Follow Us

Rumah Sakit Ini Bikin Playlist Spotify yang Bisa Menyelamatkan Nyawa

Ricky Nugraha - Minggu, 21 Oktober 2018 | 17:00
Ilustrasi CPR
iStockphoto

Ilustrasi CPR

HAI-online.com - Ada yang pernah dengar istilah CPR?

CPR (Cardiopulmonary resuscitation) atau disebut juga resusitasi jantung paru-paru adalah tindakan pertolongan pertama saat terjadi insiden gawat yang menyebabkan jantung seseorang berhenti mendadak.

Tujuan dilakukannya CPR adalah untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup sama sekali.

CPR biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah tersertifikasi, dan memang lebih baik untuk segera menghubungi petugas medis apabila terjadi hal semacam ini.

Namun bukan berarti orang lain nggak bisa berusaha untuk menolong, karena sebenarnya CPR harus diberikan dengan cepat untuk meningkatkan sirkulasi tubuh.

Nah, untuk membantu orang untuk melakukan CPR, sebuah rumah sakit di Amerika Serikat, NewYork-Presbyterian Hospital, menciptakan sebuah playlist di Spotify.

Baca Juga: Ngintip SKO Ragunan Jakarta, Tempat Lalu Muhammad Zohri Latihan Sambil Belajar

Playlist berjudul "Songs to do CPR" ini berisi lagu-lagu rekomendasi yang memiliki 100 hingga 120 beats-per-minute, yang merupakan ketukan tepat untuk melakukan CPR.

"Semua lagu ini memiliki 100 BPM, ketukan (beat) yang tepat untuk melakukan CPR. Pilih salah satu untuk diingat jika suatu saat kalian dihadapkan dalam situasi harus menyelamatkan nyawa seseorang," tulis NewYork–Presbyterian Hospital dalam deskripsi playlist.

"Kami telah berkoordinasi dengan Spotify untuk membuat playlist ini agar semua orang seharusnya bisa melakukan CPR," kata juru bicara, Lauren Browdy.

Inisiatif ini muncul setelah dua karyawan, salah satunya ahli jantung Dr. Sonia Tolani, melakukan CPR beberapa tahun lalu pada seorang penumpang bus bernama Michael Kiernan yang mengalami henti jantung. Nyawa Kiernan pun berhasil diselamatkan.

Komposisi lagunya pun bervariasi, ada ABBA, Michael Jackson, The Bangles, Beyonce, the Spice Girls, Pink Floyd, Fall Out Boy hingga the All-American Rejects.

Penasaran apa saja lagu yang ada dalam playlist "Songs to do CPR" ini? Dengerin langsung sob!

Source : New York Post

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest