Follow Us

Du'Anyam: Kenalkan dan Lestarikan Budaya Anyaman Flores ke Dunia

Dewi Rachmanita - Jumat, 19 Oktober 2018 | 11:15
Hanna, salah satu pendiri Du'Anyam
HAI/Dewi Rachmanita

Hanna, salah satu pendiri Du'Anyam

HAI-Online.com - Belakangan berbagai wirausaha sosial alias social enterprise mulai marak nih bro. Salah satu yang belakangan makin hype adalah Du'Anyam, wirausaha sosial yang mengenalkan dan melestarikan anyaman lokal Flores ke dunia.

Diprakarsai tiga anak muda, Du'Anyam kini udah memberdayakan ratusan perempuan Flores untuk melestarikan kebudayaan asli mereka berupa anyaman.

"Ya anak muda sekarang lebih milih main gadget, Facebook, dan lainnya. Tapi, sekarang mereka tahu orang lain aja mau pakai anyaman, jadi udah mulai ikut," kata Hanna Keraf, salah satu pendiri Du'Anyam.

Baca Juga : Berendam Air Hangat Sembari Lihat Senja di Pantai Kawaliwu, Flores Timur

Nggak bisa dipungkiri, kebudayaan menganyam untuk para perempuan Flores emang sebelumnya udah mulai ditinggalkan. Namun, sejak hadirnya Du'Anyam para perempuan, khususnya anak muda yang tadinya malu dan enggan menganyam, kini mulai kembali melestarikan budayanya.

Bahkan, para perempuan yang awalnya nggak bisa berkat niat kuat jadi bisa. Salah satunya ialah Hemiliana Niron Tukan, salah satu kader Du'Anyam yang kini udah bisa mengayaman beberapa produk.

Anyaman yang sudah diolah jadi berbagai produk fungsional oleh Du'Anyam
HAI/Dewi Rachmanita

Anyaman yang sudah diolah jadi berbagai produk fungsional oleh Du'Anyam

Bukan tanpa alasan Hanna bersama dua rekan lainnya, yaitu Azalea Ayuningtyas dan Melia Winata membuat Du'Anyam. Saat berkunjung ke Flores 2014 lalu, mereka melihat realitas penduduk, khusunya ibu dan anak kurang gizi akibat kurangnya pendapatan.

"Kita mencoba untuk menjembatani antara ibu-ibu dengan kesehatan yang lebih baik. Jadi kami berusaha memberikan mereka pendapatan sampingan, akses berupa uang tunai supaya para ibu-ibu ini bisa mengakses program sosial maupun institusi kesehatan, termasuk perbaikan gizi dan meningkatan edukasi bagi anak-anaknya," kata Hanna.

Baca Juga : Kenalan Sama Indonesia Timur Lewat Maumere Jazz Fiesta Flores

Ibu di Flores kini semakin melestarikan budaya mengayam setelah hadirnya Du'Anyam
HAI/Dewi Rachmanita

Ibu di Flores kini semakin melestarikan budaya mengayam setelah hadirnya Du'Anyam

Hanna yang emang berasal dari Flores nambahin bro, Du'Anyam coba membantu dengan produksi anyaman. Para perempuan tinggal mengayam di desanya aja, sedangkan pengiriman bahan baku, pembayaran, dan proses kepastian produk ke pasar dilakukan Du'Anyam.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular