Follow Us

Lebih Bagus Selfie dari Sisi Kiri Wajah? Begini Penjelasan Ahli...

Bayu Galih Permana - Minggu, 28 Oktober 2018 | 16:40
Ilustrasi Selfie
iStockphoto

Ilustrasi Selfie

HAI-Online.com - Seperti yang kita tahu, selfie saat ini udah menjadi rutinitas tersendiri yang dilakukan oleh anak-anak muda ketika berada di manapun.

Tapi, kalian yang suka selfie pada nyadar nggak sih kalo foto selfie yang diambil dari sisi kiri wajah kita selalu terlihat bagus daripada kalo diambil dari kanan?

Menurut para ahli fenomena semacam ini disebut para ahli sebagai 'left side bias' atau bias di sisi kiri.

Jadi, dalam sebuah studi psikologi berisi penyelidikan 'sisi terbaik' wajah manusia, para ahli dari Australia menemukan bahwa sisi kiri wajah memiliki hubungan dengan bagaimana otak kita memproses emosi.

Baca Juga : Bisa Bikin Sepatu Kinclong, Ini 4 Manfaat Tersembunyi Kulit Pisang

Dosen senior di bidang neuropsikologi eksperimental di La Trobe University, Melbourne, Annukka Lindell pun lantas menelusuri media sosial Instagram dengan '#selfie', untuk menyelediki sisi wajah mana yang sering dilakuin ketika mengambil swafoto.

Dari total 2.000 foto (1.000 cowok - 1.000 cewek) yang dianalisa, ada 779 foto selfie yang menampilkan sisi kiri wajah, 686 foto menunjukkan sisi kanan, sedangkan 535 foto sisanya diambil dari depan.

Lebih lanjut, Lindell mengatakan bahwa kecenderungan untuk melakukan pose serupa saat selfie udah menjadi kesadaran bagi tiap orang sisi manakah yang terbaik.

"Kecenderungan untuk berulang kali melakukan pose yang sama saat selfie menunjukkan bahwa hal tersebut sudah menjadi kesadaran mana sisi terbaik," tulis Lindell dalam studi yang terbit di jurnal Frontiers in Psychology.

Baca Juga : Dalam 6 Tahun, Ada 259 Orang Tewas Karena Selfie Berbahaya

Sebelumnya, ahli dari Wake Forest University di Amerika Serikat juga sempat meminta orang untuk menilai sebuah foto, dan sama seperti temuan Lindell, mereka lebih suka gambar yang menunjukkan pipi kiri.

Hal ini sama dengan dugaan sebelumnya, di mana sisi kiri wajah terlihat lebih menarik karena dikendalikan otak bagian kanan yang bertanggung jawab pada emosi seseorang.

Gimana sob, setuju nggak sama temuan di atas? Atau malah merasa sisi kanan kalian lebih keliatan bagus kalo pas lagi selfie? (*)

Source : Kompas.com, The Independent

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest