Follow Us

Nothing Compares 2U, Lagu Sinead O’Connor Paling Terkenal yang Ternyata Hanya Cover

Alvin Bahar - Jumat, 26 Oktober 2018 | 15:39
Sinead O'Connor masuk Islam. (Kolase Spin dan Twitter)

Sinead O'Connor masuk Islam. (Kolase Spin dan Twitter)

HAI-ONLINE.COM - Lagu paling terkenal dari Sinead O’Connor adalah Nothing Compares 2U. Terbukti, lagu tersebut udah ditonton sebanyak 99 juta kali di YouTube dan 61 juta kali di Spotify, jauh melebihi lagu-lagu penyanyi Irlandia tersebut.Namun kamu tau nggak, kalo lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi yang kini memeluk Islam tersebut hanyalah cover?"Nothing Compares 2 U" selalu ada dalam kuis musik dengan pertanyaan, misalnya, "Lagu terkenal yang kamu nggak tahu siapa penulisnya". Sekadar catatan, lagu itu dicipta oleh Prince pada 1985 untuk kelompok musik sampingannya, The Family. Namun, versi O'Connor, bersama dengan videonya yang terkenal, melambungkan lagu dan penyanyi itu ke tangga lagu dan meraih ketenaran di seluruh dunia. Dalam video tersebut, O'Connor, yang tampil botak, menatap langsung ke kamera, seperti berbicara dengan seseorang yang dicintainya untuk menyampaikan permintaan yang emosional. "It’s been seven hours and 15 days since you took your love away," lantunnya.

Baca Juga : Kehidupan Menyedihkan Sinead O’Connor Semasa Remaja: Ortu Cerai Hingga Tinggal di PenampunganPuncaknya adalah ketika ia menyanyi dengan air mata yang menetes di pipinya. O'Connor menjelaskan emosi yang muncul dalam penampilannya itu merupakan bagian dari gaya bernyanyi yang ia pelajari. "Itu disebut Bel Canto", kata penyanyi yang kini bernama Shuhada Davitt tersebut kepada BBC, "tetapi itu sedikit seperti metode akting Stanislavsky--kamu harus menemukan emosi di dalam diri kamu yang bisa kamu gunakan." "Itu selalu sesuatu yang sama dan selalu berhasil... Saya berpikir tentang ibu saya... karena itu saya bisa meneteskan sedikit air mata dalam video itu. Ibu saya meninggal ketika saya berusia 17 tahun dan tak lama setelah peristiwa itu saya membuat video itu," kata ia lagi. Sinead O'Connor, yang populer dengan lagu ciptaan Prince berjudul "Nothing Compares 2 U", meyakini bahwa tembang itu merupakan lagu abadi tentang kehilangan. Lagu tersebut memiliki arti baru setelah kematian Prince.

Lagu patah hati terbaik

"Nothing Compares 2 U" dikenal sebagai lagu patah hati terbaik yang pernah dicipta dan juga dianggap sebagai salah satu hit terbaik sepanjang masa. Bagi O'Connor, yang populer dengan "Nothing Compares 2 U", lagu itu sangat universal dalam mengungkapkan emosi karena bercerita tentang kehilangan--sesuatu yang bisa memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. Dalam sebuah wawancara oleh BBC Radio 6 Music, O'Connor, yang meluncurkan sebuah versi dari lagu tersebut pada 1990, mengungkapkan bahwa isi lagu yang emosional itu memungkinkan ia untuk menampilkannya berulang-ulang selama beberapa tahun. "Ini benar-benar tentang emosi, ini bukan hanya mengenai catatan… Saya nggak pernah menyanyikan sebuah lagu yang saya tak bisa secara emosional mengidentifikasinya," jelas ia. Popularitas lagu tersebut juga membuktikan kejeniusan Prince sebagai penulis lagu dan lirik, di samping sebagai pemain berbakat yang nggak memiliki rasa takut, produser, dan multi-instrumentalis. Prince merupakan penulis lagu yang produktif. Lagu-lagu lain yang ia tulis, lalu kemudian direkam oleh artis-artis musik lain, meliputi "Manic Monday" oleh The Bangles dan "I Feel for You" oleh Chaka Khan. Prince menampilkan "Nothing Compares 2 U" secara langsung dengan Rosie Gaines dan artis-artis musik lain yang telah membawakannya, termasuk band Soundgarden dan vokalis Audioslave, Chris Cornell. Ketika Prince meninggal dunia secara mengejutkan pada 21 April 2016, Cornell mengunggah "Nothing Compares 2 U" versinya ke media sosial. Ia juga menulis, "Saya memberi penghormatan kepada artis yang nggak ada bandingannya, yang memberi inspirasi dalam seluruh hidup kita." Para penggemar Prince mengunggah penghormatan terhadap Prince melalui media sosial dengan menggunakan judul lagu dari lagu-lagunya yang terkenal. Pada hari kematian Prince, para penggemarnya berkumpul di luar Apollo Theater di New York untuk menggelar sebuah pesta dadakan. Pada papan pengumuman gedung tersebut terpampang judul-judul lagu terkenal karya Prince seperti "Nothing Compares 2 U" dan "The Beautiful Ones". Lagu itu memiliki arti yang baru bagi para penggemarnya setelah kematian Prince. Mungkin, sebagaimana yang pernah dijelaskan dengan tepat oleh ’Connor: "Saya pikir saya mungkin sama dengan jutaan orang yang menyukai lagu tersebut dan kami semua orang berhubung dengan lagu tentang kehilangan."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Nothing Compares 2 U", Karya Prince Tentang Kehilangan"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest