Follow Us

Heboh Video Tanah 'Bernapas' di Kanada, Begini Fakta Ilmiahnya

Ricky Nugraha - Selasa, 30 Oktober 2018 | 19:37
Video tanah bernapas
Twitter/DannyDutch

Video tanah bernapas

HAI-online.com - Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah video yang menampilkan tanah di suatu daerah seolah nampak sedang bernapas.

Dalam video yang viral tersebut, pohon-pohon terlihat bergoyang dan gundukan tanah naik cukup tinggi kemudian turun mirip seperti paru-paru di dalam dada ketika sedang bernapas.

Video tersebut awalnya diunggah oleh akun twitter @DannyDutch, dengan caption yang bertuliskan, "Tanah terlihat seperti sedang bernapas di hutan Quebec."

Kejadian unik tersebut direkam di hutan Sacre-Coeur, Quebec, Kanada pada awal bulan Oktober, dan peristiwa tersebut bukan lah gempa bumi atau hal-hal menyeramkan yang mungkin terlintas di pikiran kalian saat menontonnya.

Peristiwa unik tersebut memiliki penjelasan ilmiah, dan penyebabnya cukup sederhana, yaitu angin.

Baca Juga : Viral di 9Gag, Foto Ini Pas Terbalik Cantik, Pas Normal Malah Aneh, Begini Penjelasan Ilmiahnya

"Selama hujan dan badai angin, tanah menjadi jenuh, 'melonggarkan' kohesi (sudut geser) tanah dengan akar-akar saat angin bertiup di atas mahkota pohon," ungkap Mark Vanderwouw, ahli perawatan dan penanaman pohon (arborist) di Kanada dikutip dari Live Science.

"Angin sedang mendorong pohon-pohon ke atas, dan ketika kekuatannya bergeser ke akar, tanah menjadi seperti mengembang kempis," imbuhnya.

Jadi tanah dalam video tersebut terangkat cukup tinggi dikarenakan akar pohon yang tertiup oleh kencangnya angin yang berhembus saat itu.

Namun, akar-akat tersebut masih dapat bertahan, apabila angin yang berhembus lebih kencang lagi, maka yang mungkin terjadi adalah akar-akar tersebut akan patah dan menyebabkan pohon tumbang.

Pohon dan tanah memang bernapas, namun dengan cara yang sama sekali berbeda dengan video tersebut. Pohon bernapas dengan "menghirup" karbon dioksida (CO2) dari atmosfer untuk keperluan fotosintesis yang menghasilkan oksigen. Sedangkan tanah bernapas dengan bantuan mikroba-mikroba kecil yang hidup di bawah tanah. (*)

Source : Kompas.com, Live Science

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest