang yang dicintai. MMFA-MFdC telah berkontribusi pada pemulihan kesehatan pasien," ujar MMFA dalam siaran resminya.

Kegiatan ini mungkin terlihat seperti upaya promosi agar museum dikunjungi banyak orang. Namun, ada banyak bukti yang mengatakan bahwa seni visual terutama lukisan alam dapat memberi efek positif pada kesehatan. Dalam beberapa kasus, manfaat dari menikmati karya seni sama seperti melakukan akivitas fisik. Tinjauan sistematis terapi seni klinis menemukan bahwa karya seni visual berdampak signifikan dan positif pada orang yang mengalami depresi, kecemasan, suasana hati yang buruk, trauma, sedih, penyakit alzheimer, dan gangguan mental lainnya. Temuan seperti ini perlahan mendapat daya tarik oleh komunitas medis. Salah satunya, menampilkan karya seni jadi prioritas utama di rumah sakit seluruh dunia. Di AS, hampir setengah dari semua lembaga perawatan kesehatan telah melibatkan seni dalam pengobatan pasien, seperti terapi seni dan menempatkan karya seni visual di rumah sakit. Sejauh ini lebih dari 100 dokter yang tergabung dalam MFdC telah mendaftar untuk program resep seni. "Ini artinya dokter memiliki kepekaan dan keterbukaan terhadap pendekatan alternatif," kata Nicole Parent, kepala MFdC.Pemberian resep seni bukanlah satu-satunya pengobatan nonkonvensional di dunia. Di kepulauan Shetland, Skotlandia, tenaga medisnya memiliki program pengobatan alam yang mendorong pasien untuk keluar ruangan dan menghargai lingkungan sekitarnya. Program ini disebut berjalan sangat baik dan terbukti dapat meningkatkan tekanan darah pasien, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan mental pasien. Pengobatan alam dan seni adalah dua jenis "resep" yang nggak biasa tapi dapat memainkan peran penting dalam kesejahteraan pasien. Mungkin suatu saat nanti hal ini juga dapat diterapkan di Indonesia.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terobosan Dunia Medis, Dokter Kanada Masukkan Seni dalam Resep"

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular